8 Kegiatan Ini Dapat Mengurangi Pahala Puasa, Ada yang Bisa Membatalkan

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 06 Mei 2019, 11:25 WIB
Diperbarui 08 Mei 2019, 06:14 WIB
Makan sahur - buka puasa (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Umat Islam di seluruh dunia sedang bersuka cita menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Bulan suci yang penuh berkah, rahmat dan maghfiroh ini tentunya sangat dinantikan kehadirannya.

Di bulan yang penuh kemuliaan ini, setiap kebaikan yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya. Oleh karenanya, semua umat muslim berbodong-bodong berbuat kebaikan dengan sesama dan tingkatkan ibadah kepada Allah.

Setiap Muslim ingin berpuasa di bulan Ramadan dengan sempurna. Tidaklah mudah menjaga agar ibadah menahan lapar dan dahaga dari terbit fajar hingga terbenam matahari tersebut tidak sia-sia belaka. Untuk itu kita perlu mengerti beberapa hal yang bisa membatalkan ibadah tersebut.

Dan beberapa hal itu seringkali adalah sesuatu hal sepele yang bisa saja tidak disadari bisa membatalkan puasa. Berikut 8 kegiatan yang bisa mengurangi pahala puasa bahkan bisa sampai membatalkan puasa Ramadan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/5/2019).

2 of 7

Ada yang hukumnya makruh

1. Merokok

Merokok
Ilustrasi Merokok (sumber: unsplash)

Kenapa merokok membatalkan puasa? Padahal kita tidak memasukan apapun ke dalam perut kita saat merokok. Saat merokok, kita secara sengaja memasukkan suatu benda ke dalam salah satu lubang dalam tubuh yang menyambung hingga ke lambung. Kegiatan merokok juga bisa menimbulkan rasa kenikmatan. Karena dua hal tersebut, maka merokok akan membatalkan puasa kamu.

 2. Menyikat Gigi

Beberapa ulama mengatakan kegiatan menyikat gigi saat puasa adalah makruh dan bisa membatalkan puasa, terutama pada saat sebelum waktu Zuhur hingga Ashar.

3 of 7

Seringkali dianggap sepele

3. Berkumur saat puasa

Seperti halnya sikat gigi saat berpuasa, berkumur juga dapat membatalkan puasa. Apalagi jika aktivitas berkumur tersebut dilakukan dengan berlebihan ketika cuaca sangat terik.

 

4. Terlalu Emosi

Terlalu Emosi
Ilustrasi Terlalu Emosi (sumber: unsplash)

Di samping hawa nafsu, kita juga perlu menahan emosi atau kemarahan selama berpuasa. Jika seseorang yang sedang berpuasa tidak mampu mengekang emosi (marah-marah secara kasar), maka puasanya akan berkurang pahala. 

4 of 7

Perhatikan benar-benar agar puasamu tetap lancar

5. Berenang

Berenang
Ilustrasi Berenang (sumber: unsplash)

Pasti banyak nih yang bertanya-tanya apakah selama berpuasa boleh berenang. Sebenarnya berenang boleh-boleh saja selama bulan puasa tapi yang pasti kamu harus menjaga tidak ada air yang masuk ke dalam tubuhmu. Hal ini tentu saja bisa membatalkan puasa tanpa kamu sadari jadi lebih baik kamu berenang setelah waktu berbuka.

 

6. Menelan sisa makanan yang terdapat di sela-sela gigi. 

Terkadang walaupun sudah menyikat gigi setelah sahur, kita masih menemukan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi. Jika kita menelannya kembali itu saja kita memakan sesuatu dan dapat membatalkan puasa.

5 of 7

Sebaiknya tidak dilakukan

7. Melamun

Melamun. Foto: mnn
Melamun. Foto: mnn

Sebenarnya melamun tidaklah membatalkan puasa. Tapi melamun yang dimaksud di sini adalah melamunkan sesuatu yang mengudang shawat disertai dengan kemampuan menahan keluarnya mani atau madzi.

 

8. Mabuk dan pingsan

Jika  disengaja,  maka  mabuk  dan pingsan  membatalkan  puasa  biarpun  sebentar. Seperti  dengan sengaja  mencium  sesuatu  yang  ia tahu  kalau  menciumnya  pasti mabuk atau pingsan. Jika mabuk dan pingsannya adalah tidak disengaja  maka akan membatalkan puasa jika terjadi seharian penuh.

6 of 7

Mitos yang Membatalkan Puasa

1. Menangis

Menagis
Ilustrasi Menangis (sumber: unsplash)

Tidak ada yang melarang kamu untuk tidak boleh menangis saat berpuasa. Menangis itu diperbolehkan, tapi tidak boleh berlebihan. Karena itu yang akan membatalkan puasamu. Menangis tersedu-sedu atau terlalu berlebihan tentunya dapat membuat seseorang tidak dapat mengontrol emosi.

 

2.  Donor darah

Donor darah itu diperbolehkan saat puasa asalkan tidak menimbulkan bahaya dan berakibat buruk bagi si pendonor sehingga menyebabkan dia harus membatalkan puasanya.

7 of 7

Mitos yang Membatalkan Puasa

3. Mengorek hidung atau telinga bikin batal puasa

Meskipun banyak yang beranggapan bahwa memasukkan sesuatu ke lubang hidung atau telinga dapat membatalkan puasa, tapi tidak ada dalil yang menunjukkan hukum tersebut. Karena pada dasarnya mengorek hidung atau telinga hanyalah membersihkan, bukan memasukan sesuatu yang bisa diserap oleh tubuh.

 

4. Olahraga saat puasa bikin badan lemas

Milenial olahraga (iStock)
Meningkatnya gaya hidup sehat yang dilakukan generasi milenial sedikit banyak karena pengaruh media sosial. (iStockphoto)

Banyak orang yang akhirnya meninggalkan olahraga saat puasa karena takut tubuhnya akan lemas, capek, gampang haus dan lapar. Bahkan banyak juga yang percaya olahraga saat puasa akan menimbulkan bahaya kesehatan. Padahal fakta sesungguhnya berolahraga justru bikin tubuh kamu makin fit, jika dilakukan dengan benar.

Lanjutkan Membaca ↓