Inspiratif, Rumah Sakit Ini Izinkan Pasien Anak ‘Setir Mobil’ ke Ruang Operasi

Oleh Yunisda Dwi Saputri pada 19 Apr 2019, 07:28 WIB
Rumah sakit izinkan pasien anak ‘setir mobil’ ke ruang operasi

Liputan6.com, Jakarta Bagi beberapa orang, rumah sakit identik dengan tempat yang menyeramkan. Khususnya bagi anak-anak yang belum bisa berpikir logis. Di rumah sakit, berbagai tindakan dilakukan untuk mengobati mereka yang sakit, misalnya operasi. 

Prosedur operasi seringkali menjadi hal yang sangat menegangkan. Bahkan tak menutup kemungkinan anak-anak pun akan mengalami pengalaman ini. Untungnya, pasien anak-anak kini tak lagi harus ketakutan ketika harus memasuki ruangan operasi.

Pasalnya, sebuah rumah sakit di California, Amerika Serikat menciptakan terobosan baru. Dilansir Liputan6.com dari CBS News, Kamis (18/4/2019), Rumah Sakit The Doctors Medical Center di California, Amerika Serikat menyediakan mobil mainan untuk pasien anak-anak yang hendak menjalani operasi.

2 of 3

Berharap bisa mengurangi rasa stres, cemas, dan takut

Rumah sakit izinkan pasien anak ‘setir mobil’ ke ruang operasi
Rumah sakit izinkan pasien anak ‘setir mobil’ ke ruang operasi (Sumber: Facebook/Doctors Medical Center)

Ide kreatif ini datang ketika pihak rumah sakit mencari cara mengatasi rasa takut pasien anak ketika akan dioperasi. Seorang suster bernama Kimberly Martinez lah yang menjadi cikal bakal viralnya rumah sakit tempat ia bekerja.

Alhasil, Rumah Sakit The Doctors Medical Center terpikirkan untuk mengganti kasur rumah sakit menjadi mobil mainan sebagai media untuk mengantar pasien menuju ruang operasi. Pihak rumah sakit menyediakan dua mobil mainan yang bisa dinaiki anak-anak.

Yaitu mobil Mercedes warna hitam dan Volkswagen Beetle warna pink. Mobil pertama dibeli secara pribadi oleh pihak rumah sakit. Sementara itu, mobil kedua adalah hasil donasi dari seorang karyawan dan keluarganya.

Wanita yang tidak diketahui identitasnya itu berharap mobil mainannya bisa mengurangi rasa stres, cemas, dan takut yang anak-anak alami.

3 of 3

Persis seperti mobil sesungguhnya lengkap dengan sabuk pengaman

VW Beetle for Pediatric Surgical Patients

With a little passenger in tow, Caroline takes our new pink Beetle for a spin! Doctors Medical Center now has two little cars available for our young surgical patients to ride into the operating room. We can see the stress and anxiety melt away when they hop in the car ❤

Posted by Doctors Medical Center on Saturday, 23 March 2019

“Ketika anak-anak tahu mereka bisa masuk ke ruang operasi mengendarai mobil keren, mereka tampak sumringah dan dalam beberapa kejadian, rasa takut mereka hilang seketika,” ungkap Kimberly.

Kimberly mengimbuhkan, “Selain itu, orangtua juga terlihat lebih tenang ketika mereka melihat anaknya tampak tenang. Pasien muda mungkin merasa trauma ketika mereka harus dijauhkan dari orangtua saat menuju ruang operasi,”

Kendaraan mungil ini diperuntukkan untuk anak usia 2 hingga 7 tahun. Mereka juga bisa memilih musik apa yang ingin diputar dalam mobil. Tak hanya itu, dua mobil mainan tersebut juga dilengkapi lampu depan, lampu belakang, dan tak lupa lampu dashboard.

Pasien anak-anak dapat mengoperasikan sendiri dan juga melalui remot kontrol. Mobil penolong itu juga sangat aman dengan dua pintu di setiap sisi, sabuk pengaman, serta tombol klakson.

Lanjutkan Membaca ↓