Sukses

Makanan Buka Puasa yang Bisa Balikin Energimu, Enak dan Sehat

Ini makanan buka puasa yang bisa kamu jadikan referensi.

Liputan6.com, Jakarta Makanan buka puasa kini sudah banyak dicari oleh orang-orang untuk dijadikan referensi saat berbuka puasa. Ya, setelah menahan lapar dan haus seharian, pastinya kamu akan membutuhkan asupan yang bisa mengembalikan energimu. 

Tak hanya sekedar membatalkan puasa dengan mengonsumsi beraneka ragam makanan, kamu juga perlu mempertimbangkan menu sajian makanan buka puasa yang ingin kamu santap.

Selain memerhatikan menu sahur yang sehat, ternyata kamu juga perlu menentukan menu buka puasa yang sehat juga. Setelah seharian berpuasa, cairan dalam tubuh akan banyak yang berkurang. Nah, untuk mengembalikannya, kamu perlu memulai menghidrasi kembali kondisi tubuh kamu.

Selain minuman, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang sehat untuk mengembalikan stamina. Kamu jangan asal memakan makanan yang hanya enak, namun juga perlu sehat. Nah, kalau kamu masih bingung mau makan apa saat buka puasa, berikut Liputan6.com telah merangkum beberapa makanan buka puasa yang bisa kamu jadikan referensi, Selasa (30/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan Buka Puasa

Kurma

Kurma merupakan salah satu menu wajib makanan buka puasa. Saat hendak membatalkan puasa, sebaiknya kamu tidak langsung mengonsumsi makanan berat terlebih dahulu. Kamu bisa mengonsumsi makanan ringan dan manis, seperti kurms ini. Kurma sangat dianjurkan karena, kurma menyimpan banyak manfaat positif untuk kesehatan tubuh, seperti mengembalikan stamina.

Pada kurma mengandung zat besi yang cukup tinggi, maka secara tidak langsung buah ini dapat menjadi suplemen alami bagi penderita anemia. Di samping itu, kurma juga mengandung gula alami yang dapat mengembalikan energimu selama seharian berpuasa.

Nasi Merah

Kalau di hari biasa kamu terbiasa mengonsumsi nasi putih, maka saat puasa kamu bisa menggantinya dengan nasi merah. Nasi merah bisa kamu jadikan sebagai makanan buka puasa, soalnya pada nasi merah mengandung zat besi yang tinggi. Hal ini tentunya bisa membantu mengembalikan energy di dalam tubuh dengan cepat.

Selain untuk mengembalikan energi selama berpuasa, nasi merah juga sangat bermanfaat bagi kamu yang memiliki anemia. Kandungan zat besi yang terdapat di dalam nasi merah ini bisa membantu dalam pembentukan sel darah merah dan tidak akan membuatmu lemas saat berpuasa.

Nasi Jagung

Nasi jagung merupakan salah satu menu tradisional yang bisa banget kamu jadikan sebagai makanan buka puasa. Nasi jagung ini terbuat dari jagung tua yang ditumbuk, lalu dikukus hingga mata. Memiliki kandungan serat, nasi jagung dapat memperlancar sistem pencernaan.

Selain itu, terdapat juga zat besi pada jagung yang dapat mencegah dan menurunkan anemia atau kekurangan darah. Agar lebih sehat, kamu bisa mengkombinasikan nasi jagung dengan aneka lauk tradisional seperti ayam goreng, dan sambal.

3 dari 4 halaman

Makanan Buka Puasa

Aneka Sup

Kamu juga bisa menyiapkan makanan hangat sebagai menu buka puasa. Salah satunya yang bisa kamu coba adalah membuat sup. Memakan makanan hangat saat berbuka puasa dapat menenangkan perut yang bermasalah setelah berpuasa sehari penuh.

Selain itu, sup juga lebih sehat dibandingkan dengan makanan yang digoreng. Kamu bisa menjadikan sup ayam sebagai makanan buka puasa yang sehat. Ayam akan menyediakan asupan protein yang nantinya akan diolah tubuh menjadi energy.

Salad Sayur dan Buah

Selain mengolah sayur dengan aneka masakan, dan buah diolah dengan aneka jus, kamu bisa meraciknya menjadi salad sayur dan buah yang menyegarkan. Makanan buka puasa ini memang terlihat ringan, namun sebenarnya cukup mengenyangkan.

Kalau kamu mengonsumsi ini saat buka puasa, perut kamu tidak akan terasa begah. Makanan sehat ini juga cepat mengembalikan tenanga yang hilang setelah menjalankan puasa seharian penuh.

Bihun Goreng

Makanan buka puasa lainnya yang bisa kamu coba adalah bihun goreng. Menu pengganti nasi ini sangat cocok disajikan saat buka puasa. Tak hanya teksturnya yang kenyal yang bisa meningkatkan nafsu makan, bihun yang termasuk ke dalam makanan dengan indeks glikemik rendah ini mampu membuat perut kenyang lebih lama.

Walaupun kandungan gizi pada bihun ini tinggi, kamu bisa membuat bihun goreng dicampur dengan aneka sayuran agar tetap mendapatkan kandungan sehat. Kamu bisa memadukan bihun dengan sayuran seperti sawi, wortel, kubis, atau juga brokoli.

Aneka Sajian Ayam

Kamu bisa menjadikan aneka masakan dengan bahan dasar ayam sebagai makanan buka puasa. Kamu bisa mengolah ayam dengan cara dipanggang, rebus, atau juga dipepes dengan bumbu yang terbuat dari bahan-bahan segar.

Sebisa mungkin untuk tidak memasak ayam dengan cara digoreng, apalagi jika menggunakan tambahan tepung untuk membuat ayam.

4 dari 4 halaman

Minuman Buka Puasa

Es Kelapa

Daripada memilih minuman kemasan untuk dijadikan menu buka puasa, lebih baik kamu memilih jenis minuman dari bahan alami. Soalnya, pada minuman kemasan mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Oleh karena itu, lebih baik kamu mengonsumsi air kelapa saat sahur dan buka puasa.

Kandungan elektrolit yang tinggi pada air kelapa muda bisa mengembalikan energy di tubuh. Selain itu, bisa juga mengganti cairan tubuh yang hilang saat sedang beraktivitas. Air kelapa juga sangat mudah diserap oleh tubuh, sehingga bisa menghindari dehidrasi.

Es Lidah Buaya

Minuman segar ini sangat mudah dibuat dan tentunya sangat menyehatkan. Es lidah buaya memang tidak seenak es buah lainnya, namun es lidah buaya bisa memberikan kesan paling kuat dan selalu membuat ketagihan.

Es Kacang Hijau

Es kacang hijau memiliki manfaat yang sangat tinggi, salah satunya adalah kaya akan protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Es kacang hijau ini bisa kamu jadikan minuman saat berbuka puasa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.