10 Aktivitas Sederhana di Rumah Ini Mampu Turunkan Berat Badan

Oleh Rizzaq Aynur Nugroho pada 24 Apr 2019, 21:35 WIB
Bersih-Bersih

Liputan6.com, Jakarta Berat badan sering kali menjadi masalah yang menganggu karena mempengaruhi penampilan hingga mempengaruhi kesehatan tubuh. Berat badan yang tidak normal akan membuat seseorang menjadi lebih gemuk atau lebih kurus. Berat badan normal atau ideal pasti menjadi dambaan semua orang.

Memiliki berat badan yang ideal juga penting sebagai upaya untuk mempertahankan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu berat badan ideal juga bisa mencegah dan mengendalikan tubuh dari berbagai penyakit.

Berat badan yang tidak normal, bisa menyebabkan obesitas hingga kekurangan gizi. Berat badan berlebihan akan menyebabkan obesitas dan bisa menimbulkan berbagai masalah. Namun jangan khawatir dengan berat badan yang kamu miliki, karena bisa kamu turunkan dan kamu bisa mendapatkan berat badan yang normal bahkan ideal.

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan, mungkin kegiatan rumah ini bisa kamu praktikkan untuk menurunkan berat badanmu.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa aktivitas sederhana di rumah yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan di lansir dari mirror.co.uk, Rabu (24/4/2019).

2 of 3

Menggosok Bak Mandi Hingga Merapikan Tempat Tidur

Merapikan tempat tidur
Merapikan tempat tidur (sumber: iStock)

1. Menggosok atau Membersihkan Bak Mandi

Aktivitas rumah yang satu ini selain dapat membersihkan bak mandimu, ternyata juga bisa untuk menurunkan berat badan. Jika kamu melakukan aktivitas ini, maka 200 kalori akan terbakar terutama di bagian lengan dan bahu.

2. Membawa Tas Belanja

Mungkin terdengar sangat simpel, namun membawa tas belanja yang berisi berbagai macam belanjaan akan membakar 190 kalori. Aktivitas ini sangat bagus untuk betis, paha, pantat, lengan, dan bahu.

3. Mendekor Rumah atau Mengecat

Membuat dekorasi rumah hingga mengecat tembok bisa membakar sebanyak 160 kalori dalam tubuh. Aktivitas ini sangat bagus untuk lenganmu, terlebih lagi jika kamu ingin menjangkau bagian-bagian yang tinggi dengan tangga, maka kalori akan lebih banyak terbakar.

4. Mencuci Mobil

Mencuci mobil akan membakar 140 kalori di dalam tubuh. Banyak gerakan-gerakan dari aktivitas mencuci mobil seperti perenggangan, menekuk lutut, dan lain sebagainya.

5. Merapikan Tempat Tidur

Aktivitas yang satu ini akan membakar 130 kalori dalam tubuh. Merapikan tempat tidur akan memberikan beberapa gerakan seperti jongkok, membungkuk dan lain sebagainya.

3 of 3

Membersihkan Kaca hingga Berkebun

Membersihkan kaca
Membersihkan kaca (sumber: iStock)

6. Membersihkan Kaca

Membersihkan kaca akan membakar 125 kalori. Aktivitas ini baik untuk lengan, kaki jika menggunakan tangga, hingga perut.

7. Berkebun

Berkebun selain mengasikan, ternyata juga bisa menurunkan berat badanmu. Kalori yang akan terbakar dari berkebun adalah sekitar 125. Baik untuk tubuh bagian bawah, lengan, dan pinggul.

8. Membersihkan Lantai dengan Vacuum Cleaner

Aktivitas rumah ini akan membakar kalori kurang lebih 90 kalori. Gerakan dorong tarik vacuum cleaner juga baik untuk melatih lenganmu.

9. Menyetrika

Menyetrika adalah kegiatan rumah yang baik untuk lengan. Aktivitas ini bisa membakar 70 kalori dalam tubuh.

10. Memotong Daun

Memotong daun bisa membakar 225 kalori dalam tubuhmu. Kegiatan ini juga bagus untuk lengan dan otot perut

Masih banyak aktivitas sederhana di rumah yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan. Selain karena bermanfaat untuk menjaga lingkungan sekitar, ternyata aktivitas sederhana itu juga bisa membuat tubuh menjadi sehat dan berat badan menjadi turun.

Lanjutkan Membaca ↓