Punya 500 Tanda Lahir, Gadis Ini Tumbuh Jadi Sosok Tak Terduga

Oleh Yunisda Dwi Saputri pada 26 Apr 2019, 15:35 WIB
Alba Parejo, gadis yang punya 500 tanda lahir.

Liputan6.com, Jakarta Lazimnya, manusia setidaknya punya satu tanda lahir. Bisa jadi berada di tangan, kaki, paha, atau bagian tubuh lainnya. Namun, sebuah fenomena langka terjadi pada tubuh seorang gadis di Barcelona, Spanyol, yang harus hidup dengan 500 tanda lahir di tubuhnya.

Ialah Alba Parejo yang menderita penyakit kulit Congenital Melanocytic Nevus. Di Indonesia sendiri, biasanya kelainan ini hanya berupa tanda lahir berukuran besar yang ditemukan di tubuh seseorang. Namun, tubuh Alba Parejo justru hampir dipenuhi dengan bercak-bercak seperti tahi lalat.

Lantas, gadis berusia 18 tahun itu seringkali menjadi bahan bully oleh teman-temannya. Tak ayal Ia merasa seperti sosok monster karena tubuhnya menyerupai anjing jenis Dalmatian yang identik dengan tutul-tutul berwarna hitam di tubuhnya.

2 of 4

Sempat Rasakan Trauma

Alba Parejo, gadis yang punya 500 tanda lahir.
Alba Parejo, gadis yang punya 500 tanda lahir. (Sumber: Caters News Agency)

Melansir dari Daily Mail, Jumat (26/4/2019), dahulu Alba sempat menjalani 30 operasi untuk menghapus sebagian tanda lahirnya. Alba yang saat itu usianya belum menginjak 5 tahun merasa trauma dengan perawatan yang ia jalani. Hingga pada akhirnya ia memutuskan untuk berhenti.

“Saat aku beranjak besar, aku sadar banyak orang yang memandangku karena kulitku. Dan itu membuatku sedih. Saat melihatku, mereka seolah sedang melihat monster. Terkadang mereka tertawa atau mengatakan komentar buruk. Misalnya dengan memanggilku Dalmatian atau Alien. Bahkan, ada satu orang yang mengira aku menggambar sendiri bercak-bercak itu.” Ungkapnya.

Namun, Alba Parejo tak lantas menjauh dari publik dan berdiam diri di rumah. Pasalnya, ia justru memilih bangkit dan menerima apa yang telah ditakdirkan Tuhan untuknya. Pada tahun 2016, Alba mulai membuka diri dan menunjukkan tanda lahirnya yang unik itu kepada dunia.

3 of 4

Dapat Respons Positif

Alba Parejo, gadis yang punya 500 tanda lahir.
Alba Parejo, gadis yang punya 500 tanda lahir. (Sumber: Instagram/albaparejo_)

Alba mengunggah salah satu foto dirinya di media sosial Twitter. Tak disangka, ia mendapat lebih dari ribuan retweet dan juga like. Terlebih lagi, banyak respons positif yang dibubuhkan oleh para pengguna Twitter melihat kondisi langka yang dialami Alba.

Bahkan, banyak orang yang mendorong Alba mengikuti suatu kompetisi agar menjadi foto modelnya. Sejak saat itu, Ia tergugah untuk semakin percaya diri dengan tubuhnya. Alhasil, wajah Alba sempat menghiasi papan billboard, desain bus kota, hingga koran.

“Banyak orang dari seluruh dunia yang menghubungiku. Mereka menceritakan bahwa aku menginspirasi mereka. Sejak saat itu, aku mulai menerima dan mencintai apa adanya diriku,”

4 of 4

Tumbuh Jadi Seorang Foto Model

Alba Parejo, gadis yang punya 500 tanda lahir.
Alba Parejo, gadis yang punya 500 tanda lahir. (Sumber: Instagram/albaparejo_)

Berkat kepercayaan dirinya itu, Alba memenangkan kompetisi sebagai model salah satu pusat perbelanjaan. Kini pun Alba punya akun Instagram pribadi yang dipenuhi konten dirinya menjadi seorang model, yakni di @albaparejo_. Ia mengaku sudah kenyang menerima komentar jahat terkait kondisi fisiknya.

“Tanda lahir ini adalah identitasku. Dan aku berterima kasih, karenanya aku telah bertemu dengan banyak orang yang keren dan luar biasa. Sekarang aku sadar kulitku itu indah, spesial, dan unik.” Imbuhnya.

Lanjutkan Membaca ↓