Sukses

12 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan dan Kecantikan, Bisa Jadi Kondisioner

Manfaat cengkeh salah satunya adalah menghilangkan mual.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat cengkeh sering kali dihiraukan karena bentuknya yang kecil dan tidak tahu bagaimana harus mengolahnya. Namun sebenarnya manfaat cengkeh sangat banyak untuk kesehatan hingga kecantikan.

Cengkeh adalah salah satu rempah-rempah serbaguna dengan rasa sedikit manis dan aroma harum yang khas. Cengkeh pada umumnya digunakan untuk tambahan bumbu pada panganan.

Selain itu cengkeh juga bisa membuat rasa pada minuman lebih nikmat lagi. Manfaat cengkeh juga sering digunakan untuk tambahan pada kue agar aroma kue menjadi lebih nikmat lagi.

Banyak nutrisi yang terkandung dalam cengkeh. Satu sendok teh atau sekitar dua gram cengkeh, mengandung energi sebesar 21 kalori, satu gram karbohidrat, dan serat. Selain itu cengkeh juga mengandung mangan, vitamin K, vitamin C, kalsium, magnesium, dan vitamin E.

Cengkeh juga banyak digunakan untuk tambahan dalam pembuatan rokok. Bahkan cengkeh untuk rokok ini sudah digunakan sejak lama hingga sekarang. Kandungannya yang banyak dan memiliki berbagai macam vitamin dan zat baik lainnya membuat cengkeh juga sering digunakan di dunia kesehatan untuk obat.

Lebih lengkapnya, berikut ini manfaat cengkeh yang sudah Liputan6.com rangkum dari beberapa sumber, Kamis (11/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat cengkeh yang pertama adalah mampu menjaga sistem pencernaan dalam tubuh manusia. Cengkeh akan merangsang sekresi enzim pencernaan, mengurangi perut kembung, mengatasi iritasi lambung, dispepsia, hingga mual. Selain itu cengkeh juga dipercaya dapat mengatasi penyakit diare kronis dan disentri kronis.

2. Melindungi Fungsi Hati

Kandungan antioksidan dalam cengeh memantu melindungi organ dari radikal bebas. Hati juga salah satu organ dalam tubuh yang bisa dilindungi dari radikal bebas oleh cengkeh. Cengkeh juga memiliki sifat hepatoprotektif yang bisa melindungi fungsi hati.

3. Menguatkan Tulang

Manfaat cengkeh selanjutnya adalah menguatkan tulang. Kandungan dalam cengkeh yaitu ekstrak hidrokarbon termasuk senyawa fenolik seperti eugenol dan turunannya seperti flavon, isoflavon, dan flvonoid dapat membantu dalam menjaga kepadatan tulang dan kandungan mineral tulang. Manfaat cengkeh juga bisa menguatkan tulang dalam kasus osteoporosis.

3 dari 5 halaman

Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kuncup bunga kering cengkeh mengandung senyawa yang membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan jumlah sel darah putih. Manfaat cengkeh bagi kesehatan lanjutannya adalah membersihkan tubuh dari racun berbahaya dan mikroba.

Dengan mengonsumsi beberapa cengkeh, maka kesehatan tubuh akan meningkat. Dengan sifat anti-inflamasi yang dimilikinya, cengkeh mampu mengobati peradangan dan infeksi.

5. Mengatasi Sakit Gigi

Cengkeh mengandung senyawa eugenol yang mampu mengurangi nyeri di gusi dan gigi. Selain itu senyawa ini juga efektif mengatasi peradangan dan infeksi. Manfaat cengkeh ini jarang digunakan, namun kamu bisa mencobanyua untuk mengatasi sakit gigi yang kamu derita.

6. Mengobati Tukak Lambung

Tukak lambung disebabkan karena penipisan lendir lambung atau sering juga disebut dengan asam lambung. Kondisi ini bisa disebabkan dari beberapa faktor salah satunya stres dan infeksi.

Minyak esensial dalam cengkeh bisa meningkatkan produksi lendir lambung yang bisa menghalang asam lambung sekaligus mencegah luka pada dinding lambung akibat cairan asam lambung.

4 dari 5 halaman

Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan dan Kecantikan

7. Membunuh Bakteri

Sifat antibakteri yang dimiliki cengkeh mampu menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Minyak cengkeh dipercaya mampu membunuh bakteri E.coli.

Selain itu, cengkeh juga membantu menghentikan pertumbuhan berbagai jenis bakteri di mulut. Efek antibakteri dalam cengkeh juga dapat menghambat pertumbuhan kuman di kulit penyebab jerawat.

8. Mencegah Ejakulasi Dini

Manfaat cengkeh yang satu ini mungkin cocok untuk para pria karena dapat mencegah ejakulasi dini. Menurut penelitian, mengoleskan krim mengandung bunga cengkeh yang telah dicampurkan dengan bahan-bahan lain seperti ginseng ke kulit penis, dapat mencegah ejakulasi dini. Hasilnya pun terbilang cukup efektif.

9. Meredakan Nyeri

Jika kamu mengalami nyeri akibat peradangan, kamu bisa gunakan cengkeh untuk meredakan sakitnya. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kandungan senyawa kimia di dalam cengkeh dapat memberi efek antinyeri, antiradang, dan mencegah kerusakan sel saraf. Akan tetapi, masih diperlukan studi klinis pada manusia untuk memastikan manfaat cengkeh yang satu ini.

5 dari 5 halaman

Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan dan Kecantikan

10. Mengatasi Mual dan Muntah

Minyak cengkeh bisa mengatasi rasa mual bahkan muntah. Cengkeh memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh dan bisa memberikan efek tenang karena minyak esensialnya.

11. Menghilangkan Noda dan Guratan di Kulit

Minyak cengkeh juga dipercaya dapat menghilangkan noda dan guratan yang ada di kulit. Noda atau guratan yang disebabkan oleh luka yang kemudian mengering dan meninggalkan bekas, bisa dihilangkan dengan minyak herbal dari cengkeh.

12. Kondisioner dan Mencegah Rontoh

Manfaat cengkeh selanjutnya adalah dapat membuat rambut menjadi lebih sehat. Caranya dengan menggunakan minyak cengkeh sebagai kondisioner. Aplikasikan minyak cengkeh pada kulit kepala selama 5 sampai 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Itulah beberapa manfaat cengkeh, rempah-rempah kecil yang kaya akan kandungan yang bergizi dan baik untuk tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini