Profil Artur Revorkyan, Rekrutan Anyar Persib Bandung dan Pemain Terbaik AFC Cup 2011

Oleh Heri Setiawan pada 18 Apr 2019, 21:10 WIB
Diperbarui 18 Apr 2019, 21:18 WIB
Artur Gevorkyan

Liputan6.com, Jakarta Artur Gevorkyan resmi jadi pemain Persib Bandung. Penyerang asal Turkmenistan itu dikontrak satu musim untuk membela panji-panji Tim Maung Bandung.

Artur Gevorkyan dan bek kawakan Achmad Jufriyanto resmi berseragam Persib Bandung. Keduanya langsung diperkenalkan manajemen klub di pada hari Kamis (18/4/2019).

Pria kelahiran Asgabat, Turkmnistan, 22 November 1984 ini diperkenalkan kepada media dan bobotoh di 1933 Dapur dan Kopi, Bandung. Gevorkyan pun bersemangat memulai petualangan pertamanya di sepak bola Indonesia.

Menurut Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Kuswara S. Taryono, kehadiran Artur dan Jupe bakal menjadi rekrutan terakhir bagi tim berjulukan Maung Bandung itu untuk menghadapi Piala Indonesia dan Liga 1 2019.

Artur akan menggunakan nomor punggung 71 di Persib, sedangkan Jupe kembali memakai nomor punggung 16. Angka 16 selalu dikenakan Jupe saat masih berseragam Persib musim 2017-2018.

Berikut Liputan6.com rangkum Profil Artur Revorkyanre rekrutan anyar Persib Bandung dan pemain terbaik AFC Cup tahun 2011, Kamis (18/4/2019).

2 dari 4 halaman

Mantan pemain terbaik AFC Cup tahun 2011

Artur Gevorkyan merupakan pemain yang bisa menempati posisi winger ataupun penyerang di depan gawang. Gelandang berusia 34 tahun ini memulai karirnya di klub papan atas Turkemninstan, Nisa AƟgabat.

Uniknya, Bojan Malisic yang saat ini juga membela Persib Bandung merupakan teman dekat artur dan pernah bermain untuk tim papan atas Uzbekistan, Nasaf Qarshi FC. Pada tahun 2011 lalu mereka berdua berhasil membawa gelar juara bagi Nasaf Qarshi ke final Piala AFC 2011.

Pada saat itu Artur Gevorkyan berhasil meraih kemenangan setelah mengalahkan tim asal Kuwait, Al-Kuwait dengan skor 2-1. Hebatnya klub Nasaf Qarshi yang mereka bela meraih 3 penghargaan yaitu tim dengan predikat Fair Play, Top Scorer dan pemain perbaik yang diraih oleh Artur Gevorkyan rekrutan anyar Persib Bandung.

3 dari 4 halaman

Pernah bermain di Timnas Futsal

Artur Gevorkyan sebelumnya bermain di Qizilqum Zarafshan, salah satu klub di Superliga Uzbekistan sampai. Sebelumnya, dia juga pernah membela klub Loko Tashkent. Bersama Qizilqum Zarahshan, Artur telah mencetak 9 gol dari 48 kali penampilannya sejak pertama membela klub tersebut tahun 2017 sampai 2019.

Bermain baik di liga Uzbekistan membuat nama Arthur Geborykan mulai dilirik Tim Nasional, namun justru bukan Timnas Sepakbola, melainkan timnas Futsal Turkmeninstan, Artur menjadi bagian Timnas Futsal Turkmeninstan di Piala Asia 2006, dan mencatatkan empat gol.

Selain berposisi sebagai gelandang serang, Artur Gevorkyan juga dapat di pasang pada posisi sayap dan striker. Kehadiran Artur diharapkan dapat menjadi tandem bagi Ezechiel N'Douassel di lini depan Persib.

4 dari 4 halaman

Pertama kali merumput di Indonesia

Pemain anyar Persib Bandung Artur Gevorkyan baru pertama kali merumput di Indonesia. Saat diperkenalkan manajemen klub, Artur ditanyai seputar target golnya bersama Maung Bandung yang akan tampil di Liga 1 2019.

Menurut pemain asal Turkmenistan, gol bukan tujuan utamanya memperkuat Persib. Namun pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini ingin fokus memberikan prestasi untuk Maung Bandung.

Alih-alih prestasi pribadi, pemain berusia 34 ini berharap kariernya di Indonesia berhalan mulus. Ia juga berjanji untuk memberikan kemampuan terbaiknya selama berkostum Pangeran Biru.

"Saya ini pertama kali main di Indonesia, saya ingin membawa prestasi untuk Persib dan memberikan kemampuan terbaik saya untuk Persib," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓