Sukses

Fitur Google Maps Ini Bisa Bantu Lacak Lokasi dan Tahu Kapan Kamu Tiba

Fitur ETA dari Google Maps ini bisa bantu ketahui keberadaan orang.

Liputan6.com, Jakarta Google Maps merupakan salah satu layanan web yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini memberikan citra satelit, peta, panorama 360 derajat, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian baik dengan berjalan kaki, mobil, sepeda, atau angkutan umum.

Tak mau kalah dengan situs layanan sejenis, Google Maps terus melakukan pengembangan. Hal ini dilakukan Google Maps guna untuk menarik minat orang-orang untuk menggunakan Google Maps.

Untuk menarik dan mempertahankan penggunanya, Google Maps selalu mengembangkan fitur terbaru. Salah satu fitur terbarunya, yang sudah muncul beberapa bulan lalu ini adalah fitur ETA. Fitur terbarunya ini merupakan singkatan dari Estimates Time of Arrival (ETA). Awalnya fitur ini hanya bisa digunakan untuk para pengguna perangkat Android saja. Namun kini, fitur ETA sudah bisa digunakan pada perangkat iOS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur ETA dari Google Maps

Fitur ETA ini memungkinkan pengguna untuk membagikan rute perjalanan kepada pihak lain yang ingin kamu tuju. Teman, saudara, pasangan, atau kerabat lainnya dapat mengetahui waktu kedatangan kamu ke lokasi tujuan. Jadi saat kamu mengatakan sudah berada dalam perjalanan, orang lain bisa meminta rute perjalanan kamu dengan menggunakan fitur ETA ini.

Jadi, kamu tidak bisa berbohong, karena fitur ini sangat akurat dalam memberikan titik koordinat di mana kamu sedang berada.

3 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Fitur ETA

Nah, untuk menggunakan fitur ETA ini, kamu hanya perlu menekan ikon “^”. Kemudian pilih “Share trip progress”. Setelahnya kamu bisa membagikan rute kamu dengan kontak yang kamu inginkan atau orang lain yang meminta posisi kamu saat itu.

Fitur ETA ini dapat digunakan saat dalam keadaan berkendara, berjalan, maupun bersepeda. Untuk mendapatkannya, pastikan kamu sudah menggunakan Google Maps versi yang terbaru. Menariknya lagi, kamu juga bisa membagikan rute perjalanan menggunakan fitur ETA ini ke berbagai aplikasi pihak ketiga lainnya seperti Facebook Messenger, Line, dan WhatsApp.

Jadi, buat kamu yang suka penasaran atau merasa khawatir dengan posisi teman, pasangan, atau keluarga kamu, kamu bisa mencoba fitur baru dari Google Maps ini. Dengan adanya fitur ini, kamu tidak perlu cemas lagi menunggu tibanya seseorang yang ditunggu-tunggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.