Sukses

12 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat minyak kelapa ternyata bisa untuk menghilangkan jerawat.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minyak kelapa memang sudah tidak diragukan untuk kesehatan bahkan untuk kecantikan kulit. Berbagai macam manfaat minyak kelapa bisa kamu dapatkan dari menggunakannya. Cara mendapatkan minyak kelapa dan juga cara pengaplikasiannya yang cukup mudah menjadikan minyak kelapa menjadi salah satu minyak yang memiliki banyak kelebihan.

Minyak kelapa yang baik yaitu minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) adalah minyak kelapa bukan olahan. Minyak kelapa yang baik diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa menggunakan tambahan bahan kimia dan tanpa menggunakan suhu tinggi saat mengolahnya. Hal ini akan membuat kandungan alaminya tidak hilang dan rusak.

Jika dibandingkan dengan minyak kelapa biasa atau minyak goreng yang berasal dari kelapa kopra, minyak kelapa murni mempunyai kualitas yang lebih baik. Minyak kelapa kopra akan berwarna kuning kecokelatan, berbau tidak harum, dan mudah tengik, sehingga daya simpannya tidak bertahan lama.

Minyak kelapa murni mengandung senyawa phenolic, dan berpotensi sebagai antioksidan yang baik. Selain itu minyak kelapa murni juga mengandung asam laurat, kaprilat, dan kaprat yang dapat menunjang pertumbuhan probiotik di dalam saluran pencernaan dan berfungsi melawan bakteri jahat, jamur, hingga memiliki sifat antibiotik.

Kandungan alami yang banyak pada minyak kelapa murni pastinya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk lebih lengkapnya berikut ini manfaat minyak kelapa murni bagi kesehatan dan kecantikan yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (14/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minyak Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Minyak kelapa yang baik dan memiliki manfaat yang banyak adalah minyak kelapa murni atau VCO. Berikut ini manfaat minyak kelapa murni untuk kesehatan tubuh.

1. Digunakan untuk diet

Manfaat minyak kelapa murni atau VCO yang pertama adalah bisa kamu gunakan untuk program diet. Kamu bisa menggunakan minyak VCO untuk memasak atau dicampurkan pada makanan tertentu.

Minyak kelapa murni ini akan membantu menstimulasi metabolisme, yang bisa menyebabkan kenyang lebih lama. Lemak yang terkandung dalam minyak kelapa murni juga mudah dihancurkan dan dibakar oleh tubuh.

2. Kandungan polifenol untuk jantung

Manfaat minyak kelapa murni selanjutnya adalah untuk menjaga jantung agar selalu sehat. Kandungan polifenol dalam minyak kelapa VCO dapat mencegah terjadinya aterosklerosis, yaitu pengerasan dinding pembuluh darah akibat penumbukan plak lemak pada dinding pembuluh darah.

3. Mengurangi lemak jahat

Minyak kelapa murni ternyata bisa mengurangi lemak jahat yang ada dalam tubuh. Manfaat minyak kelapa murni dapat mengurangi kolesterol total, lemak jahat, dan trigliserida, dan bisa meningkatkan lemak baik.

4. Untuk diabetes

Manfaat minyak kelapa murni selanjutnya adalah untuk diabetes. Rantai asam lemak dalam minyak kelapa diduga dapat memperbaiki toleransi glukosa dalam tubuh. Pada kasus diabetes tipe 2, minyak kelapa juga dipercaya mampu memperbaiki sensitivitas insulin.

5. Mengurangi risiko alzheimer

Kandungan zat keton dalam minyak kelapa merupakan asal muasal perannya untuk kesehatan otak. Zat ini sangat baik untuk menjaga fungsi otak saat tubuh memiliki kandungan glukosa yang lebih rendah. Keton juga dapat membantu meningkatkan memori dan sangat berpotensi untuk membantu para penderita alzheimer.

3 dari 3 halaman

Minyak Kelapa untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan tubuh, manfaat minyak kelapa juga digunakan untuk kecantikan dan merawat kulit. Berikut ini beberapa manfaat minyak kelapa untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

1. Mengobati jerawat

Minyak kelapa murni atau VCO yang mengandung asam laurat dapat mengurangi peradangan dan melawan bakteri pada jerawat.

2. Pelembab kulit

manfaat minyak kelapa berikutnya adalah untuk melembabkan kulit. Efek antibakteri yang terdapat pada minyak kelapa juga bisa digunakan pada penyakit kulir eksim dan psoriasis.

Kemudian efek antibakterinya juga sangat berguna untuk melawan penyebaran bakteri stafilokokus pada penyakit ini. Minyak kelapa juga dipercaya bisa melembabkan bibir yang kering atau pecah-pecah.

3. Untuk scrub

Minyak kelapa juga bisa dugunakan sebagai scrub tubuh untuk mengangkat sel kulit mati pada tubuh. Caranya sampurkan setengah gelas minyak kelapa dengan setengah gelas garam. Kemudian gunakan campuran ini untuk scrub saat mandi.

4. Menghilangkan noda hitam

Minyak kelapa mengandung vitamin E yang mampu menyamarkan noda bekas jerawat, noda hitam tanda penuaan dini, hingga noda bekas luka. Caranya dengan mengoleskan minyak kelapa di area yang diinginkan. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Menghapus makeup

Manfaat minyak kelapa selanjutnya adalah bisa menghapus make up. Minyak kelapa akan membuat pori-pori kulit wajahmu terbebas dari make up.

6. Untuk kesehatan rambut

Minyak kelapa, membantu dalam pertumbuhan rambut yang sehat dan memberikan rambut yang berkilau. Minyak kelapa juga sangat efektif dalam mengurangi hilangnya protein yang dapat menyebabkan kualitas rambut menjadi tidak sehat.

Itulah beberapa manfaat minyak kelapa yang sangat baik untuk tubuh dan untuk kulit hingga kecantikan. Jika ingin mendapatkan manfaat minyak kelapa, gunakanlah minyak kelapa murni atau VCO, karena proses pembuatannya yang lebih baik dan lebih banyak mengandung zat-zat yang baik untuk tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.