Ini Bedanya Toner, Serum, dan Essence, Serta Urutan Pemakaiannya

Oleh Nisa Mutia Sari pada 10 Mei 2019, 10:20 WIB
Diperbarui 10 Mei 2019, 11:17 WIB
Perbedaan Toner, Essence, dan Serum

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kulit wajah yang mulus menjadi dambaan hampir seluruh perempuan. Tak hanya sekedar mulus, kulit wajah yang sehat juga sangat diinginkan.

Nah, untuk mendapatkan kondisi kulit wajah yang baik ini tak jarang beberapa wanita rela melakukan berbagai cara. Salah satu cara yang biasa dilakukan adalah dengan melakukan perawatan khusus wajah.

Semakin banyaknya minat merawat wajah, membuat produk perawatan wajah atau skincare tak hanya sebatas pembersih wajah saja. Kini sudah semakin banyak produk perawatan wajah yang tersedia di pasaran.

Selain pembersih wajah dan pelembap wajah, produk perawatan wajah kini semakin bertambah seperti adanya toner, serum, dan essence. Banyaknya produk perawatan wajah yang ada ini tak jarang membuat bingung pengguna, terlebih dalam urutan pemakaiannya. 

Merawat kulit wajah secara telaten seperti ini tentunya agar mendapatkan kulit sehat, lembab, dan bercahaya bak wanita Korea. Nah agar kamu tak salah dalam merawat wajah, berikut ini Liputan6.com telah merangkum mengenai penjelasan tentang perbedaan dari masing-masing produk skincare seperti toner, serum, dan essence, Jumat (10/5/2019).

 

2 dari 5 halaman

Toner Berfungsi untuk Mengembalikan pH Kulit

Perbedaan Toner, Essence, dan Serum
Toner / Sumber: iStockphoto

Toner, serum, dan essence ini sama-sama diaplikasikan setelah kamu cuci muka dan sebelum mengaplikasikan pelembab. Nah, biasanya setelah mencuci dan mengeksfoliasi, kulit wajahmu umumnya akan kehilangan kelembaban karena minyak esensial yang ada di permukaannya ikut terbilas saat dibersihkan.

Nah, fungsi toner di sini yang memiliki kandungan untuk menghidrasi dan menenangkan, sehingga dapat mengembalikan keseimbangan pH kulit. Toner akan secara instan mengisi kembali kelembaban sekaligus mengangkat sisa kotoran yang masih ada pada permukaan kulitmu.

Selain itu, toner dengan kualitas terbaik biasanya diperkaya dengan antioksidan yang bisa membuat kulit wajahmu menjadi lembut, segar, dan terhidrasi.

3 dari 5 halaman

Essence Berfungsi untuk Melembabkan Kulit

Perbedaan Toner, Essence, dan Serum
Essence / Sumber: iStockphoto

Produk perawatan wajah ini bertugas untuk membantu kerutan serta warna kusam yang tidak rata pada kulit. Essence juga bisa disebut sebagai serum dengan kandungan yang lebih ringan.

Produk ini pada dasarnya untuk mempersiapkan kulit, yaitu untuk membentuk lapisan dasar dari pelembab. Selain itu membuat sebuah tekstur kulit agar mampu menyerap lebih kandungan produk skincare lainnya yang akan diaplikasikan setelahnya.

4 dari 5 halaman

Serum yang Memiliki Kandungan Zat Aktif dengan Berbagai Manfaat

Perbedaan Toner, Essence, dan Serum
Serum / Sumber: iStockphoto

Produk perawatan kulit seperti moisturizer yang terbuat dari krim atau gel pada umumnya terdiri dari molekul yang besar, hingga tidak mampu masuk ke dalam lapisan kulit bagian dalam. Namun berbeda dengan serum. Kebalikan dari moisturizer, serum terdiri dari molekul-molekul kecil yang bisa masuk ke lapisan kulit dalam sehingga zat aktif yang dibawanya bisa langsung menyerang target permasalahan pada kulit.

Biasanya serum berbentuk cairan yang cenderung transparan dengan tekstur agak kental dan wajib dipakai untuk kamu yang telah berusia di atas 30 tahun.

Bedanya dengan essence, serum sebenarnya memiliki fungsi yang hampir mirip. Namun yang berbeda hanyalah pada teksturnya. Serum lebih kental dengan kandungan yang lebih kaya, sedangkan essence lebih cair dan ringan.

5 dari 5 halaman

Urutan Pemakaian Toner, Essence dan Serum

Setelah mengetahui beda dan fungsinya dari masing-masing produk perawatan kulit wajah tersebut, lalu bagaimana urutan pemakaiannya?

Nah, setelah kamu mencuci muka, usapkan toner pada wajah. Tepukkan essence secara perlahan, kemudian aplikasikan serum dengan cara memijat lembut pada kulitnya.

Kalau semua sudah diaplikasikan pada wajah, kamu bisa melanjutkannya dengan mengaplikasikan krim wajah yang biasa kamu gunakan.

Lanjutkan Membaca ↓