Bukan Susi Susanti, Ini Sosok di Google Doodle yang Main Bulutangkis

Oleh Novita Ayuningtyas pada 10 Mei 2019, 11:00 WIB
Minarni Soedarjanto

Liputan6.com, Jakarta Ada yang berbeda jika kamu menilik Google Doodle hari ini. Pasalnya pada Jumat (10/5/2019) ini, Google Doodle menampilkan sosok 'Ratu dari Semua Ratu Bulutangkis' dari Indonesia yang melegenda. Meskipun banyak orang yang mengetahui jika 'Ratu dari Semua Ratu Bulutangkis' dari Indonesia ialah Susi Susanti, akan tetapi sebelumnya da sosok lain yang menjadi 'Ratu dari Semua Ratu Bulutangkis'. Sosok tersebut ialah Minarni Soedarjanto.

Minarni Soedarjanto sendiri merupakan seorang atlet legenda bulutangkis yang menjadi kebanggan Indonesia. Karena prestasi yang diraihnya, pada hari ini pun Google Doodle merayakan hari ulang tahun dari Minarni Soedarjanto. Bahkan apabila kamu meletakkan kursor pada Google Doodle tersebut, maka akan muncul tulisan 'Minarni Soedarjanto's 75th Birthday'.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (10/5/2019) Google sendiri selalu memasang tokoh ataupun peristiwa penting pada laman utama pencariannya. Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk apresiasi dan juga mengenang tokoh ataupun peristiwa tersebut.

Munculnya sosok Minarni Soedarjanto ini sebagai salah satu penghormatan kepada sang legenda pebulu tangkis. Namun banyak dari kamu yang pasti belum mengenal wanita kebanggan Indonesia satu ini.

2 of 3

Sosok Minarni Soedarjanto

Minarni Soedarjanto
Google Doodle rayakan ultah Minarni Soedarjanto (Sumber: Google)

Sosok dari wanita pada Google Doodle hari ini tak lain adalah Minarni Soedarjanto. Tepat pada hari ini, Jumat (10/5/2019) wanita kelahiran Pasuruan, Jawa Timur ini berusi 75 tahun. Minarni Soedarjanto sendiri merupakan legenda pebulu tangkis Indonesia yang sangkat terkenal di era 1959 hingga 1975.

Mirnarni sendiri telah menjadi pemain pelatnas sejak menginjak usia 15 tahun. Selain itu, ia pu berhasil meraih juara pada gelar All England, Malaysia Open, Canada Open, Asian Games, AS Terbuka, dan juga Piala Uber. Bahkan Minarni Soedarjanto pun pernah menjadi pelatih bulutangkis di pelatnas dan juga aktif dalam PBSI.

Minarni sendiri meninggal dunia pada usia 59 tahun karena terserang komplikasi radang paru-paru dan lever. Minarni meninggal dunia pada 14 Mei 2003 di RS Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta.

3 of 3

Prestasi Minarni Soedarjanto

Sebagai pemain legendaris bulu tangkis Indonesia, sederet prestasi membanggakan pun pernah diraihnya. Minarni sendiri pernah mendapatkan prestasi dalam tunggal putri, ganda putri dan juga ganda campuran. Bahkan ia salah satu tim Indonesia yang turut bersaing dalam perebutan trofi Piala Uber di tahun 1963, 1966 dan juga tahun 1969.

Minarni Soedarjanto juga pernah memperoleh medali emas pada dalam Asian Game 1962 dalam kategori tunggal putri. Di tahun yang sama ia bersama Retno Koestijah pun berhasil meraih medali emas pada ganda putri di Asian Games.

Sedangkan pada Asian Games 1966 dan Retno Koestijah berhasil meraih kembali medali emas. Minarni sendiri beberapa kali mengikuti kejuaraan Kanada Terbuka dan juga AS terbuka. Bahkan Mnarnii berhasil menjadi juara pada As Terbuka di tahun 1969 dalam kategori tunggal putri.

Selamat ulang tahun ke-75 Minarni Soedarjanto!

Lanjutkan Membaca ↓