Perjalanan Karier Andre Taulany, Pernah Main Film dan Masuk Dunia Politik

Oleh Heri Setiawan pada 02 Mei 2019, 10:20 WIB
Andre Taulany

Liputan6.com, Jakarta Nama Andre Taulany awalnya dikenal sebagai personil band Stinky. Namun kini ia lebih dikenal sebagai pelawak yang lagi naik daun di berbagai acara di Televisi. Andre Taulany, akrab disapa dengan Andre, lahir di Jakarta, 17 September 1974 dari pasangan Robby Haumahu dan Rasidah Hanum Hasibuan. Setelah bergabung dengan grup band Stinky, nama Andre lebih terkenal dengan Andre Stinky.

Berprofesi sebagai Penyanyi sekaligus komedian, Andre Taulany sudah cukup dikenal lama sebagai selebriti tanah air. Aktif sejak tahun 1992 hingga kini, Andre Taulany telah melakoni sebagai aktor, penyanyi dan kini lebih dikenal sebagai pelawak. Seiring dengan berjalannya waktu, Andre Taulany semakin dikenal setelah ikut dalam acara komedi bersama Sule dan Parto.

Hingga sekarang, nama Andre Taulany masih sering terlihat di layar kaca menjadi seorang presenter dengan tetap memakai gaya kocaknya. Alih profesi yang dilakoninya saat ini bukan berarti bahwa tawaran sebagai komedian lebih menggiurkan, namun lebih kepada keseriusannya dalam menekuni profesinya saat ini sebagai pelawak.

Berikut Liputan6.com rangkum perjalanan Karier Andre Taulany dari penyanyi hingga komedian, Kamis (5/2/2019).

2 of 4

Awali karier sebagai vokalis band Stinky

[Bintang] Stinky
Stinky (Desain: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Andre Taulany mengawali karirnya sebagai vokalis dari grup band Stinky yang populer di era tahun 2007’an dengan albumnya yang berjudul pecinta sejati, bersama Irwan (bass), Nanno (gitar), dan Edy (drum) serta Ndank (gitar); Stinky telah merilis 8 album di luar The Best Of Stinky dan Love Song Of Stinky.

Album teranyar mereka bertajuk Pecinta Sejati dirilis tanggal 19 Mei 2007. Seperti album terdahulu grup band yang pernah meraih penjualan 1 juta kopi lewat hits mereka "Mungkinkah" dan "Jangan Tutup Dirimu", dalam album tersebut mereka juga masih mengusung tema cinta.

Andre akhirnya keluar dari grup band Stinky yang sudah membesarkannya, dan mencoba untuk bersolo karier, hits yang pernah dikeluarkan adalah lagu Cintailah Istanaku yang juga menjadi OST. Sinetron Akulah Arjuna.

3 of 4

Pernah menjajal sebagai aktor film dan calon wakil walikota

Andre Taulany
Andre Taulany (dok. Instagram @andreastaulany/https://www.instagram.com/p/Bo-rJh4g5To/?hl=en&taken-by=andreastaulany/Putu Elmira)

Selain menyanyi dan bermusik, putra pasangan Robby Haumahu dan Rasidah Hanum Hasibuan ini juga menjajal dunia akting dengan bermain di beberapa judul film, diantaranya Kiamat Sudah Dekat (2003) dan Cerita Cinta (2001). Andre Taulany juga sibuk dengan acara komedi di beberapa stasiun TV swasta.

Setelah tenar karena aktingnya, pada pertengahan Agustus 2010, Andre membawa kabar bahwa dirinya mencalonkan diri sebagai wakil walikota Tangerang Selatan mendampingi Arsid. Beberapa partai politik mendukung hal ini, seperti Hanura, PPP, dan PBB. Andre sendiri mengaku siap menjadi wakil walikota tanpa meninggalkan karirnya di dunia entertainment.

Namun pasangan ini kalah bersaing dengan Airin pada Pilkada 2012. Setelah kalah di panggung politik, nama Andre kembali bersinar di panggung hiburan tanah air. Andre sering menjadi pelawak dalam acara komedi, yang membuat namanya kembali melambung.

4 of 4

Jadi tamu di Ngelenong Yuk

[Bintang] Andre Taulany dan Sule
Andre Taulany dan Sule

Awal perkenalannya dengan dunia komedi terjadi ketika ia sering menjadi bintang tamu di acara-acara lawak, salah satunya adalah Ngelenong Nyok. Alih profesi yang dilakoninya saat ini bukan berarti bahwa tawaran sebagai komedian lebih menggiurkan, namun lebih kepada keseriusannya dalam menekuni profesinya saat ini sebagai pelawak.

Nama Andre Taulany sebagai seorang komedian semakin melambung dengan keikut sertaannya pada acara komedi yang disiarkan di salah satu TV swasta, OPERA VAN JAVA. Dalam acara komedi ini, Andre sering didaulat menjadi peran utama, seperti pangeran atau laki-laki tampan karena parasnya yang tampan.

Dalam OVJ (singkatan OPERA VAN JAVA), Andre beradu peran dengan beberapa bintang komedi terkenal, seperti Azis Gagap, Sule, Parto, Nunung, dan banyak bintang tamu. Acara ini meraup sukses yang sangat gemilang bahkan sempat membuat beberapa bintangnya kaya mendadak, dengan tawaran iklan, program televisi, dan lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓