Sukses

7 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan, Bisa Lawan Penuaan Dini

Ada beberapa manfaat buah anggur untuk kesehatan tubuh manusia.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah anggur bagi kesehatan tubuh manusia masih belum banyak yang mengetahui. Memang, eksistensi dari buah anggur ini sudah tidak diragukan lagi.

Sudah banyak orang yang mengenal buah ini. Namun untuk manfaatnya, masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat buah anggur ini.

Siapa sangka, buah dengan ukuran kecil ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Banyaknya manfaat yang dihasilkan dari buah, diimbangi juga dengan rasa yang khas guna untuk menggugah selera penikmatnya.

Manfaat buah anggur bisa kamu dapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Beberapa manfaatnya yang bakal kamu dapatkan adalah dapat memperkuat sistem imun tubuh dan meningkatkan aktivitas gen tubuh yang bertugas membunuh bakteri.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat buah anggur yang ternyata baik untuk kesehatan tubuhmu. Mau tau apa saja manfaat buah anggur ini? Kali ini Liputan6.com telah mengulas beberapa manfaat buah anggur yang perlu kamu ketahui, Kamis (18/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kandungan Gizi pada Buah Anggur

Buah anggur memiliki kandungan zat gizi yang baik untuk tubuh, Setiap varietas anggur, memiliki nilai gizinya masing-masing. Namun secara umum, kandungan nutrisi anggur terdiri dari 70 persen air dan 20 persen zat gula.

Hal inilah yang menjadikan buah anggur sangat baik untuk metabolisme tubuh. Selain itu, 10 persen kandungan gizi lainnya pada anggur berupa asam galat, glukosida, asam folat, mangan, zat besi, sejumlah vitamin, dan kalsium.

Selain itu, terdapat senyawa lainnya seperti polifenol dan resveratrol yang terkandung dalam anggur. Hal ini biasanya dikenal sebagai antioksidan. Nah, kandungan antioksidan pada anggur ini mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, untuk mencegah terbentuknya sel penyebab terjadinya kanker.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan air yang sangat tinggi pada buah anggur ini, memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan kulit. Beberapa penelitian mengatakan, bahwa buah anggur yang dikemas dengan senyawa fitonutrien ini ampuh dalam melindungi sel kulit dari efek radiasi sinar ultraviolet.

Melawan Penuaan Dini

Kandungan nutrisi serta vitamin yang sangat kaya pada buah anggur ini, ternyata sangat baik untuk kesehatan. Ternyata, buah ini bermanfaat untuk melawan penuaan dini, mempercantik kulit. Selain itu juga membantu melindunginya dari berbagai masalah seperti kulit kusam, kering, hingga pecah-pecah.

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

Mencegah dan Melawan Kanker

Pada buah anggur memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Menurut para ahli, kandungan ini sangat baik dalam mencegah dan melawan sel kanker dalam tubuh. Beberapa kanker yang bisa dicegah dengan mengonsumsi anggur secara rutin adalah kanker paru-paru esophagus, kanker mulur, kanker faring, kanker rahim, kanker usus besar, kanker pancreas, hingga kanker prostat.

Pada penelitian di National Cancer Institute menemukan bahwa ekstrak pada kulit anggur merah mengandung polifenol yang sangat ampuh untuk mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

Menyehatkan Jantung

Kandungan polifenol yang terdapat buah anggur ini juga sangat ampuh mencegah penyakit kardiovaskular, melawan radikal bebas, dan menunjang endotel. Nutrisi yang terdapat dalam buah anggur juga dipercaya bisa melindungi tubuh, khususnya jantung yang mengalami kerusakan akibat kolesterol jahat atau LDL.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Beberapa studi yang pernah dilakukan oleh para ahli juga menemukan, kalau buah-buahan seperti anggur ini juga kaya akan flavonoid. Kandungan ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tidak hanya untuk menurunkan, kandungan ini juga bermanfaat untuk mensatbilkan tekanan darah dalam tubuh dan memperlancar sistem peredaran darah.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

Membantu Menurunkan Berat Badan

Banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah anggur ini, terdapat sebuah senyawa antioksidan flavonoid yang selama ini diteliti mampu untuk menangani masalah berat badan. Jika kamu mengonsumsi satu cup atau sekitar 125 gram buah anggur, ini setara dengan 100 kalori. Sehingga buah anggur bisa menjadi camilan yang menyehatkan bagi kamu yang ingin memiliki berat bdadan yang ideal.

Mencerdaskan Otak

Pada penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa, anggur sebagai salah satu yang bisa membantu me-refresh pikiran. Vitamin dan rasa segar pada buah anggur bahkan bisa membuat otak semakin cerdas, kemampuan mengingat semakin baik, dan bikin bahagia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini