Sukses

Transformasi 5 Logo Perusahaan Fast Food Terkenal, Desainnya Beragam

Liputan6.com, Jakarta Sekarang ini, fast food atau makanan cepat saji menjadi salah satu pilihan di kala perut lapar. Selain rasanya yang nikmat, fast food juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa dikonsumsi. Maka tak heran terkadang perusahaan fast food lebih terkenal ketimbang perusahaan makanan biasa atau tradisional.

Namun, pernahkah terbesit di benak mengenai cerita di balik logo perusahaan fast food? Pasalnya, sebelum terkenal seperti sekarang ini, nyatanya perusahaan fast food telah berkali-kali mengubah logonya.

Fast food seperti KFC dan McDonald's adalah salah satunya. Kedua perusahaan tersebut sempat mengalami transformasi logo yang penuh dengan sejarah dan cerita di baliknya.

Nah, penasaran kan seperti apa? Tak usah berlama-lama, yuk simak deretan transformasi 5 logo perusahaan fast food terkenal yang dihimpun Liputan6.com dari The Insider, Senin (29/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. McDonald's

Pasti banyak orang yang tahu McD alias McDonald's. Bagaimana tidak, perusahaan fast food ini tersebar hampir di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, McDonald's banyak ditemukan di kota-kota besar. Nah, rupanya sebelum terkenal seperti sekarang, McDonald's sempat gonta-ganti logo, lho.

Jauh sebelum Ronald McDonald jadi wajah perusahaan fast food ini, McDonald'smenggunakan wajah karakter chef dalam sebuah kartun bernama Speedee. Nama tersebut digunakan untuk melambangkan kecepatan pelayanan McDonald's, tepatnya pada tahun 1948.

Setelah itu, wajah Speedee dihapus dari logo pada tahun 1961. Baru setelahnya, logo McDonald's hampir menyerupai logonya yang dipakai sekarang ini. Seperti pada gambar di atas, logo McDonald's yang tadinya berupa gambar tokoh kartun bertransformasi hanya berupa huruf M yang mewakili McDonald's.

3 dari 6 halaman

2. Burger King

Selain McDonald's, perusahaan fast food Burger King juga tak kalah terkenalnya. Ya, brand ini mengenalkan cita rasa burger yang nikmat yang berbeda dengan brand lainnya. Burger King pun punya transformasi logonya tersendiri.

Sesuai namanya, logo Burger King dibuat berupa wajah seorang King atau raja yang duduk di atas burger sambil memegang segelas soda besar. Logo tersebut pertama kali digunakan pada 1957, yakni 3 tahun setelah pembukaan fast food terkenal ini.

Setelah itu, logo Burger King lebih disederhanakan sehingga hanya berupa tulisan BURGER KING diapit dengan roti burger pada tahun 1969. Hingga pada tahun 1999, Burger King kembali mengubah logonya yang masih dipakai sekarang ini.

4 dari 6 halaman

3. KFC

Siapa sih yang tidak tahu perusahaan fast food KFC? Nama KFC sudah pasti akrab di telinga banyak orang tak peduli kalangan usia. Ya, Kentucky Fried Chicken ini mungkin menjadi salah satu primadona pecinta ayam tepung goreng.

Namun, siapa sangka di balik namanya yang terkenal, KFC punya sejarah perubahan logo dari masa ke masa. Seperti yang diketahui, sosok di balik nikmatnya ayam KFC tak lain adalah Colonel Sanders. Karenanya, logo pertama KFC dibuat dengan memajang wajahnya namun secara hitam putih.

Hingga pada awal tahun 1990, KFC baru membuat logonya lebih berwarna berupa merah putih bergaris. Namun, pada tahun 2000, KFC menghilangkan desain garis merah putih menjadi wajah close up Colonel Sanders dengan latar belakang warna merah. Logo ini bertahan hingga tahun 2006.

Setelahnya, logo terbaru KFC dibuat dengan sosok Colonel Sanders memakai celemek berwarna merah yang dibingkai dengan latar belakang warna merah pula.

5 dari 6 halaman

4. Starbucks

Jika tiga logo perusahaan fast food sebelumnya berupa franchise makanan, yang satu ini adalah franchise minuman. Yaitu Starbucks yang pertama kali dibuka pada tahun 1971. Logo yang dipakai saat itu cukup jauh berbeda dengan logo sekarang ini. Pada logo pertama, terdapat gambar sosok makhluk mitologi Yunani berupa duyung dua ekor yang bernama Siren yang dikelilingi tulisan Starbucks Coffee.

Pada akhir 1980, logo Starbucks dibubuhi warna hijau setelah sebelumnya hanya hitam putih. Sosok duyung dua ekor pun disunting dan dibuat simetris dan lebih detail. Pada tahun 1992, logo Starbucks mengalami perubahan yang bertahan hingga 19 tahun lamanya.

Kemudian pada tahun 2011, logo Starbucks akhirnya diperbarui dengan menghilangkan tulisan Starbucks Coffee namun tetap mempertahankan sosok mitologi Yunani yang terkenal tersebut. Serta dengan membuatnya lebih menonjol dan close-up seperti yang dipakai sekarang ini.

6 dari 6 halaman

5. Dunkin' Donuts

Selanjutnya, ada Dunkin' Donuts yang juga dikenal sering gonta-ganti logo. Pada tahun 1950, logo Dunkin' Donuts dibuat amat sederhana hanya dengan goresan tinta merah. Tak lama setelah itu, logonya mengalami perubahan drastis karena mengusung karakter donat yang mewakili perusahaan fast food tersebut, yakni yang dipakai sejak tahun 1956 hingga tahun 1960.

Namun, pada tahun 2000, Dunkin' Donuts kembali mengubah logonya lebih sederhana dengan hanya tulisan ditambah segelas minuman kopi. Lalu pada tahun 2007, logo dibuat lebih fresh dengan desain yang lebih modern namun tetap dengan logo yang sama.

Nah, pada tahun 2018 lalu, logo Dunkin' Donuts dibuat semakin sederhana dengan menghapus kata Donuts seperti yang tampak pada gambar di atas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.