4 Penyedap Alami Pengganti Micin Saat Masak, Lebih Sehat dan Lezat

Oleh Husnul Abdi pada 24 Apr 2019, 11:30 WIB
Penyedap Alami Pengganti Micin Saat Masak

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang mengaku tidak puas dengan rasa masakan bila tidak menambahkan dengan micin atau MSG. Micin adalah bahan penyedap yang berbentuk garam terdiri dari sodium/natrium dan glutamat yang mampu menguatkan cita rasa makanan.

Tetapi penyedap ini sudah diketahui bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan. Bila terus memakai micin saat memasak juga mengakibatkan dampak kesehatan dalam jangka panjang. Oleh karena itulah kamu harus mengontrol penggunaan micin saat memasak.

Untuk menyedapkan makanan, sebenarnya kamu bisa menggunakan penyedap alami. Penyedap alami pengganti micin ini bisa kamu temukan dimana-mana. Bahkan beberapa rempah saat memasak pun bisa dijadikan penyedap alami menggantikan micin.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/4/2019) ragam penyedap alami pengganti micin yang bisa kamu gunakan agar masakanmu semakin lezat.

2 of 5

1. Rempah-rempah.

Ilustrasi rempah-rempah
Ilustrasi rempah-rempah. Sumber foto: pexels.com/Marta Branco.

Indonesia sudah sejak zaman dahulu kala terkenal dengan rempah-rempahnya yang beragam. Mulai dari bawang putih, bawang merah, merica. lada, kunyit, ketumbar, dan masih banyak lagi. Semua rempah-rempah ini tinggal diracik sedemikian rupa untuk menjadi pengganti micin. Bahkan rempah-rempah ini tak kalah dalam membuat masakan jadi lezat dibandingkan dengan micin.

Namun, kamu harus memperhatikan lagi bila rempah-rempah yang kamu pakai adalah rempah-rempah kemasan. Kamu wajib memeriksa label bahan-bahan yang digunakan, jangan sampai memilih rempah-rempah yang ternyata sudah ditambahkan micin juga di dalamnya.

Diantara rempah-rempah tersebut yang paling sering dipakai adalah bawang putih. Kamu bisa langsung menambahkan bawang putih segar ke dalam masakan, atau bisa juga menambahkan bawang putih bubuk.

Bawang, baik itu bawang putih maupun bawang bombay dapat memberikan aroma sedap dan gurih yang dibutuhkan saat memasak. Bahkan pemakaian bawang tidak akan bisa dikalahkan oleh penyedap buatan seperti micin. Kamu bisa menambahkan lebih banyak bawang untuk memperkuat rasa masakan.

3 of 5

2. Kaldu.

kaldu
kaldu/copyight: shutterstock

Kaldu merupakan salah satu penyedap alami pengganti micin yang tak kalah efektif dari rempah-rempah. Kaldu ayam. Kaldu ayam, daging, udang maupun kaldu yang dibuat dari sayuran sangat ampuh jadi penyedap rasa alami yang mampu menguatkan rasa dan membawa rasa gurih yang spesial

Kamu bisa membuat kaldu dengan cara merebus daging ayam, sapi, udang dan bahan bahan lainnya. Saat proses perebusan, biasanya akan muncul buih-buih putih yang terapung diatas air. Kalau buih-buih itu muncul, buang buih hingga bersih agar kaldu yang dihasilkan tetap bening nantinya. Setelah masak, saring kaldu dengan kain tipis dan simpan di dalam wadah tertutup di dalam freezer. Jadi saat kamu membutuhkannya bisa langsung menambahkan kaldu pada masakan.

4 of 5

3. Udang atau Ebi.

Udang Ebi
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Makanan laut merupakan vetsin alami yang bisa menghasilkan rasa gurih dan nikmat seperti micin. Hal itulah yang terdapat pada udang atau ebi yang memiliki rasa gurih dan dapat secara langsung membuat makanan lebih enak dan sedap.

Dengan menghaluskan udang, yang biasanya dipakai adalah udang rebon, kamu bisa merasakan aroma sedap yang bisa menggantikan micin. Udang atau ebi biasanya dijadikan bahan utama pada terasi yang juga merupakan penyedap makanan alami.

5 of 5

4. Garam Laut dan Gula Pasir.

Garam Laut
Garam laut yang paling umum dimanfaatkan untuk bumbu masak(AFP Photo/Dominique Faget)

Garam laut dan gula pasir juga bisa dijadikan alternatif sebagai penyedap alami pengganti micin. Garam laut memiliki kalium alami karena diproses melalui penguapan air laut, tidak memiliki campuran seperti pada garam meja. Hal ini membuat garam laut memberikan rasa yang lebih lembut dari pada garam meja.

Selain itu, gula yang identik sebagai bahan pemanis untuk minuman ternyata juga bisa menjadi alternatif penyedap alami pada masakan. Dengan sedikt gula ditambahkan pada masakan, perpaduannya dengan garam nantinya akan menghasilkan rasa gurih yang pas di lidah. Tetapi jangan menambahkan gula berlebihan pada masakan kamu, bisa jadi masakanmu malah terlalu kemanisan.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by