Cara Menghilangkan Jerawat dengan Photoshop, Mudah dan Cepat

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 13 Apr 2019, 11:25 WIB
Diperbarui 13 Apr 2019, 11:25 WIB
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Photoshop
Perbesar
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Photoshop (sumber: IStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan jerawat memang begitu beragam. Noda kulit, bekas luka, atau jerawat merupakan kondisi yang mengganggu sebagian orang. Jerawat dan gangguan lainnya di wajah dapat merusak penampilan.

Hal ini yang membuat beberapa orang menjadi kurang percaya diri terhadap penampilannya. Banyak perawatan wajah yang dapat menyembuhkan jerawat. Namun untuk dapat menghilangkannya, butuh waktu yang cukup lama.

Kamu pasti tak mau jerawat mengubah penampilan menawanmu di setiap momen terutama pada satu jepretan foto. Berfoto merupakan salah satu kegiatan yang paling diminati saat ini.

Nampaknya kemajuan teknologi makin memudahkan seseorang untuk memanipulasi sebuah foto. Salah satu teknologi andalan untuk memanipulasi foto adalah Photoshop.

Menghilangkan cacat kulit di Photoshop sudah lazim digunakan oleh banyak orang. Mulai dari para desain grafis di majalah, model, dan orang biasa. Photoshop menjadi penolong andalan untuk menghilangkan jerawat seketika. Dengan begitu tak ada alasan lagi untuk tidak mengunggah foto cantikmu yang bebas jerawat.

Nah jika kamu tertarik, berikut cara menghilangkan jerawat dengan Photoshop yang Liputan6.com lansir dari Envira Gallery, Sabtu(13/4/2019).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Menginstal Photoshop

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Photoshop (Sumber: Pexels)
Perbesar
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Photoshop (Sumber: Pexels)

Photoshop merupakan sebuah software besutan Adobe yang sudah terkenal kesaktiannya dalam mmengolah gambar. Sejak 29 tahun lalu Photoshop menjadi andalan bagi para fotografer digital dan perusahaan iklan untuk mengolah gambar atau foto agar lebih menarik di mata masyarakat.

Namun, saat ini Photoshop tak hanya terbatas digunakan oleh orang-orang tersebut. Banyak orang-orang biasa yang menggunakan Photoshop untuk mengedit dan memanipulasi gambarnya. Salah satunya adalah untuk menghilangkan jerawat atau melangsingkan tubuh. Kamu juga bisa memanfaatkan software ini, lho.

Jika belum belum memiliki software ini di PC atau laptopmu, kamu bisa mendapatkan Photoshop dari situs Adobe resmi dengan membelinya. Atau kamu bisa membelinya secara offline di berbagai toko kebutuhan komputer.

Dengan beberapa tools yang tersedia pada Photoshop, kamu bisa menghilangkan cacat pada potret wajahmu. Penggunaannyapun cukup mudah jika kamu terus berlatih menggunakan software ini. Jadi, tak perlu menyewa desain grafis profesional untuk mempercantik jepretan wajahmu.

Ada beberapa tools berbeda yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda, bekas luka, atau cacat pada wajah. Untuk tutorial ini, kamu akan bekerja dengan Spot Brush Healing Tool, Healing Brush Tool, dan Patch Tool. Berikut langkah-langkah menggunakan masing-masing tool tersebut:


Spot Healing Brush Tool

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Photoshop
Perbesar
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Photoshop (Sumber: Envira Gallery)

Spot Healing Brush adalah alat terbaik untuk digunakan saat kamu harus menghilangkan noda kecil berbentuk lingkaran seperti jerawat atau tahi lalat. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka potretmu di Photoshop. Mulai dengan memilih Spot Healing Brush Tool dari toolbar di sisi kiri layar Photoshop.

Atur ketebalan brush kamu menjadi 100% dan centang tandai opsi “Sample All Layers”. Sebelum bergerak maju, kamu perlu menambahkan layar transparan baru. Dengan cara ini, kamu selalu dapat kembali ke gambar aslimu jika kamu melakukan kesalahan. Untuk menambahkan layer baru, kamu bisa pergi ke Layer »New» Layer.

Untuk menjaga lapisan transparan tetap berada di panel Layers, cukup sapukan di atas titik-titik pada wajah, dan tool ini akan memperbaikinya secara ajaib. Ingat untuk memperbesar gambar sehingga kamu benar-benar dapat melihat apa yang kamu lakukan. l

Sekarang kamu dapat melihat bagaimana Spot Healing Brush memperbaiki bintik-bintik jerawat pada wajah. Spot Healing Brush Tool ini sangat cocok untuk menghilangkan noda jerawat yang tak terlalu kompleks.


Healing Brush Tool

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Photoshop
Perbesar
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Photoshop (Sumber: Envira Gallery)

Jika Spot Healing Brush tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau kurang mempan dengan noda-nodamu, kamu bisa coba gunakan Healing Brush Tool yang dapat dipilih dari toolset yang sama. Tool ini memberi kamu sedikit lebih banyak kontrol atas bagaimana kamu ingin tool tersebut memperbaiki noda yang ada.

Healing Brush Tool memungkinkan kamu untuk menyalin atau mengganti satu bagian kulit yang bernoda dengan bagian kulit yang mulus. Dengan tool ini, kamu dapat menekan Alt + Klik pada area kulit yang bagus atau mulus. Kemudian, ketika kamu menggunakan tool ini pada area yang cacat, tool ini akan mengisi area yang cacat dengan area mulus yang kamu pilih.


Patch Tool

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Photoshop
Perbesar
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Photoshop (Sumber: Envira Gallery)

Jika kamu berurusan dengan area yang lebih besar, tidak melingkar, tidak rata seperti bekas luka atau tanda lahir, gunakan Patch Tool.Pertama tekan Ctrl + Alt + Shift + E untuk membuat layer gabungan cara ini diperlukan agar Patch Tool berfungsi dengan baik.

Kemudian, gunakan Patch Tool untuk menyeleksi area pada kulit tempat kamu ingin menghilangkan noda. Setelah dipilih, klik di dalam area yang dipilih dan seret mousemu ke luar area. Area ini merupakan area yang ingin kamu gunakan sebagai sampel untuk mengganti area yang bermasalah.

Ketika kamu melakukan ini, kamu akan melihat area yang kamu seleksi diisi dengan tambalan kulit dari area yang kamu drag tadi. Saat kamu puas dengan tampilannya, cukup lepaskan mouse.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya