6 Fitur Tersembunyi Facebook Ini Sangat Menguntungkan, Belum Banyak yang Tahu

Oleh Nisa Mutia Sari pada 20 Apr 2019, 14:50 WIB
Fitur Tersembunyi Facebook

Liputan6.com, Jakarta Facebook, semenjak kehadirannya pada tahun 2004 lalu masih mampu mempertahankan posisinya sebagai media sosial yang paling banyak digunakan hingga kini. Tentunya, hal ini tidak terlepas dari berbagai inovasi yang terus dikembangkan oleh Facebook. Berawal dari foto dan teks, kini pengguna Facebook sudah bisa berbagi video, GIF, hingga konten 360 derajat.

Ya, hingga kini Facebook masih saja meningkatkan berbagai macam fiturnya. Hal ini berguna untuk meningkatkan jumlah pengguna dan mempertahankan pengguna agar tetap selalu menjadikan Facebook sebagai platform media sosial yang mumpuni. Nah, semakin banyaknya fitur yang dihadirkan oleh Facebook, tak jarang beberapa pengguna luput dalam memanfaatkannya.

Barangkali kamu selama ini masih saja berkutat menggunakan Facebook hanya sebatas berkirim foto, video, dan teks standar saja. Padahal masih banyak fitur dari Facebook yang sangat bermanfaat yang tentunya akan membuat pengalaman kamu menggunakan Facebook menjadi semakin seru.

Penasaran fitur menarik apa aja yang ada di Facebook? Berikut Liputan6.com, Sabtu (20/4/2019) rangkum dari berbagai sumber,  fitur Facebook yang belum banyak diketahui padahal memberikan manfaat yang sangat menguntungkan.

2 of 5

Sunting Postingan atau Komentar

Fitur Tersembunyi Facebook
Tombol Like di Facebook / Sumber: iStockphoto.com

Hal yang paling standar saat menggunakan Facebook adalah memposting status berupa teks. Selain itu, kamu juga bisa meninggalkan komentar di setiap postingan. Nah, kalau dulu kamu hanya sebatas mengunggah sebuah konten atau menulis komentar saja. Namun kini, kamu sudah bisa menyuntingnya. Jadi, jika ada kesalahan kamu cukup mengeditnya saja.

Sudah tersedia pilihan ‘edit post’ yang memudahkan penyuntingan. Ketika melihat komentar atau postingan, kamu cukup tekan ikon pensil yang terdapat di sisi kanan, lalu pilih ‘edit’ yang berbarengan dengan opsi ‘reply’, ‘copy’, dan ‘delete’.

3 of 5

Bisa Menyimpan Semua Data yang Ada di Facebook

Fitur Tersembunyi Facebook
Tampilan chat pada Facebook / Sumber: iStockphoto.com

Bertahun-tahun Facebook telah dijadikan wadah bagi penggunanya untuk membagikan berbagai hal. Namun ada masa dimana kamu ingin meninggalkan Facebook atu ingin berhenti menggunakannya. Karena sudah banyaknya postingan yang kamu unggah di sana, membuat kamu merasa tak tega meninggalkan kenangan-kenangan zaman dahulu.

Namun kamu tak perlu khawatir lagi. Sekarang kamu sudah bisa mengunduh semua file yang pernah kamu unggah di Facebook sebelum menghilangkannya secara permanen. Cara untuk menonaktifkan akun lewat ‘settings’, dan ‘general’, pilih opsi ‘download a copy’ di sisi bawah, Setelah itu Facebook akan mengunduh semua data dalam waktu tertentu, tergantung besarnya dokumen tersebut.

4 of 5

Bisa Ketahui Dimana Kamu Telah Login dan Logout Akun

Fitur Tersembunyi Facebook
Login pada Facebook / Sumber: iStockphoto.com

Bisa Ketahui Dimana Kamu Telah Login dan Logout Akun

Akun media sosial yang kamu miliki pasti pernah digunakan oleh pihak lain tanpa sepengetahuan kamu. Untuk melakukan cek, kamu bisa melakukan pengaturannya di ‘settings’, lalu pilih ‘account settings’, dan ‘security’ hingga menemukan pilihan ‘where you’re logged in’.

Di sini akan muncul beberapa lokasi yang teridentifikasi sebagai tempat kamu pernah masuk kea kun Facebook.

Bisa Unfollow Teman Tanpa Menghapusnya Sebagai Teman

Nah, fitur ini pasti sangat kamu butuhkan jika merasa tidak suka dengan beberapa konten tertentu yang sudah terlanjur kamu tambahkan sebagai teman. Di sini kamu bisa unfollow, maka teman kamu tersebut tidak akan sadar kalau kamu sudah tak mengikuti postingannya lagi. Kamu akan tetap tercatat sebagai temannya di Facebook.

Caranya, kamu hanya perlu tekan tombolng 'following' pada profil teman di aplikasi mobile, lalu tekan ‘unfollow’. Kemudian di desktop, cukup tekan tanda panah ke bawah ketika kamu mendapati postingan teman, lalu pilih ‘unfollow’.

5 of 5

Bisa Non-aktifkan Autoplaying

Fitur Tersembunyi Facebook
Aplikasi Facebook / Sumber: iStockphoto.com

Bisa Non-aktifkan Autoplaying

Opsi ini sangat bermanfaat sekali bagi kamu yang ingin tetap main Facebook, namun bisa menghemat kuota internet. Sebab, pada tampilan halaman awal atau timeline akan memutar video secara otomatis. Tentunya hal ini membuat paket data internet kamu akan lebih cepat habis. Nah, sekarang kamu bisa mematikan pemutaran video otomatis ini dengan memilih ‘settings’, lalu pilih opsi ‘videos and photos’.

Nah, di sini terdapat beberapa pilihan seperti autoplay dengan data seluler dan Wi-Fi, autoplay dengan koneksi Wi-Fi saja, atau benar-benar mematikan opsi autoplay di berbagai koneksi.

Bisa Jadikan Foto Profil Menjadi GIF

Kalau kamu bosan menggunakan foto profil yang gitu-gitu saja, kamu bisa mengubahnya menjadi lebih dinamis dengan format animasi GIF. Cara mengubahnya cukup mudah. Pada aplikasi Facebook di smartphone, kamu cukup menekan menu ‘take a new profile’ video pada halaman untuk mengubah foto profil.

Nah, di sini Facebook akan menampilkan antarmuka kamera di mana kamu bisa mengambil gambar dan mengubah fotonya menjadi format animasi GIF.

Lanjutkan Membaca ↓