Sukses

6 Kenangan Netizen Saat Pakai BBM Ini Bikin Nostalgia

Ada masanya chat di BBM sangat seru dan menghibur.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu apliksai chat yang digemari anak zaman dahulu ialah Blackberry Messanger atau yang sering disingkat BBM. Awal mula BBM ini hanya bisa dinikmati di smartphone Blackberry saja. Namun seiring berjalannya waktu, BBM juga mulai ada di Android dan perangkat lainnya.

Perkembangan pesat android yang mulai banyak applikasi chat, membuat BBM memiliki banyak kompetitor. Meski sudah banyak fitur canggih di BBM, tapi tetap saja kompetitor apps chat juga jauh lebih berkembang.

Melalui pesan resmi BBM menyebutkan bahwa pada tanggal 31 Mei 2019, layanan BBM sudah tidak bisa digunakan lagi. Padahal BBM sudah banyak mewarnai chat zaman dahulu dengan banyak fitur canggih di dalamnya.

Berikut ini Liputan6.com, Jumat (19/4/2019) rangkum 6 kenangan yang ada di BBM ala netizen di media sosial Twitter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. PING!

Kerinduan anak zaman dahulu terhadap BBM ialah adanya fitur PING!. Seperti diketahui PING! ini difungsikan untuk follow up lawan chat apabila lama membalas. Bahkan sampai sekarang entah memakai apps chat apa, masih dipakai secara manual tulisan PING! untuk follow up lawan chat.

3 dari 7 halaman

2. Emoji

BBM memang sangat seru pada zamannya. Chat seakan-akan begitu hidup ketika memakai BBM dulu. Salah satu fitur yang tidak bakal terlupakan anak zaman dahulu ialah fitur emoji di BBM. Dengan adanya emoji, chat menjadi lebih menarik.

4 dari 7 halaman

3. Menawarkan diri lewat status

Pengguna BBM zaman dahulu memang banyak sekali tingkahnya. Salah satu uniknya BBM ialah dengan bisa update status yang bisa dilihat oleh circle pertemanan kamu di BBM. Dan yang membuat rindu ialah menawarkan diri seperti gambar di atas. Dengan pedenya netizen di atas menulis di status BBM 'Berani PING! kita jadian'. Ya mungkin saja ada yang mau jadian sama dia, siapa tahu.

5 dari 7 halaman

4. Broadcast Pesan

Salah satu fitur canggih yang akan membuat rindu akan BBM ialah fitur broadcast. Fitur broadcast ini dulunya sangat penting digunakan untuk share ke semua circle pertemanan BBM untuk menginfokan sesuatu. Biasanya yang paling populer ialah pesan broadcast PIN BBM teman hingga broadcast sesuatu yang memuat informasi seperti ucapan hari raya.

6 dari 7 halaman

5. Tanda R

Banyak sekali yang dilema dengan adanya fitur huruf R, D, dan gambar jam. R artinya read, D artinya delivery dan gambar jam artinya pending. Dengan adanya fitur ini, akan banyak yang membuat galau semisal pesan kamu hanya di R saja. Bahkan hanya gara-gara tanda R, D dan gambar jam akan membuat pengguna BBM bisa emosi dengan lawan chatnya.

7 dari 7 halaman

6. Twitter For Blackberry

Dulu memakai Blackberry sangatlah membanggakan. Hal itu juga menular pada Twitter. Apabila saat update cuitan, ada tanda Twitter For Blackberry, maka kebanggaan itu akan muncul. Seolah-olah kamu sudah memakai teknologi terkini dengan adanya status seperti itu.

Itulah 6 hal kenangan tentang apps chat BBM. Hal mana yang membuat kamu rindu BBM?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini