Aksi 5 Bocah yang Peduli dengan Lingkungan Ini Bikin Salut, Inspiratif

Oleh Yunisda Dwi Saputri pada 02 Mei 2019, 15:30 WIB
Kisah inspiratif 5 bocah peduli lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta Berbuat baik terhadap sesama makhluk hidup dan lingkungan tak harus menunggu usia dewasa ataupun pendidikan yang tinggi. Buktinya, anak-anak yang polos justru punya hati nurani yang besar untuk membantu sesama. Sebelumnya, viral kisah bocah yang membawa anak ayam yang tak sengaja ia tabrak ke rumah sakit.

Dengan uang tabungannya, bocah tersebut menunjukkan apa arti tanggungjawab yang perlu dipraktikkan sejak usia dini. Meski pada akhirnya anak ayam itu tak terselamatkan, setidaknya bocah itu mendapat pembelajaran hidup agar bisa menjadi insan yang baik.

Selain dirinya, banyak aksi mengharukan di luar sana yang justru dilakukan oleh anak kecil. Pada dasarnya, peduli terhadap lingkungan tak membutuhkan usaha yang berat. Asalkan ada niat, pasti ada jalan yang mengantarkan.

Untuk itu, berikut Liputan6.com Kamis (2/5/2019) paparkan kisah inspiratif 5 bocah yang peduli lingkungan yang dirangkum dari berbagai sumber.

2 of 6

1. Beli Susu Untuk Anjing dari Uang Hasil Kerja Keras.

Kisah Inspiratif 5 Bocah Peduli Lingkungan
Kisah Inspiratif 5 Bocah Peduli Lingkungan (Sumber: Twitter/ichafredie)

Kisah inspiratif yang pertama ini menceritakan aksi mengharukan seorang bocah yang bekerja sebagai tukang parkir. Alih-alih menghabiskan uang untuk jajan atau membeli barang-barang tak berguna, bocah yang tak diketahui identitasnya itu justru membelikan susu sachet untuk anjing yang telantar.

Dapat dilihat pada gambar betapa tulus aksi bocah tersebut. Meski dirinya hidup berkecukupan, tak lantas membuatnya jadi egois dan mengabaikan lingkungan sekitar. Aksinya itu patut mendapat pujian dan jadi inspirasi banyak orang.

3 of 6

2. Bantu Hentikan Pipa yang Bocor.

Kisah Inspiratif 5 Bocah Peduli Lingkungan
Kisah Inspiratif 5 Bocah Peduli Lingkungan (Sumber: Reddit/RaiedAhmedNishat)

Selanjutnya, kisah inspiratif kedua datang dari cerita bocah yang bantu hentikan pipa yang bocor. Kejadian tersebut terjadi saat sebuah gedung dilalap api di Bangladesh. Namun, pada saat yang bersamaan, pipa air yang digunakan untuk memadamkan api malah bocor.

Untungnya, ada bocah laki-laki yang sigap membantu pemadam kebakaran mempermudah proses evakuasi. Tindakan kecil tersebut mungkin tak begitu tampak, namun aksinya itu justru membawa dampak besar bagi korban maupun bagi kru pemadam kebakaran.

4 of 6

3. Mengumpulkan Sampah yang Berserakan.

Kisah Inspiratif 5 Bocah Peduli Lingkungan
Kisah Inspiratif 5 Bocah Peduli Lingkungan (Sumber: Reddit/tarandfeathers)

Dua bocah asal Roma ini membantu mengumpulkan sampah yang berserakan di tanah. Seperti diketahui, beberapa waktu lalu ramai tagar yang menggaungkan aksi bersih-bersih lingkungan. Namun, bocah-bocah tersebut tak butuh adanya tagar di media sosial untuk mulai beraksi menjaga kebersihan lingkungan.

5 of 6

4. Gunakan Uang Hadiah Ulang Tahun Untuk Belikan Mainan Hewan.

Kisah Inspiratif 5 Bocah Peduli Lingkungan
Kisah Inspiratif 5 Bocah Peduli Lingkungan (Sumber: Reddit/shittymorph)

Gadis cilik ini bernama Sophia. Di usianya yang baru menginjak 10 tahun, ia telah melakukan tindakan mulia. Pasalnya, uang dari hadiah ulang tahunnya ia gunakan untuk membelikan mainan bagi hewan-hewan di tempat penampungan. Aksinya itu terinspirasi dari sang kakak, Andreas yang lebih dulu melakukan hal tersebut.

6 of 6

5. Mengajak Jalan-jalan Pot Bunga yang Kekurangan Asupan Matahari.

Kisah Inspiratif 5 Bocah Peduli Lingkungan
Kisah Inspiratif 5 Bocah Peduli Lingkungan (Sumber: Twitter/queenxbean)

Tingkah anak-anak memang seringkali di luar nalar kepala orang dewasa. Namun jika bertujuan untuk hal yang positif, kenapa tidak? Misalnya aksi lucu gadis cilik berikut ini. Berdasarkan cerita ibunya melalui cuitan di akun Twitter @queenxbean, putrinya mengajak jalan-jalan pot bunga di rumah. Pasalnya, pot bunga malang itu tidak mendapat asupan sinar matahari yang cukup. Alhasil, ia membawanya jalan-jalan dengan pemikiran bisa membuat pot bunganya itu tumbuh dengan baik.

Lanjutkan Membaca ↓