Sukses

Makanan Enak di Bandung, Minuman hingga Camilan Khas untuk Oleh-Oleh

Makanan enak di Bandung satu ini bisa kamu bawa untuk oleh-oleh.

Liputan6.com, Jakarta Makanan enak di Bandung ada banyak sekali yang wajib kamu cicipi saat di sana. Mulai dari makanan khas tradisional, hingga makanan modern yang cukup terkenal di kalangan milenial.

Selain makanan enak di Bandung, minuman enak di Bandung juga harus kamu cicipi. Ternyata di Bandung juga memiliki banyak wisata kuliner yang bisa memanjakan lidah.

Bandung adalah kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat dan sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Dengan sebutan Kota Kembang, Bandung memiliki banyak sekali keanekaragaman wisata termasuk wisata kuliner yang menghadirkan cita rasa khas Bandung pastinya.

Selain itu Bandung juga sering disebut dengan sebutan Paris Van Java karena keindahan kotanya. Tempat-tempat wisata di Bandung juga sudah cukup terkenal sehingga banyak wisatawan lokal hingga mancanegara berkunjung ke sini. Mereka tidak hanya melirik tempat wisatanya saja, namun juga memburu makanan enak di Bandung.

Berikut ini Liputan6.com akan memberikan beberapa informasi mengenai makanan enak di Bandung yang sudah cukup terkenal dan hits dari berbagai sumber, Kamis (18/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Seblak dan Nasi Timbel Khas Bandung

1. Seblak

Belum lengkap rasanya kalau ke Bandung tidak mencicipi makanan khas yang satu ini yaitu seblak. Seblak adalah makanan enak di Bandung yang juga khas terbuat dari kerupuk basah dengan campuran bumbu rempah dan sayuran serta tambahan-tambahan lainnya seperti mie, telur, ayam, bakso dan masih banyak lagi. Rasa khas dari seblak sendiri adalah cenderung gurih dan pedas.

Kamu bisa menemukan seblak di beberapa tempat di Bandung terutama di pusat kota. Harganyapun cukup murah mulai dari Rp 3.000 saja.

2. Nasi Timbel

Nasi timbel adalah makanan enak di Bandung yang juga memiliki cita rasa yang khas. Nasi timbel sering juga disebut sebagai nasi tersembunyi karena nasinya memang tersembunyi daun pisang.

Sudah bisa dibayangkan bagaimana aroma nasi yang dibungkus dengan daun pisang, pasti lebih harum dan lebih nikmat. Biasnaya nasi timbel disajikan dengan daging atau ikan, tahu, tempe serta sambal dan lalapan. Daging atau ikan sudah dimasak dengan bumbu dan rempah pilihan yang khas sehingga menjadikan nasi timbel adalah hidangan yang cocok untuk kulineran.

Untuk mendapatkan nasi timbel salah satunya kamu bisa datang ke nasi timbel Bawean yang merupakan spot legendaris yang sudah berdiri sejak 1985. Lokasinya berada di Jalan Bawean Pav. 3, Bandung, Merdeka, Sumur Bandung, Jawa Barat.

3 dari 4 halaman

Karedok dan Mie Kocok

3. Karedok

Karedok mungkin bisa kamu temui di luar Bandung, tapi tidak ada salahnya saat di Bandung kamu juga harus mencicipi makanan khas yang satu ini. Karedok adalah makanan enak di Bandung yang juga menyehatkan karena banyak dicampur dengan sayuran.

Beberapa bahan seperti sayuran mentah antara lain mentimun, tauge, kembang kol, kacang panjang, daun kemangi dan terong, dicampur menjadi satu dengan bumbu yang khas.

Rasa karedok pasti tidak akan pernah kamu lupakan. Kamu bisa menemukan karedok di berbagai tempat di wilayah Bandung. Harganya mulai dari Rp 10.000 saja.

4. Mie Kocok

Mie kocok adalah hidangan mie bercitarasa kaldu sapi khas kota Bandung, Jawa Barat. Hidangan ini terdiri dari mi kuning yang disajikan dalam kuah kaldu sapi kental, irisan kikil, taoge, bakso, jeruk nipis, dan ditaburi irisan seledri, daun bawang, hingga bawang goreng.

Beberapa mie kocok juga menambahkan macam-macam daging seperti daging ayam dan babat. Kenapa dikatakan mie kocok, karena proses pembuatannya yang di kocok-kocok di sebuah wadah logam berlubang kemudian memasukkannya kedalam air panas.

Kamu juga bisa menemukan makanan enak di Bandung ini di berbagai tempat di sana. Salah satunya di mie kocok Mang Dadeng di Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan Nomor 67, Turangga, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat.

4 dari 4 halaman

Camilan dan Minuman Enak di Bandung

Selain makanan enak di Bandung, ternyata ada juga camilan dan juga minuman enak di Bandung yang harus kamu cicipi saat berada di sana.

1. Es Goyobod

Es goyobod adalah minuman dingin yang terbuat dari santan dan mirip dengan es campur. Minuman ini dibuat dari es serut, santan, gula cair, dan sari pati kacang hijau yang dibekukan dan lebih sering dikenal dengan sebutan hunkwe. Selain itu biasanya es goyobod juga ditambahkan dengan alpukat dan kelapa yang diparut.

2. Wajit

Wajit adalah camilan khas bandung yang terbuat dari beras ketan, gula merah, dan juga kelapa yang dimasak menjadi satu. Wajit sangat terkenal menjadi camilan oleh-oleh khas Bandung. Wajit juga dibungkus dengan cangkang buah jagung atau kulit jagung sehingga menjadi lebih unik dan aromanya menjadi lebih khas.

3. Peuyeum

Siapa sih yang tidak tau oleh-oleh khas Bandung yang satu ini. Peuyeum merupakan tape singkong dengan kadar air yang jauh lebih sedikit, sehingga bisa membuatnya lebih awet ketika dibawa untuk oleh-oleh. Peuyeum bisa kamu makan secara langsung atau ditambahkan kebahan makanan lainnya. Rasanya yang manis dan khas ini sangat diminati wisatawan.

Itulah beberapa makanan enak di Bandung yang wajib kamu cicipi saat berada di sana. Tidak hanya makanan, Bandung juga memiliki minuman dan camilan yang bisa kamu makan. Masih banyak lagi makanan enak di Bandung yang bisa kamu cicipi dan juga dibawa pulang untuk oleh-oleh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini