Sukses

Ini Batas Waktu Daging Dapat Disimpan di Kulkas, Perhatikan Agar Tak Keracunan

Daging hanya aman disimpan di lemari es untuk jangka waktu tertentu

Liputan6.com, Jakarta Daging merupakan salah satu bahan makanan kaya nutrisi yang menyehatkan. Daging dapat berupa daging sapi, kambing, ayam, ikan, babi, dan lain sebagainya. Terkadang Anda harus menyimpan daging di kulkas untuk diolah di kemudian hari. 

Daging hanya aman disimpan di lemari es untuk jangka waktu tertentu, setelah itu Anda harus membuangnya. Mungkin beberapa daging memiliki harga yang mahal, tetapi mengonsumsi daging yang tak layak lagi untuk dimakan dapat menyebabkan penyakit. Daging yang busuk mungkin memiliki tampilan atau bau yang aneh, meskipun beberapa ada yang tampak normal.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di AS, setiap tahun, 48 juta orang jatuh sakit karena keracunan makanan, baik di restoran atau di rumah mereka sendiri. Salah satu pemicu dari keracunan ini adalah penyimpanan daging dalam kulkas yang sudah terlalu lama.

Nah, untuk mengetahui panduan menyimpan daging di kulkas yang baik dan benar, berikut ulasanya dilansir Liputan6.com dari Healthline Selasa (23/4/2019):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Daging sapi

Penyimpanan di freezer

Untuk sebagian besar potongan daging sapi yang belum dimasak, Anda dapat membekukannya didalam freezer selama beberapa bulan tanpa mengurangi kualitas daging.

Menurut Food and Drug Administration atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), Anda dapat menyimpan potongan, seperti daging panggang, beku selama 4 hingga 12 bulan dan steak selama 6 hingga 12 bulan. Daging sapi giling harus dibekukan tidak lebih dari tiga hingga empat bulan.

Setelah matang, Anda juga bisa membekukan sisa-sisa daging yang aman itu. Tetapi FDA merekomendasikan Anda menyimpannya dalam keadaan beku hanya sekitar dua hingga tiga bulan. Sekali lagi, ini murni masalah kualitas. Daging dapat disimpan lebih lama di dalam freezer dibandingkan dengan panduan ini. Tetapi pada titik itu, Anda mungkin mulai mengorbankan kualitas.

Penyimpanan di kulkas tanpa freezer

Sementara jika disimpan dalam kulkas tanpa freezer, sebagian besar daging mentah, terlepas dari potongannya, dapat disimpan di lemari es selama tiga hingga lima hari.

Tapi pasti ada pengecualian, Daging giling dan jeroan seperti hati dan ginjal hanya boleh disimpan di lemari es selama satu atau dua hari. Sisa makanan yang mengandung daging yang sudah dimasak harus disimpan tidak lebih dari tiga hingga empat hari sebelum dibuang.

3 dari 5 halaman

Unggas

Penyimpanan di freezer

Jika Anda ingin membekukan seluruh ayam atau kalkun dalam freezer, kabar baiknya adalah unggas beku dapat bertahan hingga satu tahun tanpa mengorbankan banyak kualitas.

FDA mengatakan bagian-bagian ayam seperti paha, dada, atau sayap bisa bertahan hingga sembilan bulan, tetapi jeroan ayam itik harus disimpan tidak lebih dari tiga hingga empat bulan. Ayam giling mungkin harus disimpan tidak lebih dari tiga hingga empat bulan juga.

Penyimpanan di kulkas tanpa freezer

Unggas mentah, baik utuh maupun yang sudah terpotong menjadi bagian-bagian seperti dada atau paha, atau jeroan ayam, hanya dapat disimpan selama satu atau dua hari di lemari es. Tapi, setelah matang, Anda mendapatkan sedikit ekstensi. FDA mengatakan Anda dapat menyimpan unggas yang sudah dimasak di lemari es selama tiga hingga empat hari.

4 dari 5 halaman

Makanan laut

Penyimpanan di freezer

Rekomendasi untuk makanan laut beku sedikit lebih rumit. Ikan tanpa lemak seperti ikan lele atau ikan cod dapat dibekukan selama enam hingga delapan bulan. Ikan berlemak seperti salmon harus dibekukan hanya selama dua hingga tiga bulan.

Makanan laut bercangkang seperti udang dan kerang dapat dibekukan selama tiga hingga enam bulan. Ikan yang dimasak harus dibekukan selama tidak lebih dari empat hingga enam bulan. Dan ikan asap hanya boleh disimpan beku selama dua bulan sebelum mengorbankan rasa.

Penyimpanan di kulkas tanpa freezer

Ikan tanpa lemak dan berlemak dan kerang hanya bisa didinginkan selama satu hingga dua hari sebelum harus benar-benar dibuang. Anda dapat menyimpan sisa ikan yang dimasak selama tiga hingga empat hari.

Ikan asap, di sisi lain, dapat disimpan lebih lama. Anda dapat mendinginkannya dengan aman selama 14 hari. Setelah dibuka, ikan kaleng seperti tuna dapat didinginkan dengan aman selama tiga hingga empat hari.

5 dari 5 halaman

Suhu yang tepat menyimpan makanan di kulkas

Penyimpanan di freezer

Menurut pedoman United States Department of Agriculture atau Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) tentang pembekuan dan keamanan makanan, membekukan makanan hingga 0 ° F (-18 ° C) mampu menonaktifkan mikroba seperti bakteri, ragi, dan jamur serta memperlambat aktivitas enzim yang dapat menyebabkan makanan buruk.

Penyimpanan di kulkas tanpa freezer

Ketika beralih untuk berpikir tentang menyimpan makanan di lemari es tanpa freezer, tidak seperti freezer, keamanan dan juga rasa menjadi perhatian. Kulkas yang diatur pada suhu 40 ° F (4 ° C) memang memperlambat pertumbuhan bakteri berbahaya. Tetapi karena tidak sedingin freezer, Anda perlu memperhatikan batas waktu penyimpanan yang ditetapkan oleh FDA dan karus segera menyingkirkan makanan yang telah disimpan terlalu lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.