7 Gejala yang Menandakan Kamu Sedang Keracunan Makanan, Jangan Disepelekan

Oleh Rizzaq Aynur Nugroho pada 06 Mei 2019, 20:30 WIB
Diperbarui 06 Mei 2019, 20:30 WIB
Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta Makan adalah kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi oleh setiap orang. Makan bisa memberikan energi kepada tubuh dan memberikan zat-zat penting lainnya yang berguna bagi tubuh manusia. 

Banyak sumber makanan yang bisa kamu makan atau kamu konsumsi, mulai dari sayuran, buah-buahan, makanan ringan, berbagai macam minuman, dan lain sebagainya. Makanan ini juga mengandung banyak komposisi yang berbeda-beda. Mungkin sebagian makanan bisa mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh. Namun makanan juga bisa mengandung bahan berbahaya yang bisa menyebabkan keracunan makanan.

Keracunan makanan bisa terjadi jika kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung komposisi berbahaya, atau karena makanan tersebut sudah kadaluarsa. Selain itu, makanan juga bisa membuat kamu mengalami alergi karena tubuh tidak bisa menerima makanan tersebut. Jika kamu mengalami alergi atau keracunan makanan, mungkin kamu akan mengalami beberapa gejala-gejala pada tubuhmu.

Berikut ini gejala-gejala yang mungkin keluar saat kamu sedang keracunan makanan, dilansir dari Tips and Tricks, Senin (6/5/2019).

2 dari 3 halaman

Gejala yang Menandakan Keracunan Makanan

Obat Keracunan Makanan
Perbesar
Sakit Perut Akibat Keracunan Makanan / Sumber: iStockphoto.com

1. Berkeringat

Tidak selalu gejala awal saat keracunan adalah bolak-balik masuk kedalam kamar mandi karena diare. Mungkin sebagian orang akan berkeringat secara berlebihan jika mengalami keracunan makanan.

Namun banyak yang berfikir berkeringat ini disebabkan oleh demam. Maka dari itu, jika kamu mengalami gejala ini, kamu bisa mengingat-ingat kembali makanan apa yang sebelumnya kamu konsumsi.

2. Perut Kembung

Perut kembung atau banyak gas yang ada di dalam perut bisa menandakan kamu sedang mengalami gejala keracunan makanan. Gas dalam perut yang banyak atau perut kembung bisa dikarenakan bakteri yang aktif dalam perutmu.

3. Mual dan Muntah

Mual dan muntah adalah gejala yang umum terjadi kepada orang yang mengalami keracunan makanan. Namun seberapa gejala mual dan muntah muncul, adalah tergantung dari jenis bakteri yang menyerang karena mengkonsumsi makanan tertentu.

3 dari 3 halaman

Gejala yang Menandakan Keracunan Makanan

Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

4. Diare

Gejala yang menandakan kamu sedang keracunan makanan selanjutnya adalah diare. Diare sering menjadi gejala yang umum dirasakan oleh orang yang keracunan makanan. Namun diare juga bisa disebabkan oleh hal lain seperti sakit atau demam.

Untuk membedakan diare yang merupakan gejala keracunan makanan adalah dengan melihat tekstur dari feses. Jika karena keracunan makanan, mungkin diare akan bercampur dengan darah. Jika diare di sebabkan karena hal lain, mungkin diare akan bertekstur cair atau berair.

5. Demam

Beberapa jenis bakteri seperti listeria dan campylobacter bisa menyebabkan demam. Gejala demam karena keracunan makanan juga biasanya disertai dengan masalah pencernaan.

6. Kebingungan

Jika kamu mengalami kebingungan atau merasa perasaan tidak menentu atau tidak bisa berfikir secara jernih, bisa jadi merupakan gejala keracunan makanan.

7. Dehidrasi

Gejala keracunan makanan yang berikutnya adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Jika kamu mengalami gejala ini, lebih baik kamu mengatasinya dengan banyak mengkonsumsi air putih. Hindari minuman manis atau minuman yang mengandung kafein dan juga alkohol.

Lanjutkan Membaca ↓