4 Cara Cek Tingkat Radiasi di Ponsel, Agar Lebih Waspada

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 26 Apr 2019, 09:40 WIB
Ilustrasi Radiasi Ponsel

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, setiap orang tak pernah bisa jauh dari smartphone yang dimilikinya. Berbagai kegiatan dapat dilakukan dengan ponsel pintar ini, mulai dari berkomunikasi hingga mengisi kekosongan waktu.

Namun, dampak dari radiasi yang dihasilkan ponsel telah dipercaya mampu menimbulkan masalah kesehatan tertentu. Masalah kesehatan tersebut seperti kanker hingga kemandulan.

Efek radiasi ponsel pada kesehatan manusia adalah subjek yang menarik dan dipelajari di seluruh dunia, sebagai akibat dari peningkatan besar dalam penggunaan ponsel di seluruh dunia. Pada 2015, ada 7,4 miliar pengguna di seluruh dunia.

Ponsel memancarkan radiasi frekuensi radio (gelombang radio), suatu bentuk radiasi non-pengion, dari antena mereka. Bagian tubuh yang terdekat dengan antena dapat menyerap energi ini.

Penelitian lebih lanjut masih bergulir untuk mengetahui efek kesehatan dari paparan radiasi ponsel. Beberapa ponsel sempat diklaim memiliki tingkat radiasi tinggi dan berbahaya bagi tubuh. Specific Absorption Rate (SAR) merupakan tolak ukur untuk mengetahui tingkat radiasi suatu ponsel.

Ada beberapa cara untuk mengetahui tingkat radiasi di ponsel, berikut ulasannya yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (26/4/2019).

2 of 6

Mengenal Specific Absorption Rate (SAR)

Ilustrasi Radiasi Ponsel (sumber: iStockphoto)
Ilustrasi Radiasi Ponsel (sumber: iStockphoto)

Specific Absorption Rate (SAR) adalah ukuran tingkat di mana energi diserap oleh tubuh manusia ketika terkena medan elektromagnetik frekuensi radio (RF). Ini juga bisa merujuk pada penyerapan bentuk energi lain oleh jaringan, termasuk USG.

Saat mengukur SAR pada ponsel, ponsel diletakkan pada representasi kepala manusia (SAR Phantom) dalam posisi bicara. Nilai SAR kemudian diukur di lokasi yang memiliki tingkat penyerapan tertinggi di seluruh kepala, yang dalam kasus ponsel sering sedekat mungkin dengan antena ponsel. Pengukuran dilakukan untuk posisi yang berbeda di kedua sisi kepala dan pada frekuensi yang berbeda yang mewakili pita frekuensi di mana perangkat dapat mentransmisikan.

Bergantung pada ukuran dan kemampuan telepon, pengujian tambahan mungkin juga diperlukan untuk mewakili penggunaan perangkat sambil ditempatkan dekat dengan tubuh pengguna atau ekstremitas. Berbagai pemerintah telah menetapkan level SAR maksimum untuk energi RF yang dipancarkan oleh perangkat seluler.

Menurut International Commission on Non-Ionizing Radiation Protection (ICNIRP) batas aman SAR pada ponsel maksimum hanya boleh mencapai 2 W/kg. Sementara Federal Communications Commision (FCC) di AS menetapkan tingkat standar SAR 1.6 W/Kg untuk sebuah ponsel.

Ada beberapa cara untuk dapat mengetahui tingkat radiasi suatu ponsel. Anda dapat mengeceknya sendiri untuk mengetahuinya. Tingkat radiasi yang ditampilkan pada suatu ponsel biasanya merujuk pada dua jenis yaitu radiasi saat terpapar pada kepala dan radiasi saat terpapar pada anggota tubuh lain. Berikut 5 cara mengecek tingkat radiasi ponsel:

3 of 6

1. Menggunakan Dial USSD

Menekan nomor USSD atau Quick Access memberi Anda banyak informasi tentang ponsel Anda, termasuk pada detail radiasi RF seperti peringkat SAR. Caranya adalah:

- Buka layar panggilan ponsel Anda

- Tekan *#07#

- Tekan panggil/call

Ponsel Anda akan memberi Anda peringkat SAR atau membawa Anda ke layar pengaturan tempat informasi ini berada. Namun, beberapa ponsel tidak dapat menggunakan metode ini untuk mengetahui tingkat radiasi. Jika Anda tidak dapat menggunakan kode USSD ini Anda dapat mencoba cara selanjutnya.

4 of 6

2. Periksa Buku Panduan Penggunaan Ponsel

Sebagian besar buku panduan pengguna ponsel akhir-akhir ini menampilkan nilai SAR ponsel Anda. Jika Anda kehilangan buku panduan pengguna atau membeli ponsel bekas tanpa buku panduan, Anda dapat menemukan versi digital dari panduan pengguna tersebut secara online.

Buku panduan pengguna ini biasanya merinci deskripsi ponsel mulai dari model, seri, IMEI, hingga frekuensi gelombang radio yang memungkinkan Anda untuk mengetahui level SAR pada ponsel yang Anda miliki.

5 of 6

3. Periksa Situs Web Produsen Ponsel

Merupakan kewajiban hukum bagi semua produsen ponsel untuk membuat daftar peringkat SAR untuk produk mereka secara online. Yang perlu Anda siapkan adalah model ponsel Anda.

Model ponsel biasanya sering ditampilkan di bagian belakang ponsel Anda, tetapi jika tidak ada, Anda harus dapat menemukannya di buku petunjuk atau di layar pengaturan.

Setiap produsen ponsel harus memiliki halaman SAR di situs web mereka. Berikut situs resmi untuk mengecek SAR di beberapa produsen ponsel:

 

Sony: blogs.sonymobile.com/about-us/sustainability/health-and-safety/sar/

Samsung: samsung.com/sar/sarMain.do

Xiaomi: mi.com/global/certification/rfexposure/

Apple: apple.com/legal/rfexposure/

LG: lg.com/global/support/sar/sar

Huawei: consumer.huawei.com/en/safety-information/

Nokia: nokia.com/phones/en_int/sar

Ada juga sumber daya pihak ketiga online di mana orang-orang telah mengumpulkan daftar nilai-nilai SAR ponsel dalam jumlah besar. Berhati-hatilah dengan informasi dari sumber yang meragukan di internet.

6 of 6

4. Periksa Situs Web FCC

FCC (atau Federal Communications Commission) adalah badan pengawas Amerika Serikat yang berperan untuk mengatur komunikasi melalui radio, internet, satelit dan teknologi siaran lainnya.

Meskipun mereka tidak memiliki wewenang di panggung internasional, mereka memiliki daftar lengkap produsen ponsel, peringkat SAR untuk handset tertentu, dan lebih banyak sumber daya publik yang dapat sangat membantu, tidak peduli di negara mana Anda berada.

Pertama, Anda perlu menemukan FCCID ponsel Anda. Untuk sebagian besar ponsel cerdas tidak memiliki baterai yang dapat dilepas, Anda akan menemukan FCCID di bagian belakang ponsel dalam bentuk tulisan kecil. Untuk Apple iPhone misalnya, Anda akan menemukannya di tulisan kecil di dekat bagian bawah ponsel.

Jika Anda memiliki ponsel dengan baterai yang dapat dilepas, kemungkinan Anda akan menemukan nomor ini di bawah baterai. Jika Anda tidak menemukannya di lokasi mana pun, Anda cukup memeriksa manual pengguna, biasanya di depan atau di belakang.

Selanjutnya, masukkan ID FCC ke dalam form pencarian yang akan Anda lihat di situs web fcc.gov/oet/ea/fccid. Masukkan 3 digit pertama FCCID di kolom atas, dan sisanya di kolom bawah.

Kemudian cukup tekan search, danAnda akan disajikan dengan banyak informasi hebat langsung dari sumbernya, termasuk nilai SAR pada ponsel.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by