Sukses

7 Manfaat Lidah Buaya dan Cara Menggunakannya untuk Kecantikan

Begini cara menggunakan lidah buaya yang memiliki banyak manfaat bagi kecantikan.

Liputan6.com, Jakarta Lidah buaya atau aloe vera adalah sejenis tumbuhan yang sudah ada sejak ribuan tahun silam dan banyak digunakan untuk penyubur rambut, menyembuhkan luka, perawatan kulit, dan untuk kecantikan lainnya. Lidah buaya sekarang juga banyak digunakan sebagai bahan baku industri farmasi dan juga kosmetik.

Selain itu, lidah buaya juga sering digunakan untuk bahan makanan dan minuman kesehatan. Kandungan yang terdapat di dalam lidah buaya dipercaya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Lidah buaya mengandung zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida, dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Lidah buaya juga dipercaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamurm anti bakteria, dan membantu meregenerasi sel. Lidah buaya juga dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker dan penderita HIV/AIDS.

Dalam penggunaaanya untuk perawatan kulit, lidah buaya dapat menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda pada kulit, serta mengurangi peradangan dan perbaikan hingga peremajaan kulit.

Berikut ini Liputan6.com lansir dari Bright Side, Selasa (30/4/2019) beberapa cara menggunakan lidah buaya untuk kecantikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengobati Berbagai Luka

1. Mengobati Luka

Lidah buaya dipercaya mampu menumbuhkan kulit baru dan sel-sel jaringan serta mempercepat regenerasi jaringan kulit. Untuk mengobati luka dengan lidah buaya, kamu bisa menggunakan cara berikut ini:

- Potong daun lidah buaya menjadi dua memanjang.

- Kemudian letakkan potongan tersebut pada luka.

2. Mengobati Luka Bakar

Selain mengobati luka biasa, lidah buaya juga bisa mengobati luka bakar. Lidah buaya akan memberikan efek pendingin seperti mentol, sehingga akan mengurangi rasa sakit. Lidah buaya yang digunakan di luka bakar juga bisa mengurangi peradangan dan mengaktifkan regenerasi jaringan dan kulit. Berikut cara menggunakan lidah buaya untuk mengobati luka bakar:

- Potong duri-duri yang ada pada daun lidah buaya.

- Kemudian potong lidah buaya memanjang.

- Ambil gel yang keluar dari daun lidah buaya, kemudian oleskan secara perlahan di daerah kulit yang terbakar.

3 dari 4 halaman

Mengatasi Jerawat dan Melembabkan Kulit

3. Mencegah Jerawat dan Mengobati Jerawat

Lidah buaya terkenal mampu memperbaiki sel-sel kulit dan memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri yang mampu mencegah jerawat hingga mengobati jerawat. Berikut cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi jerawat:

- Potong daun lidah buaya memanjang.

- Oleskan gel yang ada dalam daun tersebut ke daerah yang berjerawat.

4. Melembabkan Kulit

Lidah buaya adalah pelembab alami yang sangat baik untuk kulit kering hingga sensitif karena menyerap sangat cepat dan melembabkan tanpa menghalangi pori-pori kulit. Berikut cara mengggunakannya:

- Potong daun lidah buaya secara memanjang.

- Ambil bagian yang berbentuk seperti gel sebanyak dua sendok teh.

- Campurkan dengan 2-3 sendok makan minyak kelapa.

- Kemudian gunakan campuran ini untuk melembabkan kulit.

4 dari 4 halaman

Untuk Lulur hingga Mengatasi Gigitan Serangga

5. Body Scrub atau Lulur

Lidah buaya bisa juga digunakan untuk lulur atau body scrub. Sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang tinggi pada lidah buaya, akan membuat kulit menjadi lebih lembut. Selain itu lidah buaya juga mengandung vitamin E yang baik untuk memperbaiki sel kulit. Berikut cara membuat lulur lidah buaya:

- Potong daun memanjang.

- Ambil gel pada lidah buaya tersebut menggunakan pisau.

- Gunakan 1/4 gelas gel dari lidah buaya tersebut.

- Campurkan dengan sabun cair sebanyak 3/4 gelas.

- Tambahkan 1 sendok teh vitamin E.

- Tambahkan beberapa minyak esensial.

- Kemudian campurkan dan siap digunakan untuk lulur tubuh.

6. Merawat Rambut

Sudah tidak asing lagi bahwa lidah buaya dipercaya mampu merawat rambut dan menjadikannya lebih sehat. Cara merawat rambut dengan lidah buaya:

- Potong daun memanjang.

- Tambahkan 2 sendok teh gel bening dari lidah buaya tersebut.

- Campurkan dengan 2-3 sendok makan minyak kelapa.

- Oleskan ke kulit kepala dan rambut, kemudian biarkan selama 40 menit.

- Kemudian bilas dan cuci rambut seperti biasa.

7. Mengatasi Gigitan Serangga

Jika kamu digigit serangga, mungkin kamu akan merasa gatal. Hal ini disebabkan karena air liur dari serangga yang memiliki racun dan alergan yang dapat menyebabkan gatal. Gunakan lidah buaya untuk memberikan efek dingin dan meringankan rasa sakit dan gatal serta mengurangi peradangan. Berikut cara menggunakannya.

- Potong daun lidah buaya secara memanjang

- Oleskan gel bening yang ada pada daun tersbeut di area yang tergigit serangga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini