5 Bisnis Kreatif yang Tidak akan Pernah Ada Matinya, Bisa Jadi Inspirasi

Oleh Rizzaq Aynur Nugroho pada 14 Apr 2019, 14:11 WIB
Ilustrasi bisnis

Liputan6.com, Jakarta Bisnis kreatif adalah salah satu bisnis yang bisa coba kamu kerjakan untuk menjadi seorang pengusaha atau hanya sekedar kerja sampingan. Banyak sekali bisnis kreatif yang saat ini bisa kamu coba atau kamu kerjakan.

Karena perkembangan jaman membuat bisnis yang berpeluang juga semakin banyak. Namun saat ini tidak sedikit bisnis yang tidak bisa bertahan karena perkembangan jaman yang sangat cepat. Jika sudah ketinggalan jaman, maka bisnis itu tidak akan laku dan bahkan terpaksa harus tutup.

Banyak bisnis kreatif baru yang saat ini berkembang pesat seperti startup, dan bisnis kreatif lainnya. Mereka akan menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan di era moderen seperti ini. Bisnis kreatif baru ini pasti memiliki kemampuan untuk mengambil hati konsumennya. Namun sebenarnya ada juga bisnis kreatif yang sejatinya sudah ada dari dulu dan masih bertahan hingga sekarang.

Meskipun perkembangan jaman mulai berkembang, namun bisnis-bisnis ini masih berdiri karena masih dibutuhkan, dan lain sebagainya. Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa bisnis kreatif yang tidak akan pernah ada matinya atau tidak akan pernah berhenti bahkan karena perkembangan zaman, Minggu (14/4/2019).

2 of 6

1. Kuliner

Kuliner Dunia
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Bisnis kreatif yang tidak akan pernah ada matinya pertama adalah bisnis di bidang kuliner. Bisnis di bidang kuliner adalah salah satu bisnis yang menjanjikan dari jaman dahulu hingga sekarang.

Karena bisnis bidang kuliner menyediakan kebutuhan utama manusia yaitu makan. Dinamika di bidang kuliner juga sangat cepat. Hanya beberapa saat saja trend kuliner bisa berubah-ubah.

Contohnya saja trend makanan kue-kue ringan, kue artis, minuman dingin seperti jus buah, salat buah mangga, kopi dan lain sebagainya. Bisnis kuliner tidak akan pernah berhenti pada suatu jaman saja. Kuliner akan selalu berkembang. Bahkan sekarang kuliner bukan lagi sebuah pemenuhan kebutuhan makan, melainkan untuk tren dan gaya hidup.

3 of 6

2. Fashion

Fashion
Ilustrasi fashion pria (iStockphoto)

Sama halnya dengan bisnis kuliner, bisnis di bidang fashion atau mode juga tidak akan pernah berhenti berkembang dan selalu berubah-ubah setiap masanya. Pakaian juga merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus selalu dipenuhi dan dicari.

Dunia bisnis fashion juga sudah sangat beragam, dari yang dulu hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok saja, kini sudah berkembang menjadi tren untuk membuat penampilan lebih menarik.

4 of 6

3. Teknologi

Dunia teknologi
Ilustrasi gadget. (Doc: BBC)

Bisnis kreatif yang tidak akan pernah ada matinya berikutnya adalah bisnis di bidang teknologi. Teknologi akan selalu berkembang dan akan menyesuaikan kebutuhan manusia yang juga berubah-ubah. Berbagai perangkat berteknologi yang bisa membantu pekerjaan dan aktifitas sehari-hari juga sering dicari dan selalu berkembang.

Kemudian karena perkembangan jaman, seperti di era digital saat ini, teknologi bukan lagi alat untuk membantu mobilitas, tapi juga sebagai alat untuk trend.

5 of 6

4. Desain

Ilustrasi bisnis desain
Ilustrasi bisnis desain (sumber: Pixabay)

Bisnis di bidang desain juga tidak akan pernah ada matinya. Sama halnya dengan bisnis di bidang pakaian atau fashion, trend desain juga berubah-ubah setiap jamannya. Jika mungkin dulu orang-orang lebih suka desain yang tradisional dan penuh dengan adat-istiadar, maka sekarang orang-orang lebih suka dengan desain yang moderen bahkan minimalis.

Desain bisa digunakan untuk membangun rumah, mengatur ruangan, desain kaos, poster, dan produk-produk lainnya. Banyak orang membutuhkan jasa desain dari perorangan hingga untuk usaha berskala besar.

6 of 6

5. Entertainment

Ilustrasi tempat hiburan malam (iStock)
Ilustrasi tempat hiburan malam (iStock)

Bisnis yang tidak akan pernah ada matinya terakhir adalah bisnis di bidang entertainment atau hiburan. Manusia pada dasarnya membutuhkan hiburan untuk memberikan kesenangan atau rasa bahagia. Banyak sekali bisnis di bidang hiburan yang cukup menjanjikan seperti hiburan pertunjukan, hiburan musik, video, dan masih banyak lagi.

Bisnis bidang hiburan dari masa ke masa juga akan semakin berkembang dan berubah-ubah. Manusia akan selalu berkembang dan juga memunculkan ide-ide yang menghibur lainnya.

Itulah 5 bisnis kreatif yang tidak akan pernah ada matinya meski sudah berganti jaman. Kebanyakan bisnis-bisnis di atas adalah bisnis yang menyediakan kebutuhan pokoki manusia. Kamu tertarik untuk mencoba salah satu dari bisnis di atas?

Lanjutkan Membaca ↓