4 Manfaat Tak Terduga Makan Es Krim Bagi Kesehatan, Bisa Menguatkan Tulang

Oleh Husnul Abdi pada 03 Mei 2019, 09:15 WIB

Diperbarui 28 Jun 2019, 13:12 WIB

kepribadian

Liputan6.com, Jakarta Manfaat es krim belum banyak diketahui orang. Malah selama ini banyak yang menganggap es krim sebagai makanan yang tidak menyehatkan dan banyak merugikan tubuh. Tetapi, es krim ternyata memiliki banyak manfaat yang bahkan bisa menjaga kesehatan tubuh kamu.

Tentunya semua orang suka dengan es krim. Dengan berbagai rasa yang sangat enak dan meleleh di mulut, makan es krim dapat membuat kamu lebih bahagia dalam menjalani kegiatan dan aktivitas sehari-hari.

Tentunya bila kamu mengonsumsi es krim secara tidak berlebihan, kamu akan mendapatkan manfaat yang dimilikinya. Karena biasanya es krim terbuat dari produk susu yang memiliki banyak nutrisi untuk kesehatan tubuh kamu.

Asalkan kamu bisa mengontrol diri untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi es krim, maka kamu akan mendapatkan beberapa manfaat es krim bagi kesehatan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (3/5/2019) tentang manfaat es krim.

2 of 5

1. Menguatkan Tulang

tulang kuat
Sistem tulang (sumber: iStockphoto)

Tentunya kamu sudah tahu bahwa kalsium dapat membangun dan menguatkan tulang serta gigi. Faktanya, es krim mengandung kalsium dan tentunya bisa menguatkan tulang kamu. Karena tubuh kamu tidak bisa memrpoduksi kalsium secara alami, maka kamu harus memenuhi kebutuhan kalsium untuk tubuh dengan cara mengonsumsi makanan, suplemen, serta bisa juga dengan mengonsumsi es krim sesekali.

Bahkan, kandungan kalsium pada es krim dapat mencegah osteoporosis atau lemahnya tulang yang dapat menyebabkan terjadinya patah tulang.

Tentunya bila kamu tidak membiasakan hidup sehat, osteoporosis dapat mengancam kamu kapan saja, terutama untuk orangtua. Oleh karena itulah dengan mengonsumsi es krim yang mengandung kalsium, kamu dapat menjaga kondisi tulang tetap kuat, dan tidak mudah rapuh.

3 of 5

2. Tidak Membuat Gemuk

makan es krim
es krim (foto: shutterstock.com)

Mungkin kamu belum mengetahui bahwa ketika tubuh mengonsumsi sesuatu yang dingin, maka tubuh membakar lebih banyak kalori. Jadi tingginya nutrisi serta lemak es krim tidak membuat gemuk.

Biasanya orang takut memakan es krim karena mengandung lemak jenuh ini, padahal kandungan lemak yang dimiliki es krim hanyalah 15% dari total kebutuhan lemak per hari, yang berarti tidak begitu banyak.

Bahkan kandungan energinya dapat membantu kebutuhan energy sehari hari. Jadi kamu tidak perlu khawatir dengan ancaman kegemukan dan obesitas ketika mengonsumsi es krim.

Es krim adalah camilan sehat jika dikonsumsi dengan porsi tertentu dan bahkan bisa membantu program diet dan dapat menurunkan berat badan. Dengan makan yang seimbang sehingga kebutuhan nutrisi dan lemak baik mencukupi, kamu juga bisa menghindari penyakit jantung.

4 of 5

3. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

es krim
ilustrasi es krim/Photo by Daria Shevtsova from Pexels

Biasanya ketika kamu terkena flu atau pilek akan dilarang mengonsumsi sesuatau yang dingin, terutama es krim. Padahal es krim tidak menyebabkan flu maupun pilek. Justru es krim dapat meningkatkan imun tubuh dan dapat membantu proses penyembuhan flu dan pilek pada tubuh. Jadi kamu aman untuk mengonsumsi es krim ketika flu.

Es krim yang biasanya terbuat dari susu yang kaya nutrisi, dapat meningkatkan kekebalan tubuh kamu terhadap penyakit. Tubuh akan terhindar dari serangan virus dari luar tubuh dan membentuk pertahanan untuk kekebalan tubuh.

Namun bila kmau sedang menderita asama, radang tenggorokan ataupun amandel, jangan sekali kali mengonsumsi es krim, karena dapat mengakibatkan penyakit penyakit tersebut kambuh.

5 of 5

4. Membuat Kamu Bahagia

Es Krim
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Mungkin semua orang mengalami hal ini. Ketika makan es krim, tiba tiba kamu merasa bahagia atau mood kamu menjadi lebih cerah. Tentunya bukan hanya karena es krim yang enak dan serasa meleleh di mulut saja, tetapi hal ini ternyata memang ada penjelasan ilmiahnya.

Ketika kamu menelan es krim, pusat kesenangan di bagian otak akan aktif. Pusat kesenangan yang bernama orbitofrontal cortex ini langsung aktif segera setelah kamu menelan es krim, hal inilah yang menyebabkan kamu bisa bahagia ketika makan es krim.

Jadi kamu boleh saja makan es krim karena memang memiliki manfaat-manfaat tertentu bagi kesehatan, namun jangan terlalu berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan tidak akan baik utnuk kamu.

Lanjutkan Membaca ↓