Sukses

5 Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Menurunkan Berat Badan

Di balik kesegaran es blewah, ternyata ada manfaat baiknya untuk kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Di bulan puasa seperti saat ini, buah blewah menjadi salah satu primadona untuk berbuka puasa. Buah ini bisa dijadikan kudapan yang segar untuk melepas dahaga setelah seharian berpuasa. Berbagai macam hidangan segar yang bisa dibuat dengan buah blewah ini. Tentunya, dengan tambahan atau campuran sirup dan es agar semakin segar.

Di balik kesegarannya, buah blewah ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Ya, nutrisi dan gizi yang terkandung di dalam buah blewah sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah dengan daging yang berwarna oranye ini memiliki bentuk luar mirip seperti labu. Tak sulit juga untuk menemukan buah blewah ini. Blewah sangat mudah didapatkan di pasar tradisional di negara-negara Asia Tenggara, misalnya saja di Indonesia dan Malaysia.

Nah, buat kamu yang selama puasa ini hanya sesekali saja memakan buah blewah, kini perlu mengonsumsinya dengan porsi yang lebih lagi, ya. Agar kamu bisa mendapatkan manfaat baik untuk kesehatan tubuh kamu dari buah blewah ini. Berikut ini Liputan6.com, Kamis (9/5/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat buah blewah untuk kesehatan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Nutrisi yang Terkandung dalam Buah Blewah

Buah blewah atau yang memiliki nama ilmiah cantaloupe ini mempunyai beragam nutrisi, gizi, serta digadang-gadang sangat baik untuk menjalankan diet rendah kalori. Beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada buah blewah ini seperti sumber serat, zat antioksidan, zat beta karoten, potassium, magnesium, sumber vitamin A, vitamin B, dan sumber vitamin C yang tentunya sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

3 dari 6 halaman

Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan Tubuh

Melancarkan Pencernaan

Blewah merupakan salah satu buah yang sangat menghidrasi tubuh karena kandungan airnya sangat melimpah. Blewah cukup baik untuk pencernaan, karena bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh, membuang racun, dan membantu usus mencerna makanan dengan baik.

Selain itu, buah blewah ini juga bisa membantu zat karbohidrat yang sulit dicerna, yang bisa memicu gejala Irritable Bowel Syndrome (IBS) dan gangguan pencernaan lainnya.

Rendah Kalori dan Baik untuk Diet

Memiliki kandungan rendah gula dan kalori, maka buah blewah ini baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Pada buah blewah juga memiliki kepadatan tektur daging dan mengandung nutrisi penting lainnya. Jadi, saat kamu ingin melakukan diet rendah kalori, buah blewah bisa menjadi pilihan yang tepat.

Soalnya, bagi kamu yang sedang mengikuti diet rendah kalori, tak jarang mengalami kekurangan nutrisi, menyebabkan siklus pencernaan yang buruk, kekebalan tubuh rendah, serta tubuh jadi mudah lemah. Nah, dengan memakan atau menambahkan buah blewah ke menu makanan, diharapkan dapat membantu menyeimbangkan risiko tersebut. Selain itu, juga memastikan tubuh memperoleh banyak vitamin dan mineral dalam proses menurunkan berat badan.

4 dari 6 halaman

Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan Tubuh

Menurunkan Kolesterol

Saat berbuka puasa, orang-orang cenderung mengonsumsi gorengan. Nah, ada baiknya kamu juga mengonsumsinya bersamaan dengan buah blewah ini. Soalnya, buah blewah ini mampu menurunkan kolesterol dalam darah. Hal ini disebabkan karena buah blewah mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yakni sekitar 36,7 miligram atau setara dengan 61 persen kebutuhan vitamin C harian.

Nah, kalau kamu rajin mengonsumsi buah blewah ini saat buka puasa, maka kesehatan kardiovaskuler akan lebih terjaga. Selain itu, vitamin C ini juga bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah dan dapat membuat dinding kapiler menjadi lebih kuat.

5 dari 6 halaman

Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan Kulit

Nah, untuk menjaga kesehatan kulit sendiri, buah blewah juga bisa dijadikan pilihan makanan yang tepat. Mengapa buah blewah? Ya, soalnya buah ini mengandung vitamin A dan C yang sangat banyak. Vitamin C akan membantu sintesis kolagen dan menangkal radikal bebas yang terus menyerang kulit kamu.

Sementara pada kandungan vitamin A, akan membantu mencerahkan warna kulit, mencegah penuaan dini, dan membuat kulit terasa kencang.

6 dari 6 halaman

Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan Jani

Ternyata buah blewah juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Buah blewah yang mengandung asam folat yang sangat tinggi ini, berguna untuk menjaga dan memproduksi sel-sel baru yang sangat penting bagi ibu hamil demi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.