Sukses

7 Kesalahan yang Perlu Dihindari Saat Menggoreng, Agar Matangnya Sempurna

Kesalahan yang perlu dihindari saat menggoreng, agar matangnya sempurna.

Liputan6.com, Jakarta Buat kamu yang baru ingin memulai untuk memasak, pasti berpikir kalau menggoreng adalah sesuatu yang mudah. Banyak pemula yang mengawali proses belajar memasaknya dari menggoreng. Selain mudah dilakukan, hasil masakannya pun akan lezat dan pasti cocok dengan lidah. 

Walaupun terlihat mudah, ternyata saat sedang menggoreng terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Terlihat sepele, dengan memperhatikan cara menggoreng yang benar, bisa membuat hasil makanan yang digoreng matang dengan sempurna dan memiliki tampilan yang menggoda.

Pada proses masak meggoreng, hal yang sangat dibutuhkan adalah minyak. Tak hanya sekedar panas, ternyata kamu perlu memperhatikan suhunya juga. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil gorengan yang tak hanya nikmat, namun juga efisien.

Sebagai pemula, agar kamu tak mengulangi kesalahan yang pernah dilakukan orang-orang, kamu bisa memperhatikan beberapa cara menggoreng yang benar. Berikut ini, Liputan6.com, Senin (29/4/2019) telah merangkum dari Reader’s Digest, beberapa cara menggoreng yang baik dan benar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Menggoreng dengan Suhu yang Tinggi dan Rendah

Menggoreng dengan Suhu yang Terlalu Tinggi

Kalau kamu ingin memasak ayam goreng yang renyah dengan sempurna, pastikan menggunakan minyak yang tidak terlalu panas. Kalau kamu menggunakan suhu yang terlalu tinggi atau terlalu panas, maka makanan yang kamu goreng akan cepat matang dan menjadi kering bahkan lebih buruk lagi. Menggunakan suhu yang tinggi juga bisa membuat masakan menjadi kurang matang di dalam dan kering di bagia luar atau gosong.

Menggoreng dengan Suhu yang Terlalu Rendah

Pastikan juga suhu pada minyak goreng kamu tidak terlalu rendah. Jika terlalu rendah, akan menghasilkan makanan yang basah alias tidak matang dengan sempurna. Kalau minyak yang kamu gunakan dalam keadaan suhu rendah, akan menghasilkan gorengan yang lembek dan tidak renyah.

3 dari 6 halaman

Menggunakan Minyak yang Tidak Tepat

Untuk mendapatkan hasil menggoreng yang sempurna, hindari menggunakan minyak zaitun. Minyak jenis ini memiliki titik panas yang rendah. Sebaiknya gunakan minyak canola yang memiliki titik panas tinggi dan rasa yang netral, sehingga tidak memberikan rasa yang aneh pada makanan.

4 dari 6 halaman

Menggoreng dalam Jumlah yang Banyak Sekaligus dan Terlalu Besar

Menggoreng dalam Jumlah yang Banyak Sekaligus

Kamu pasti pernah menggoreng dalam jumlah yang banyak sekaligus untuk mempersingkat waktu. Ternyata, cara ini salah. Kamu perlu memberi sedikit ruang di penggorengan, agar sesuatu yang ingin kamu masak memiliki ruang bergerak.

Memang, membutuhkan waktu yang lama. Namun dengan memasukkan apa yang ingin kamu goreng secara perlahan atau sedikit demi sedikit akan memberikan matang yang sempurna.

Potongan yang Ingin Digoreng Terlalu Besar

Selain memberi ruang saat menggoreng, kamu juga perlu memperhatikan ukuran makanan yang ingin kamu goreng. Kamu jangan memotongnya terlalu besar.

Kamu bisa menggunakan ukuran sedang atau kecil untuk mendapatkan makanan yang digoreng dengan hasil matang yang sempurna. Selain itu, potongannya yang terlalu besar juga bisa membuat minyak bertumpahan ke sekitar area memasakmu.

5 dari 6 halaman

Tidak Memadukan Adonan dengan Tepat

Selain beberapa hal di atas, penerapan adonan saat menggoreng juga berpengaruh pada hasil agar nampak matang dengan sempurna. Jika kamu ingin menggoreng sesuatu dengan tepung, maka kamu bisa menggunakan campuran adonannya dengan menggunakan bahan-bahan yang masih segar. Misalnya saja menggunakan tepung dan bumbu yang masih baru dibuat.

6 dari 6 halaman

Menggunakan Minyak Sisa

Saat kamu memiliki sisa bekas menggoreng, baik dalam jumlah sedikit ataupun banyak, jangan sekali-kali berencana untuk menyimpannya agar bisa digunakan kembali. Lebih baik kamu membuang minyak sudah terpakai.

Penggunaan minyak sisa saat menggoreng hanya akan membuat makanan kamu menjadi lebih berminyak dan merusak citarasanya. Selain itu juga akan meningkatkan jumlah lembak yang sangat tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini