6 Aplikasi Android untuk Menyingkirkan Iklan Menganggu di Browser

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 25 Apr 2019, 11:50 WIB
Diperbarui 27 Apr 2019, 04:13 WIB
Ilustrasi Browser

Liputan6.com, Jakarta Iklan merupakan media promosi yang sering digunakan banyak pihak untuk menawarkan atau memperkenalkan produknya. Era digtal yang terus berkembang membuat media iklan semakin luas. Kini iklan mulai merambah ke ranah digital dengan pemasangan iklan melalui laman, browser, atau aplikasi-aplikasi tertentu. 

Terkadang, iklan yang muncul di browser atau aplikasi di Android cukup mengganggu aktivitas dunia mayamu. Iklan-iklan yang terpasang di laman dapat menutupi konten utama yang ingin diakses. Bahkan beberapa iklan cukup menyebalkan karena adakalanya iklan dapat terbuka karena tak sengaja terketuk.

Tidak semua iklan yang kamu lihat di perangkat Android mengganggu. Kamu mungkin benar-benar tertarik pada satu atau dua iklan yang kamu temui, tetapi beberapa aplikasi baik browser ataupun yang lain begitu menyebalkan dalam menampilkan iklan. Mereka membombardirmu dengan konten yang bahkan tidak kamu sukai.

Namun, kamu bisa mensiasati bombardir iklan ini dengan beberapa cara. Salah satunya adalah memasang aplikasi yang dapat menyingkirkan iklan di Android. Dengan begitu kamu dapat dengan bebas dan nyaman beraktivitas menggunakan internet di Androidmu.

Aplikasi-aplikasi penyingkir iklan ini dapat kamu unduh gratis di Play Store atau laman resmi pengembangnya. Aplikasi ini juga sudah terjamin aman. Berikut 6 aplikasi untuk menyingkirkan iklan menganggu yang berhasil Liputan6.com lansir dari Make Teach Easier Kamis(25/4/2019):

2 dari 7 halaman

Adguard

Salah satu alat pemblokir iklan terbaik adalah AdGuard. Kamu dapat menemukan versi Adguard di Play Store, tetapi untuk mendapatkan full version kamu harus mengunduhnya gratis dari situs web Adguard di https://adguard.com/en/welcome.html

Setelah memiliki versi lengkap dan menginstalnya, kamu dapat memblokir iklan di ponselmu. Kamu juga dapat mengelola sejauh mana setiap aplikasi memblokir iklan, dan mengatur filter yang memberimu kontrol penuh atas adblocking pada perangkatmu.

3 dari 7 halaman

Free AdBlocker Browser

Free AdBlocker Browser
Free AdBlocker Browser (sumber: maketeacheasier)

Free AdBlocker Browser dalah pemblokir iklan yang sepenuhnya gratis dan efektif. Aplikasi ini sangat mudah digunakan karena ia memblokir iklan segera setelah kamu mulai menggunakannya.

Jika kamu ingin melihat sendiri bahwa peramban memblokir iklan, ketuk ikon Shield, dan di sudut kiri bawah aplikasi kamu dapat melihat berapa banyak iklan yang telah diblokir oleh aplikasi ini.

Browser dapat memblokir banner, iklan video, dan pop-up juga. Selain menjauhkan iklan, aplikasi ini juga melindungimu dari bahaya seperti phishing, malware, virus, dan banyak lagi. Aplikasi ini juga ramah baterai, jadi kamu tidak perlu khawatir baterai terkuras oleh aplikasi ini.

4 dari 7 halaman

Block Pop-Ups, Ads dan Ad Personalization di Chrome

Block Pop-Ups, Ads dan Ad Personalization di Chrome
Block Pop-Ups, Ads dan Ad Personalization di Chrome (sumber: maketeacheasier)

Iklan pop-up dapat muncul pada saat yang paling buruk. Jika kamu menggunakan browser Chrome default di ponsel Androidmu, kamu dapat dengan mudah mengaturnya untuk menonaktifkan iklan pop-up. Buka browser, ketuk tiga titik dan ketuk Pengaturan.

Gulir ke bawah hingga kamu melihat Pop-up dan pilih opsi tersebut lalu aktifkan pemblokiran pop-up. Opsi Iklan juga dekat dengan opsi Pop-up, sehingga kamu dapat memodifikasinya sesukamu.

Untuk menonaktifkan Personalisasi Iklan, buka Pengaturan perangkat -> Google -> Iklan dan matikan opsi iklan. Opsi ini akan aktif secara default jika kamu belum mematikannya.

5 dari 7 halaman

Brave Browser

Brave Browser menawarkan fitur perlindungan pelacakan yang akan membuat kamu tetap aman. Jika karena alasan tertentu kamu ingin dilacak, fitur tersebut dapat dengan mudah diaktifkan dengan mengetuk ikon singa oranye di bagian atas.

Di bawah Kontrol Individual, kamu dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur “Block Ads & Tracking” . Selama kamu mengaktifkannya, kamu juga dapat mengubah pengaturan untuk HTTPS Everywhere, Blokir cookie pihak ke-3, Blokir Skrip, dan Perlindungan Sidik Jari.

6 dari 7 halaman

Webguard

Webguard adalah aplikasi yang akan memblokir iklan di browser yang sedang kamu gunakan. Kamu tidak perlu beralih ke browser lain untuk dapat mengakses internet bebas iklan karena aplikasi ini berfungsi baik di Samsung Internet Browser, Firefox, Chrome, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga menawarkan fitur berguna lainnya seperti menyediakan firewall, data enkripsi, dan perlindungan virus tanpa akses root.

Aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur canggih di mana kamu dapat melakukan hal-hal seperti memblokir semua data dari aplikasi pihak ketiga dan mengubah UA browser seluler ke desktop.

7 dari 7 halaman

AdBlock Plus untuk Samsung Internet

Chrome jelas merupakan browser yang paling banyak digunakan, tetapi itu tidak berarti tidak ada pengguna yang masih menggunakan browser Internet Samsung. Untuk menghilangkan iklan di browser tertentu, kamu dapat mengandalkan Adblock Plus untuk Samsung Internet.

Aplikasi ini akan secara otomatis membawamu ke pengaturan perangkat di mana kamu harus mengaktifkan pemblokir iklan. Jika kamu masuk ke opsi " “More blocking” , kamu dapat menonaktifkan atau mengaktifkan opsi seperti melacak tombol media sosial dan banyak lagi. Di bagian bawah kamu juga akan melihat opsi untuk menambahkan daftar filter lain.

Lanjutkan Membaca ↓