8 Dampak Buruk Makan Tengah Malam, Bisa Picu Obesitas

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 24 Apr 2019, 16:05 WIB
Ilustrasi makan tengah malam

Liputan6.com, Jakarta Makan tengah malam kadang merupakan aktivitas yang tak mudah untuk dihindari. Hasrat untuk makan di tengah malam nampaknya sulit dibendung. Baik itu makan berat atau hanya sekadar ngemil. Makan di tengah malam memiliki sejumlah dampak buruk bagi kesehatan.

Biasanya menjelang tengah malam beberapa orang sering merasa ingin makan sesuatu, entah karena lapar atau hanya sekadar ingin mengemil. Makanan-makanan yang dikonsumsi pun beragam, mulai dari makan berat seperti nasi dan lauk, makanan pedas, makanan gurih dan manis, atau minuman bersoda.

Tentu saja, sebagian orang perlu makan saat malam hari, baik itu karena jadwal yang terlalu sibuk sehingga sulit untuk makan lebih awal atau kebutuhan untuk menjaga kadar gula darah stabil sepanjang hari dan malam. Tetapi sains semakin menemukan sejumlah efek negatif yang dapat terjadi ketika Anda mulai ngemil atau makan berat di tengah malam.

Jika Anda memiliki kebiasaan makan pada larut malam, sudah sebaiknya Anda mulai menguranginya. Berikut dampak buruk makan tengah malam dilansir Liputan6.com dari Reader's Digest, Rabu (24/4/2019).

2 of 5

Dampak Buruk Makan Tengah Malam

Alasan Kenapa Lemak di Perut Tak Kunjung Hilang (andriano cz/Shutterstock)
Alasan Kenapa Lemak di Perut Tak Kunjung Hilang (andriano cz/Shutterstock)

1. Menyimpan lebih banyak lemak 

Ketika peneliti memantau 31 orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas, mereka menemukan bahwa, rata-rata, mereka yang makan pada tengah malam memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi dan lemak tubuh yang lebih besar daripada mereka yang makan lebih awal.

Penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan Masyarakat Endokrin, mendukung penelitian hewan selama bertahun-tahun yang menunjukkan bahwa makan malam meningkatkan penyimpanan lemak.

“Penelitian ini melibatkan sejumlah kecil subjek dan dilakukan dalam periode waktu yang kecil, tetapi hasilnya menjanjikan,” kata Cordialis Msora-Kasago, RDN, juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet yang berbasis di Menifee, California, yang tidak terlibat dalam penelitian.

"Ini menambah bukti pada tubuh bahwa waktu makan Anda dapat berdampak pada berat dan hormonserta metabolisme Anda." Inilah sebabnya mengapa makan lewat malam hari dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

2. Menyebabkan mulas

Siapa pun yang makan terlalu larut malam apalagi makan terlalu pedas kemungkinan merasakan ketidaknyamanan mulas, rasa sakit, rasa terbakar di dada yang terkadang dapat disertai dengan rasa pahit atau asam di mulut Anda. Ini dapat terjadi ketika asam lambung terciprat kembali ke kerongkongan, menyebabkan gangguan pencernaan asam atau asam lambung.

Sekitar satu dari lima orang memiliki kondisi yang lebih serius yang dikenal sebagai GERD (gastroesophageal reflux disease), bentuk asam lambung yang tahan lama yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang berpotensi berbahaya dari waktu ke waktu.

"Siapa pun yang memiliki riwayat refluks asam atau GERD harus menghindari makan terlalu dekat dengan waktu tidur," kata Felicia Stoler, RDN, ahli gizi dan ahli fisiologi olahraga di New Jersey dan penulis Living Skinny in Fat Genes. Makan sesuatu yang menyebabkan gas atau makan terlalu cepat juga bisa menjebak udara di perut Anda dan membuat tidak nyaman, tambahnya.

3 of 5

Dampak Buruk Makan Tengah Malam

Ilustrasi Hipertensi, Tekanan Darah, Tekanan Darah Tinggi (iStockphoto)
Akan lebih baik lagi jika kita menjaga tekanan darah tetap terkendali sehingga terhindar dari hipertensi (Ilustrasi/iStockphoto)

3. Menaikkan tekanan darah

Menurut sebuah studi yang dipresentasikan di European Society of Cardiology, makan larut malam dapat meningkatkan tingkat tekanan darah, terutama di antara mereka yang sudah berurusan dengan hipertensi. Para peneliti melacak 700 orang dengan tekanan darah tinggi dan menemukan bahwa mereka yang makan dalam waktu dua jam sebelum tidur memiliki tingkat tekanan darah yang lebih tinggi dalam semalam dibandingkan dengan mereka yang tidak makan apa pun sebelum tidur.

Para peneliti mencatat bahwa makan malam meningkatkan tekanan darah lebih dari mengonsumsi makanan tinggi garam. Biasanya, natrium adalah masalah terbesar dalam hipertensi. Mereka berspekulasi bahwa ketika orang makan terlambat, tubuh tetap waspada, menghasilkan lebih banyak hormon stres seperti adrenalin, dan itu meningkatkan tekanan darah.

4. Susah tidur

Tidur nyenyak sangat penting untuk membuat Anda bahagia, sehat dan fokus pada hari berikutnya. Tetapi makan terlalu larut malam akan membuat Anda gelisah dalam tidur. Terkadang makanan yang Anda makan dapat mengganggu tidur Anda.

Makanan yang mengandung kafein dari beberapa sendok es krim kopi, misalnya, atau cokelat hitam dapat membuat Anda merasa lebih terjaga. Makanan ringan tinggi lemak atau tinggi gula juga dapat memberi energi Anda tepat ketika Anda ingin mencoba untuk istirahat. Anda akan mendapatkan penderitaan ganda jika Anda juga menderita mulas

Sebuah survei terhadap 1.000 orang yang diterbitkan dalam American Journal of Gastroenterology menyatakan dari orang-orang yang mengalami mulas setidaknya sekali seminggu, 63 persen dari mereka mengatakan itu berdampak negatif terhadap tidur mereka. dan 40 persen melaporkan bahwa itu merusak konsentrasi mereka pada hari berikutnya.

4 of 5

Dampak Buruk Makan Tengah Malam

4 Manfaat Minuman Bersoda Bagi Tubuh yang Jarang Orang Tahu
Ilustrasi makan junk food. (foto: shutterstock)

5. Mendorong emosional untuk terus makan

Sebagian besar dari orang yang makan tengah malam tidak memilih stik wortel atau keju. "Kita cenderung menginginkan lebih banyak permen di malam hari, terutama jika kita mengalami hari yang sulit," kata Taub-Dix. "Ini seperti pelukan dari piringmu." Sering kali makan larut dilakukan karena emosi atau kebiasaan, tambahnya.

Jika Anda selalu menikmati makanan penutup setelah makan malam, Anda mungkin ingin terus menikmati sepotong kue atau semangkuk es krim, dan itu akan membuat akhir kalori Anda menjadi tidak sehat dan berkalori tinggi. Jika Anda perlu sesuatu untuk membuat Anda tenang, cari opsi yang lebih sehat, seperti semangkuk sereal dingin dengan susu almond tanpa pemanis.

6. Menggandakan kalori dalam tubuh dan menambah berat badan

Jika Anda menambahkan beberapa minuman untuk melengkapi makan tengah malam Anda, godaan untuk makan berlebih jauh lebih sulit untuk ditolak. Dengan begitu makan tengah malam hanya akan menumpuk kalori yang tak semestinya Anda kumpulkan di tubuh.

Penambahan atau penurunan berat badan bergantung pada jumlah total kalori yang Anda konsumsi dalam sehari. Semakin besar jumlah kalori yang masuk tiap harinya, berat badan juga akan turut bertambah.

Saat Anda streaming Netflix di sofa, Anda akan dengan mudah untuk melahap sekantong keripik atau selongsong cookie tanpa terlalu banyak berpikir. Jika Anda membutuhkan camilan saat menonton serial favorit Anda, buatlah pilihan yang sehat seperti irisan apel dan selai kacang atau yogurt dan buah.

5 of 5

Dampak Buruk Makan Tengah Malam

Kesehatan Gigi dan Mulut (Y-Photo-Studio-By-Rido/Shutterstock)
Menilik Manfaat Puasa untuk Rido/Shutterstock)

7. Merusak kesehatan mulut

Camilan larut malam setelah Anda selesai mengurus kebersihan mulut dapat merusak semua upaya baik Anda dalam menjaga kesehatan mulut. Dan jika Anda makan sesuatu yang lengket, baik itu buah kering atau permen karet, itu dapat merusak gigi Anda.

American Dental Association memperingatkan jenis makanan manis dan lengkat ini cenderung bertahan lebih lama di mulut dan gigi dan menimbulkan pertumbuhan bakteri didalam mulut. Jika Anda memiliki segenggam cranberry kering atau kismis sebelum tidur, sikat gigi dan gunakan benang gigi dengan hati-hati dan bilas mulut Anda dengan air.

8. Merusak jam alami tubuh

Semua orang memiliki jam internal yang menentukan kapan sesorang melakukan hal-hal tertentu seperti tidur dan bangun. Fase alami ini disebut ritme sirkadian, dan ketika Anda memaksa tubuh Anda untuk mencerna makanan di tengah malam ketika jadwal internalnya menunjukkan sudah waktunya untuk istirahat, Anda mengganggu proses alami tubuh Anda.

Pada malam hari ketika mulai gelap, tubuh Anda melepaskan hormon melatonin untuk mendorong tidur. Para ilmuwan berspekulasi bahwa ketika Anda makan setelah melatonin ini dilepaskan, itu bisa membingungkan bagi tubuh Anda, dan dapat mendorong kenaikan berat badan.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by