Ini 4 Langkah Indonesia Cegah Cacar Monyet yang Tengah Mengintai

Oleh Putra Marenda pada 14 Mei 2019, 19:55 WIB
Beda Cacar Monyet dan Cacar Biasa

Liputan6.com, Jakarta Cacar monyet atau sering disebut Monkeypox ialah penyakit yang kini sedang berusaha dihindari penyebarannya di Indonesia. Hal ini dilakukan karena di negara tetangga yakni Singapura sudah menyebar penyakit cacar monyet ini.

Masuknya penyakit cacar monyet di Singapura dikonfirmasi oleh Kementerian Kesehatan Singapura. Kementerian Kesehatan Singapura membeberkan bahwa korban pertama yang terkena virus ini ialah warga negara Nigeria berusia 38 tahun yang menginjakkan kaki di Singapura pada tanggal 28 April 2019.

Pasien cacar monyet tersebut kini sudah dikarantina di National Centre for Infectious Diseases (NCID) Singapura. Menyebarnya penyakit cacar monyet ini di Singapura, membuat Indonesia waspada. Hal ini dikarenakan letak geografis Indonesia yang dekat dengan Singapura.

Melihat cacar monyet yang mulai merambah Singapura, Indonesia melakukan segala upaya untuk cegah penyakit tersebut. Berikut upaya Indonesia untuk cegah penyakit cacar monyet yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (14/5/2019).

2 of 5

1. Kemenko PMK Bentuk Tim Cegah Cacar Monyet

Kemenko PMK Bidang Kesehatan membentuk tim pelatihan mengatasi ancaman penyakit, salah satunya cacar monyet.
Kemenko PMK Bidang Kesehatan membentuk tim pelatihan mengatasi ancaman penyakit, salah satunya cacar monyet. (Liputan6.com/ Muhammad Radityo Priyasmoro)

Upaya untuk mencegah penyebaran cacar monyet dilakukan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Bidang Kesehatan. Kemenko PMK telah membentuk tim pelatihan terpadu lintas sektor untuk mewaspadai cacar monyet.

Upaya Kemenko PMK ini terwujud dalam investigasi Kejadian Luar Biasa (KLB) di Sumatera Barat. Menurut Plt Deputi Peningkatan Kesehatan, Kemenko PMK Tb A Choesni, penyakit cacar monyet harus diwaspadai karena bisa datang kapan saja.

Singapura sudah terkena wabah, dan Indonesia bisa berpotensi terkena, mengingat Indonesia ialah wilayah potensial hotspot penyakit zoonosis dan Penyakit Infeksi Berulang (PIB) di Asia.

Tidak ingin menelan korban seperti penyakit berwabah lainnya di Indonesia seperti Rabies, Flu Burung, Leptospirosis, Bruselosis dan Antraks, maka pemerintah Indonesia siap mencegah masuknya cacar air di Indonesia dengan membuat tim pelatihan terpadu investigasi wabah cacar monyet. Pelatihan ini difungsikan untuk memperkuat kesiapsiagaan Indnesia terhadap wabah penyakit.

Untuk mewujudkan pelatihan terpadu investigasi wabah cacar monyet akan disediakan pelatihan jarak jauh yang dapat di akses melalui portal i-learn.id. Upaya semacam itu telah terkonfirmasi oleh perwakilan Indonesia One Health University Network (INDOHUN) yakni Wiku Adisasmito, sebagai salah satu bagian dari anggota tim investigasi.

 

3 of 5

2. Waspadai Cacar Monyet Penyebarannya Lewat Pintu Batam

Sebagai kota yang paling dekat dengan Singapura, Batam wajib mewaspadai wabah cacar monyet. Pemerintah Kota Batam mulai waspada dan lakukan proses antisipasi penularan virus cacar monyet.

Upaya yang akan dilakukan ialah menyiagakan alat pendeteksi panas tubuh. Alat pendeteksi tersebut diharapkan bisa mengetahui suhu tubuh dari warga negara Indonesia dan warga negara asing yang ada di wilayah Batam.

Kesiapsiagaan Pemerintah Kota Batam menghadapi penyakit cacar monyet ini memang patut diapresiasi. Gerak cepat dengan adanya alat pendeteksi suhu tubuh, bila ada kecenderungan suhu tinggi melewati batas normal, maka akan langsung di evakuasi dan diberi penanganan lebih lanjut.

Pemeritah Kota Batam sudah menyiapkan ruang isolasi di RS Badan Pengusahaan Batam atau RS Umum Daerah Embung Fatimah sebagai tempat evakuasi penyakit cacar monyet. Selain upaya evakuasi, pemerintah kota Batam juga mengingatkan warga Batam agar menghindari bepergian ke Singapura sementara waktu.

 

4 of 5

3. Telah Disiapkan Ruang Isolasi di RS Kepri

Ilustrasi lorong rumah sakit
Ilustrasi lorong rumah sakit (iStock)

Dinas Kesehatan Kepulauan Riau telah menyiapkan beberapa ruang isolasi sebagai bentuk kesiapsiagaan mengatasi penyakit cacar monyet. Rumah sakit yang sudah menyiapkan ruang isolasi ialah berada di Batam, Tanjung Pinang, dan Tanjung Balai Karimun.

Di Batam yang sudah siap ialah RS Umum Daerah Embung Fatimah. Sementara di Tanjung Pinang, sudah tersedia ruang isolasi di RSUD Raja Ahmad Tabib, Rumah Sakit Kota Tanjung Pinang, dan Rumah Sakit Angkatan Laut. Sedangkan di Balai Karimun ada Rumah Sakit Haji Muhammad Sani. Dengan disiapkannya rumah sakit ini diharapkan bisa lakukan penanganan terbaik bila wabah mulai menyebar.

 

5 of 5

4. Warga Dari Singapura Diimbau Memeriksakan Diri

Semenjak penyakit cacar monyet menyebar di Singapura, Indonesia lakukan upaya kesiapsiagaan menghadapi penyakit tersebut. Salah satu upayanya ialah lakukan proteksi terhadap warga negara asing, yang baru saja bepergian dari Singapura.

Proteksi ini dilakukan agar wabah penyakit cacar monyet tidak menyebar di Indonesia. Selain warga negara asing, warga negara Indonesia yang sedang berlibur di Singapura dan sudah kembali ke Indonesia diimbau segera memeriksakan diri. Hal-hal semacam ini dilakukan agar wabah cacar monyet tidak jatukan korban di Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓