Bikin Merinding, Angklung Buat Keliling Bangunkan Orang Sahur Ini Berbunyi Sendiri

Oleh Heri Setiawan pada 12 Mei 2019, 14:00 WIB
Diperbarui 12 Mei 2019, 14:00 WIB
Angklung Buat Keliling Bangunin Orang Sahur Ini Berbunyi Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Kesulitan bangun untuk menunaikan sahur saat Ramadan memang menjadi permasalahan banyak orang. Apalagi jika malam sebelumnya ada kegiatan sampai larut malam. Belum lagi karena faktor kebiasaan bangun siang. Pasti kita akan susah untuk memulai bangun dini hari.

Untungnya kita tinggal di orang Indonesia, negara dengan mayoritas penduduk beragama islam. Permasalahan bangun siang sepertinya dapat diminimalisasi dengan adanya ritual membangunkan orang sahur di kampung-kampung. Caranya pun sangat beraneka ragam. Saking banyaknya inspirasi, ditambah lagi dengan teknologi sudah semakin canggih, cara orang membangunkan sahur menjadi lebih bervariasi.

Ada yang membangunkan dengan cara yang wajar, ada pula yang menjadi nyentrik dan unik. Salah satu hal yang biasa digunakan untuk membangunkan orang sahur dengan membunyikan alat-alat musik. Beragam alat musik biasanya digunakan untuk membangunkan orang sahur, seperti drum, terompet hingga angklung.

Namun, apa jadinya jika saat ingin mempersiapkan alat musik untuk membangunkan orang sahur akan tetapi malah marasakan kejadian mistis. Seperti video yang baru-baru viral tentang angklung yang berbunyi sendiri saat akan digunakan untuk membangunkan orang sahur.

Berikut Liputan6.com rangkum video angklung yang berbunyi sendiri saat akan digunakan membangunkan orang sahur, Minggu (12/5/2019).

2 dari 3 halaman

Merinding, angklungnya berbunyi sendiri

Angklung sendiri merupakan alat musik multitonal yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan. Alat ini disebagian daerah biasa digunakan oleh musisi jalanan.

Namun, tak jarang juga alat ini juga digunakan oleh sebagain orang untuk membangunkan saat sahur. Seperti yang di unggah oleh akun Twitter @topha22 yang mengunggah sebuah video saat ia ingin mengambil angklung untuk membangun orang sahur.

Namun, saat ia akan membuka pintu tempat penyimpanan angklung tersebut, tiba-tiba dari dalam terdengar bunyi-bunyi angklung sedang dimainkan. Dalam video tersebut terlihat tangan seorang pria yang perlahan-lahan membuka pintu dan terdengar bunyi angklung sedang dimainkan. Akan tetapi ketika pintu dibuka, angklung tersebut bergerak sendiri tanpa ada yang memainkan.

3 dari 3 halaman

Viral di media sosial

Video angklung bergerak dan memainkan irama sendiri tanpa terlihat orang yang menggunakannya inipun viral di media sosial. Banyak yang berkomentar bahwa video ini bikin merinding, tetapi banyak juga yang bilang kalau video sulit untuk dipercaya kebenarannya. Sehingga banyak komentar netizen yang seakan-akan meragukan kebenaran video tersebut.

"Setan sekarang banyak bakatnya ga cuma nakut2in orang tapi jg ada yg punya bakat jd musisi....seenggaknya arahnya positif drpd gabut ngisengin orang, mestinya kita yg manusia apresiasi dengan menyediakan alat music yg lebih modern mesin dj misalnya" oleh @dumskymonsky

"ata setannya "ah manusia bikin kaget ae, baru mau ngetes skill" oleh @zalkad

Lanjutkan Membaca ↓