Sukses

Ada di Luar Negeri, Ini 4 Kampung Rasa Indonesia yang Bisa Dikunjungi

Kampung khas Indonesia yang ada di luar negeri, cocok untuk melepas rindu sejenak.

Liputan6.com, Jakarta Bagi beberapa orang, memilih untuk meninggalkan negara asalnya adalah sebuah pilihan. Banyak alasan yang sampai akhirnya membuat orang tersebut akhirnya berpindah ke negara lain.

Entah itu untuk melanjutkan pendidikan, menghabiskan sisa hidup, atau memang hanya ingin berlibur di negara tersebut baik dalam jangka waktu yang lama maupun sebentar.

Nah, buat kamu mungkin juga salah satu dari orang-orang tersebut yang memilih untuk hidup di luar Indonesia atau luar negeri. Saat kamu berada di negeri orang, tak jarang kamu bakal rindu dengan suasana yang ada di Indonesia. Memang, tidak sedikit mereka yang sudah berada di negeri orang terkadang merasakan hal serupa.

Namun kini kamu bisa sedikit melepaskan rindu terhadap suasana seperti yang ada di Indonesia, saat kamu berada di negara orang. Ternyata di luar negeri sendiri ada kampung-kampung yang punya ciri khas dengan negara kita, Indonesia.

Hal ini tercipta karena banyak hal. Bisa saja karena memang pesona Indonesia yang sangat disukai oleh orang luar negeri tersebut, sampai akhirnya dibuatkan kampung khas Indonesia.

Mau tahu ada kampung khas Indonesia apa saja yang terdapat di luar negeri ini? Berikut Liputan6.com telah merangkum beberapa kampung khas Indonesia yang terdapat di luar negeri dari berbagai sumber,Rabu (17/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kampung Surabaya Mini di Amerika Serikat

Kampung Surabaya mini ini tepatnya berada di kawasan Philadelphia. Merupakan salah satu kawasan yang ada di Amerika Serikat, yang isinya didominasi dengan orang-orang yang berbicara dengan menggunakan bahasa Jawa khas Surabaya.

Ternyata, kawasan ini memang penduduknya berasal dari Tanah Air. Hal ini bisa terjadi karena saat terjadinya krisis moneter di Indonesia pada waktu itu. Hingga membuat sebagian orang Surabaya harus bermigrasi ke Amerika Serikat, dan hingga saat ini masih menetap di sana.

3 dari 5 halaman

Negeri Tirai Bambu Rasa Indonesia

Berada di Hua Qiao Xin Cun, Xiamen China, terdapat sebuah daerah yang memiliki julukan kampung Indonesia. Bagaimana tidak, kawasan ini memang ditinggali oleh orang China yang pernah merantau ke luar negeri. Kampung ini pun dijadikan tempat berkumpul untuk para perantau tersebut.

Siapa sangka, kalau para perantau tersebut kebanyakan mereka yang sempat merantau ke Indonesia. Jadi tidak heran, kalau orang-orang yang ada di kampung ini sudah sangat akrab dengan lagu khas daerah salah satu di Indonesia, yaitu Cucak Rowo dan makanan khas Indonesia yang sangat mudah ditemui di sini.

4 dari 5 halaman

Mini Indonesia di Taman Hong Kong

Kalau kamu orang Indonesia sedang ke Hong Kong atau memang menetap di sana, sempatkan untuk berkunjung ke salah satu taman di Hong Kong, yaitu Victoria Park. Di taman ini banyak orang-orang Indonesia yang suka berkumpul rutin.

Biasanya, taman di salah satu sudut kota ini selalu ramai dengan orang Indonesia saat hari-hari perayaan khusus atau setiap minggu. Kebanyakan dari mereka yang suka berkumpul di sini adalah para tenaga kerja.

Banyak kegiatan yang dilakukan oleh orang Indonesia yang ada di Hong Kong ini. Misalnya saja mereka membuat kegiatan khusus atau bahkan hanya mengobrol atau bercerita untuk melepas rindu.

5 dari 5 halaman

Kampung Indonesia di Australia

Nah, di Australia sendiri juga terdapat kampung yang khas banget dengan Indonesia. Tepatnya berada di kawasan Clayton.

Di sini nuansa Indonesia sangat kental sekali. Sangking sangat terasa nuansa Indonesia, kawasan ini dijuluki sebagai desa Indonesia.

Memang, kawasan ini menjadi salah satu pemukiman yang didominasi oleh orang-orang Indonesia. Salah satu keunikan yang sangat mencerminkan nuansa Indonesia adalah banyak penjual makanan di pinggir jalan yang menjual makanan khas Indonesia. Begitu juga dengan masjid yang ada di Clayton, dipenuhi dengan orang Indonesia juga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini