Gaya Capres Cawapres Nomor Urut 1 Saat Nyoblos, Kompak Pakai Baju Putih

Oleh Rizzaq Aynur Nugroho pada 17 Apr 2019, 13:20 WIB
Diperbarui 17 Apr 2019, 14:17 WIB
Ekspresi Jokowi - Ma'ruf Amin Saat Mengikuti Debat Perdana

Liputan6.com, Jakarta Pemilu 2019 akhirnya dilaksanakan pada hari ini, Rabu (17/4/2019). Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin telah menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara atau TPS masing-masing. Jokowi dan juga Ma'ruf Amin melakukan pencoblosan di TPS masing-masing yang telah ditentukan sebelumnya.

Jokowi mencoblos di TPS nomor 008, di Jalan Veteran Raya, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat sekitar pukul 10.15 WIB. Sedangkan Ma'ruf Amin mencoblos di TPS nomor 051, Koja, Jakarta Utara sekitar pukul 09.35 WIB. Sama halnya dengan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Jokowi dan Ma'ruf juga tidak mencoblos di TPS yang sama di Pemilu 2019 ini.

Jokowi ditemani sang istri, Iriana yang berangkat dari Istana Bogor sekitar pukul 09.40 WIB untuk pergi ke TPS dengan dikawal oleh beberapa pengawal melalui jalan tol. Sama halnya dengan Jokowi, Ma'ruf Amin juga ditemani istrinya, Wury Estu Handayani menuju ke TPS dan melakukan pencoblosan bersama.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Pemilu 2019 ini memang kompak mengenakan baju yang sama yaitu baju berwarna serba putih. Bedanya jika Jokowi hanya menggunakan kemeja putih saja, sedangkan Ma'ruf Amin mengenakan setelan yang sangat khas yaitu baju koko dan sarung serta sorban berwarna putih dengan sedikit corak.

2 dari 3 halaman

Pamer Bukti Mencoblos

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana usai mencoblos di TPS.
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana usai mencoblos di TPS.

Jokowi dan Ma'ruf Amin ternyata juga tidak ingin kalah dengan warga negara Indonesia pada umumnya yang memamerkan bukti mencoblos. Keduanya meski di TPS yang berbeda, kompak menunjukkan kepada awak media dan masyarakat bukti bahwa mereka sudah selesai mencoblos.

Jokowi memperlihatkan jari kelingkingnya yang berwarna ungu sebagai bukti bahwa dirinya sudah melaksanakan pencoblosan di bilik suara. Begitu juga dengan istrinya, Iriana Jokowi yang menunjukkan jari kelingkingnya sebagai bukti.

Sedangkan Ma'ruf Amin menunjukkan ibu jari atau jempolnya yang berwarna ungu di hadapan warga dan juga awak media yang ada di TPS tempat ia mencoblos sebagai bukti sudah melakukan pencoblosan. Istri Ma'ruf Amin juga ternyata sama-sama menggunakan jempol dan menunjukkannya sebagai bukti sudah melakukan pencoblosan.

3 dari 3 halaman

Tidak Bersama Keluarga Besar

Cawapres Ma';ruf Amin usai mencoblos
Cawapres Ma';ruf Amin usai mencoblos

Jokowi dan Iriana Jokowi terlihat hanya mencoblos berdua saja tanpa bersama keluarga besar dari Jokowi. Diketahui bahwa ke dua anak Jokowi yaitu, Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming ditemani istrinya Selvi Ananda melakukan pencoblosan di TPS nomor 38 Kampung Tirtoyasan, Manahan, Solo. Mereka mencoblos di TPS sekitar pukul 10.30 WIB.

Sedangkan Ma'ruf Amin dan istrinya juga terlihat hanya berdua saja ketika melakukan pencoblosan. Mereka hanya dikawal oleh beberapa orang pengawal saat menuju ke TPS dari kediamannya.

Anak bungsu cawapres nomor urut 1, Ma'ruf Amin yaitu Hj. Siti Haniatunnisa diketahui melakukan pencoblosan di TPS nomor 05 di Kampung Kemulung, Desa Tanara, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang Banten.

Lanjutkan Membaca ↓