Sukses

Unik, Begini Pesona Danau Kembar 16 di Kroasia

Terletak di antara Kota Zagreb, Kroasia terdapat taman nasional dengan keindahan danau yang luar biasa menawan.

Liputan6.com, Jakarta Terletak di antara Kota Zagreb, Kroasia terdapat taman nasional dengan keindahan danau yang luar biasa menawan. Ya, taman indan dan menawan ini bernama Taman Nasional Danau Plitvice.

Danau Plitvice merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO di Kroasia yang menjadi bagian dari Nacionalni Park Plitvicka Jezera. Tempat ini adalah taman nasional tertua di Eropa Tenggara dan taman nasional terbesar di Kroasia.

Danau Plitvice terkenal karena pemandangan danau jernih dan indah dengan batu berwarna turqoise yang dialiri serangkaian air terjun kecil. Jika dilihat dari permukaan sebenarnya danau ini sendiri terdiri dari 16 buah danau yang tampak menyatu.

Danau-danau tersebut merupakan pertemuan beberapa sungai kecil serta sungai-sungai bawah tanah. 16 Danau tersebut dipisahkan oleh semacam bendungan yang terbentuk secara alami dari endapan tanaman mati, lumut, ganggang, dan bakteri.

Bendungan alam ini bias disebut travertine, travertine ini biasanya tumbuh 1 cm per tahun. Keenam belas danau ini yang tersusun dalam kaskade.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Taman Nasional Danau Plitvice

Taman nasional ini diresmikan pada tahun 1949 dan terletak di pegunungan karst yang menandai perbatasan Kroasia dan Bosnia-Herzegovina. Daerah di sekitar Plitvice difungsikan sebagai kawasan hutan lindung yang terbentang seluas 73.350 hektar.

Di dalamnya hutan tersebut terdapat beruang, serigala, rusa, babi hutan, kelinci, rubah dan luak. Ada lebih dari 120 spesies burung yang juga menggantungkan kelangsungan hidup pada ekosistem Taman Nasional Danau Plitvice.

Pemerintah memberlakukan peraturan ketat bagi para pengunjung untuk tidak membuang sampah, mengambil dan merusak situs taman nasional. Daerah sekitar taman nasional itu sekarang berkembang menjadi kawasan pariwisata.

Ada ratusan hotel yang siap menampung para wisatawan lokal maupun asing. Tetapi wilayah taman nasional di mana danau Plitvice berada sendiri masih dibiarkan dalam kondisi aslinya.

Meskipun infrastruktur di bagian dalam taman tidak terlalu memadai, mengingat pemerintah berusaha menjaga keaslian, tetapi tempat ini berhasil menarik 1.200.000 wisatawan setiap tahunnya. Taman nasional yang memperoleh gelarnya sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1979 ini bahkan terkenal di seluruh dunia.

Berikut keindahan Danau Plitvice yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (8/6/2019).

3 dari 7 halaman

1. Danau Plitvice menjadi kawasan taman nasional dengan status warisan dunia UNESCO pada tahun 1979.

4 dari 7 halaman

2. Kawasan taman nasional ini memiliki luas 300 km2. Dalam kawasan tersebut ada 16 danau yang bergabung dalam jarak 8 kilometer.

5 dari 7 halaman

3. Bentuk dari danau ini juga tak biasa. Danau-danau tersebut tersusun berundak satu sama lain.

6 dari 7 halaman

4. Danau ini juga memiliki ketinggian yang berbeda. Danau paling tinggi berada di 636 meter sampai yang paling rendah 502 meter.

7 dari 7 halaman

5. Platvice juga punya keunikan berupa warna air yang bisa berubah-ubah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.