Tak Banyak yang Tahu, 10 Bagian Tubuh Ini Bisa Terkena Kanker Kulit

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 29 Apr 2019, 15:30 WIB
Ilustrasi kanker kulit

Liputan6.com, Jakarta Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal. Umumnya berkembang di daerah yang terpapar matahari, tetapi juga dapat terbentuk di tempat-tempat yang biasanya tidak terkena sinar matahari.

Dua kategori utama kanker kulit ditentukan oleh sel-sel yang terlibat. Kategori pertama adalah kanker kulit sel basal dan skuamosa. Ini adalah bentuk paling umum dari kanker kulit. Mereka kemungkinan besar berkembang pada area tubuh Anda yang mendapatkan sinar matahari paling banyak, seperti kepala dan leher Anda.

Kategori kedua kanker kulit adalah melanoma. Jenis kanker ini berkembang dari sel-sel yang memberi warna kulit Anda. Sel-sel ini dikenal sebagai melanosit. Tahi lalat jinak yang dibentuk oleh melanosit dapat menjadi kanker.

Orang sering mengira kanker kulit terjadi pada daerah kulit yang sering terpapar sinar matahari. Kenyataannya kanker kulit juga dapat menyerang bagian tubuh yang bahkan tertutup dari sinar matahari. Berikut 7 bagian tubuh yang jarang disadari bisa terkena kanker kulit yang Liputan6.com dilansir dari Reader's Digest Senin(29/4/2019):

2 of 10

Di iris mata

Kecantikan wanita (2)
Ilustrasi mata manusia (Sumbe: Wikimedia Commons)

Sama seperti Anda bisa mendapatkan bintik-bintik di mata, Anda juga bisa mendapatkan jenis kerusakan akibat sinar matahari lainnya di iris Anda, termasuk melanoma, bentuk kanker kulit paling mematikan. Tapi bukankah seharusnya kanker kulit ditemukan pada kulit? Yang benar adalah bahwa setiap bagian tubuh Anda yang terkena sinar matahari dan meskipun mungkin tidak sering memikirkannya, mata kita adalah salah satu bagian tubuh yang paling terbuka.

"Sembilan puluh persen dari semua kanker kulit disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari," kata Bobby Awadalla, MD, seorang dokter kulit dan CEO UVO. "Dan semakin banyak kerusakan akibat sinar matahari di suatu daerah, semakin besar kemungkinan Anda terkena kanker kulit di lokasi itu." Inilah sebabnya mengapa Anda harus waspada melindungi mata Anda.

Karena Anda tidak bisa memasukkan tabir surya di mata Anda, pastikan Anda mengenakan kacamata hitam yang menghalangi UV dan memeriksakan diri ke dokter mata secara rutin. Jika Anda melihat ada bintik-bintik warna aneh baru di iris atau perubahan warna, segera periksakan ke dokter.

3 of 10

Di bawah kuku

Jari Kuku
Ilustrasi Foto Jari Kuku (iStockphoto)

Di balik populernya manikur gel, jari tangan dan kaki sekarang juga rentan terserang kanker karena lampu UV yang digunakan untuk menyegel mantel gel. Mudah-mudahan Anda sudah tahu betapa merusaknya tanning bed pada kulit Anda, kata Stephen Stahr, MD, dari The Dermatology Associates of San Antonio di Texas.

Selain itu, perangkat yang cepat kering itu pada dasarnya adalah mini tanning bed untuk kuku Anda. Meskipun Anda tidak bisa mendapatkan kanker kulit pada kuku Anda, kerusakan dapat menembus melalui kuku ke kulit di bawahnya. Untuk memastikan Anda aman, ia merekomendasikan menempatkan tabir surya di mana-mana, termasuk di ujung jari tangan dan kaki Anda. Selain itu, luangkan waktu untuk memeriksa alas kuku Anda tanpa cat secara teratur karena tanda hitam pada kuku ini bisa berarti Anda menderita kanker kulit.

4 of 10

Di celah pantat dan anus

20160524-Pantat-Bokong Wanita-Istock
Ilustrasi Foto Pantat (sumber: iStockphoto)

Celah pantat

Salah satu tempat teraneh Dr. Stahr mengatakan dia menemukan kanker kulit adalah di dalam “celah gluteal” pasien atau celah pantat. Ternyata itu adalah karsinoma sel skuamosa, sejenis kanker kulit yang umumnya tidak mematikan, tetapi selalu disebabkan oleh matahari.

Ketika dia menanyai wanita itu lebih lanjut, dia menemukan bahwa dia lebih menyukai tanning dan selalu sangat ingin untuk memastikan pipinya berwarna cokelat. Syukurlah dia disembuhkan dengan operasi cepat tetapi Dr. Stahr mengatakan bahwa moral dari cerita ini adalah untuk melewatkan tanning dan pastikan Anda memeriksa celah pantat Anda.

Anus

Ini jarang terjadi, tetapi ada kasus melanoma di sekitar anus, di dalam anus, dan bahkan di dalam saluran pencernaan, kata Dr. Awadalla. Karena sulit untuk memeriksa tempat-tempat di mana matahari benar-benar tidak memapar kulit, penting untuk mewaspadai gejala lain seperti darah di kotoran Anda, rasa sakit saat BAB, atau perubahan yang terus-menerus dalam pergerakan usus Anda.

5 of 10

Di alat kelamin

Vagina Alat Kelamin Perempuan
Ilustrasi alat kelamin (sumber: iStockphoto)

Drs. Awadalla dan Stahr mengatakan bahwa mereka memiliki pasien dengan melanoma genital dan sayangnya tidak jarang. "Kanker kulit melanoma, yang biasanya berkembang di tempat paparan sinar matahari kronis dapat bermetastasis, atau menyebar, ke situs di dalam tubuh yang jauh dari titik asalnya," kata Dr. Stahr. Inilah sebabnya mengapa Anda dapat menemukan kanker kulit pada bagian-bagian tubuh yang tidak pernah terjangkau sinar matahari.

Jika Anda merasa malu, selesaikan itu dengan cepat. "Salah satu pasien saya sangat ragu-ragu karena dia malu menunjukkan kepada dokter lesi berpigmen yang tumbuh di area pribadinya tetapi karena dia menunggu begitu lama, akhirnya dia kehilangan bagian penting dari anatominya," tambahnya. Jadi bicaralah segera pada dokter jika Anda menemukan sesuatu yang janggal di area tersebut.

6 of 10

Di saluran telinga

Telinga (iStockphoto)
Ilustrasi telinga (iStockphoto)

Memiliki sedikit kerak di dalam telinga Anda atau di belakangnya merupakan kondisi biasa. Tetapi jika itu tidak hilang dengan scrubbing, ada kemungkinan itu bisa menjadi kanker kulit, Dr. Awadalla menjelaskan. "Aturan saya adalah bahwa jika Anda mendapatkan lesi kulit baru dan itu tidak hilang setelah sebulan Anda harus memeriksanya," katanya.

Dalam kondisi ini bukan hanya tahi lalat aneh yang perlu Anda cari. "Kanker kulit bisa merah, berbentuk butiran, bersisik, atau memiliki ulserasi dengan pendarahan dan pengerasan kulit," tambahnya.

7 of 10

Di bawah lidah

Cara pengobatan kuno (8)
Ilustrasi lidah manusia. (Sumber: Pixabay/1045373)

Pernah bertanya-tanya mengapa dokter gigi Anda mengangkat lidah Anda dan melihat tampilan lidah di bawah dan di sekitar sisi lidah? Salah satu alasannya adalah mungkin untuk memastikan adanya melanoma di lidah Anda.

Meskipun Anda kemungkinan tidak mendapatkan banyak paparan sinar matahari di mulut Anda, adalah mungkin jika kanker telah menyebar. Selain itu, kemungkinan terkena kanker apa pun di lidah atau di dalam mulut Anda akan sangat meningkat jika Anda merokok.

8 of 10

Di kulit kepala, di bawah rambut

Di kulit kepala, di bawah rambut
Di kulit kepala, di bawah rambut (sumber: iStockphoto)

Kanker kulit pada kulit kepala adalah masalah ganda. Tidak hanya itu salah satu tempat paling umum untuk mendapatkan penyakit ini tetapi juga karena rambut Anda, penyakit ini sering terlewatkan, diabaikan, atau disalahartikan sebagai hal lain seperti ketombe.

"Jika ada yang tumbuh, gatal, terbakar, atau berdarah, itu harus dievaluasi oleh dokter," kata Dr. Stahr. Bahkan jika ternyata sesuatu seperti psoriasis, ketombe, atau kurap, dokter kulit sudah diperlengkapi dengan baik untuk menangani kondisi tersebut juga.

9 of 10

Di sela jari-jari kaki

jari kaki
Jari kaki (sumber: unsplash/jan romero)

Orang-orang sering lupa untuk memakai tabir surya pada kaki mereka, bahkan ketika mereka memakai sandal sepanjang musim panas.  Sementara meskipun ada tahi lalat yang nakal di bagian atas kaki Anda mungkin Anda berpikir ini adalah kondisi yang biasa.

Tahi lalat di kaki perlu dievaluasi seperti tahi lalat di bagian lain dari tubuh Anda, kata Dr. Stahr, menggunakan metode Asimetri, perbatasan tidak beraturan, warna tidak rata atau ganda, diameter lebih besar dari penghapus pensil, berkembang atau berubah.

10 of 10

Tersembunyi di tato

Ilustrasi Tato - iStock
Tato - iStock

Orang yang memiliki tato lazimnya kerap memamerkannya kulit, yang biasanya berarti area tersebut banyak terpapar sinar matahari. Ada mitos populer bahwa tato besar dapat bertindak sebagai tabir surya. Tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Beberapa warna tinta terutama putih sebenarnya dapat meningkatkan kerusakan akibat sinar matahari.

Selain itu, tinta dapat menutupi gejala umum kanker kulit seperti tahi lalat yang berubah warna atau lesi bergelombang. Jadi, jika Anda ingin memastikan semua kulit Anda tetap cantik, pastikan untuk memperhatikan kulit Anda di bawah tato dan selalu memakai tabir surya.

Lanjutkan Membaca ↓