6 Manfaat Biji Labu Kuning yang Jarang Diketahui, Bisa Tingkatkan Produksi Sperma

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 15 Apr 2019, 19:26 WIB
Manfaat Biji Labu Kuning yang Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Labu kuning merupakan salah satu makanan kaya nutrisi tinggi. Labu kuning biasanya diambil daging buahnya sebagai olahan makanan atau minuman. Namun, tak hanya dagingnya yang kaya akan nutrisi. Biji dari labu kuning pun tak kalah bergizi.

Satu porsi atau kira-kira seperempat cangkir biji labu kuning memiliki sekitar 150 kalori, 15 gram lemak sehat, beberapa gram karbohidrat, dan 8-10 gram protein nabati. Biji labu kaya akan antioksidan, zat besi, seng, magnesium dan banyak nutrisi lainnya. Biji labu utuh juga merupakan sumber serat yang baik.

Karena itu, biji labu telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan. Manfaat ini termasuk peningkatan kesehatan jantung, kesehatan prostat dan perlindungan terhadap kanker tertentu. Biji labu dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam makanan Anda sebagai camilan atau bahan makanan dan kue.

Jadi, jika Anda mengolah labu kuning untuk berbagai hidangan, sebaiknya jangan buang biji dari labu tersebut. Anda dapat mengolah biji labu kuning ini sebagai sumber nutrisi tambahan. Berikut manfaat biji labu kuning yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Senin (15/4/2019)

2 of 7

Mengurangi Risiko Kanker Tertentu

Melawan Kanker
Biji labu dapat melawan kanker

Makanan yang kaya akan biji labu telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker perut, payudara, paru-paru, prostat, dan usus besar. Sebuah penelitian observasional besar menemukan bahwa mengonsumsi biji labu kuning dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara pada wanita pascamenopause.

Studi lain menunjukkan bahwa lignan dalam biji labu dapat memainkan peran kunci dalam mencegah dan mengobati kanker payudara. Studi tabung reaksi lebih lanjut menemukan bahwa suplemen yang mengandung biji labu berpotensi memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat.

3 of 7

Meningkatkan Kesehatan Prostat dan Kandung Kemih

Penyakit Prostat, Penyebab dan Bahaya
(Sumber: iStockphoto)

Biji labu dapat membantu meringankan gejala benign prostatic hyperplasia (BPH), suatu kondisi di mana kelenjar prostat membesar, menyebabkan masalah dengan buang air kecil. Beberapa penelitian pada manusia menemukan bahwa makan biji ini mengurangi gejala yang berhubungan dengan BPH.

Dalam studi satu tahun pada lebih dari 1.400 pria dengan BPH, konsumsi biji labu mengurangi gejala dan meningkatkan kualitas hidup. Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa menambahkan biji labu atau produk mereka sebagai suplemen dapat membantu mengobati gejala kandung kemih yang terlalu aktif.

Satu studi pada 45 pria dan wanita dengan kandung kemih yang terlalu aktif menemukan bahwa 10 gram ekstrak biji labu setiap hari meningkatkan fungsi kemih.

4 of 7

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ilustrasi jantung (iStock)
Jika keluarga memiliki riwayat penyakit jantung, perlu memperhatikan beberapa hal. (iStock)

Biji labu merupakan sumber antioksidan, magnesium, seng, dan asam lemak yang baik. Semuanya dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa minyak biji labu dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi yang merupakan dua faktor risiko penting untuk penyakit jantung.

Sebuah studi 12 minggu pada 35 wanita pascamenopause menemukan bahwa suplemen minyak biji labu mengurangi tekanan darah diastolik sebesar 7% dan meningkatkan kadar kolesterol HDL "baik" sebesar 16%.

Studi lain menunjukkan bahwa kemampuan labu untuk meningkatkan pembentukan oksida nitrat dalam tubuh mungkin bertanggung jawab atas efek positifnya terhadap kesehatan jantung. Nitric oxide membantu memperluas pembuluh darah, meningkatkan aliran darah dan mengurangi risiko pertumbuhan plak di arteri Anda.

5 of 7

Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah

2. Penyakit Diabetes
Sering tidur pagi bisa menyebabkan diabetes akibat gula darah naik (Sumber foto: Healthbusiness.com)

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa labu, biji labu, bubuk biji labu dan jus labu dapat mengurangi gula darah. Ini sangat penting bagi penderita diabetes, yang mungkin kesulitan mengontrol kadar gula darahnya.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa suplemen dengan jus labu atau bubuk bijinya mengurangi kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2. Kandungan magnesium yang tinggi dari biji labu mungkin bertanggung jawab atas efek positifnya terhadap diabetes.

Sebuah penelitian observasional di lebih dari 127.000 orang menemukan bahwa makanan yang kaya magnesium dikaitkan dengan risiko 33% lebih rendah dari diabetes tipe 2 pada pria dan risiko 34% lebih rendah pada wanita. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi efek menguntungkan dari biji labu ini pada kadar gula darah.

6 of 7

Dapat Meningkatkan Kualitas Sperma

20151102-Ilustrasi Sperma atau Sel Reproduksi Laki-laki
Ilustrasi Sperma atau Sel Reproduksi Laki-laki. (iStockphoto)

Kadar seng yang rendah dikaitkan dengan penurunan kualitas sperma dan peningkatan risiko infertilitas pada pria. Karena biji labu kaya akan seng, mereka dapat meningkatkan kualitas sperma.

Bukti dari satu studi pada tikus menunjukkan biji labu juga dapat melindungi sperma manusia dari kerusakan yang disebabkan oleh kemoterapi dan penyakit autoimun.

Biji labu juga mengandung antioksidan dan nutrisi lain yang dapat berkontribusi pada kadar testosteron yang sehat dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Semua faktor ini dapat menguntungkan tingkat kesuburan dan fungsi reproduksi, terutama pada pria.

7 of 7

Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Bangun tidur
Ilustrasi bangun tidur (iStockphoto)

Jika Anda sulit tidur, Anda mungkin dapat makan biji labu sebelum tidur. Mereka adalah sumber alami triptofan, asam amino yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Mengkonsumsi sekitar 1 gram triptofan setiap hari dianggap mampu meningkatkan tidur.

Namun, Anda perlu memakan sekitar 200 gram biji labu untuk mencapai jumlah triptofan yang dibutuhkan. Seng dalam biji ini juga dapat membantu mengubah triptofan menjadi serotonin, yang kemudian diubah menjadi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur Anda.

Selain itu, biji labu merupakan sumber magnesium yang sangat baik. Kadar magnesium yang memadai juga telah dikaitkan dengan tidur yang lebih baik. Beberapa penelitian kecil telah menemukan bahwa mengonsumsi suplemen magnesium meningkatkan kualitas tidur dan total waktu tidur pada orang dengan kadar magnesium rendah.

Lanjutkan Membaca ↓