Sukses

11 Makanan Khas Cirebon, Aneka Sajian dengan Cita Rasa Gurih

Makanan khas Cirebon dengan aneka sajian yang gurih.

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Cirebon begitu beragam dengan cita rasa yang gurih. Cirebon merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Kota ini sangat terkenal dengan olahan udangnya yang khas, yaitu terasi udang.

Tidak hanya karena terasi udangnya saja yang membuat kota ini ramai dikunjungi oleh wisatawan. Melainkan kota ini memiliki banyak aneka kuliner. Ya, makanan khas Cirebon ini juga wajib dicicipi saat berkunjung.

Sama halnya dengan kota lain, yang memiliki makanan khas di setiap daerahnya. Begitu juga dengan Cirebon. Terdapat aneka makanan khas yang wajib dicobain saat berkunjung ke kota ini. Cirebon memiliki makanan khas yang sangat menggugah selera bagi kamu pemburu kuliner lokal.

Nah, buat kamu yang sedang tinggal atau ingin berkunjung ke Cirebon, Liputan6.com punya rekomendasi makanan khas Cirebon yang wajib dicobain. Agar bisa lebih mengenal soal cita rasa makanan yang ada di kota ini, berikut makanan khas Cirebon yang wajib dicobain, Rabu (10/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Cirebon dengan Aneka Sajian Nasi

Nasi Jamblang

Makanan khas Cirebon yang sangat terkenal adalah Nasi Jamblang. Bagi kamu yang sedang atau akan berkunjung ke Cirebon, sangat disarankan banget buat cobain hidangan ini. Kenapa? Soalnya makanan ini benar-benar asli dari Cirebon.

Nasi Jamblang menjadi sangat unik dan mudah dikenali adalah karena penggunaan bungkus nasinya yang berasal dari daun jati. Berbeda dengan nasi khas daerah lain yang seringkali menggunakan daun pisang. Awal mula Nasi Jamblang menjadi terkenal adalah cita rasa yang khas dan harganya sangat sangat terjangkau.

Pedesan Entog

Entog merupakan salah satu jenis ungags yang mirip dengan bebek, namun lebih besar. Entog memang terkenal enak jika dijadikan sebagai bahan untuk menciptakan makanan yang lezat, tak terkecuali dengan Pedesan Entog. Di sini, daging entog disiram dengan kuah yang gurih dan pedas.

Makanan khas Cirebon ini mampu memberikan rasa yang sangat memanjakan lidah. Bagi kamu yang tidak terlalu suka dengan makanan pedas, kamu bisa meminta Pedesan Entog yang tidak terlalu pedas.

Nasi Lengko

Selain Nasi Jamblang, makanan khas Cirebon dengan aneka nasi lainnya adalah Nasi Lengko. Berbeda dengan Nasi Jamblang, Nasi Lengko ini terbilang merupakan makanan yang menyehatkan. Soalnya, isi dari Nasi Lengko ini terdiri dari beragam sayuran.

Uniknya, sajian Nasi Lengko ini turut menambahkan guyuran kacang yang membuat cita rasanya menjadi beragam, tidak terkecuali rasa gurih. Bisa dibilang Nasi Lengko ini mirip dengan pecelnya orang Cirebon.

Docang

Memang bukan menggunakan nasi, melainkan makanan khas Cirebon ini menggunakan lontong. Mirip dengan Doclang yang ada di Bogor, bahan utama yang digunakan oleh Docang juga sama. Tetapi Docang dan Doclang memiliki perbedaan pada bumbu dan jenis penyajiannya.

Kalau Doclang disiram dengan saus kacang untuk penyajiannya. Berbeda dengan Docang, yang dibumbui dengan sayur oncom dengan kombinasi bungkil kacang tanah serta tambahan parutan kelapa. Jadi, isi dari Docang ini terdiri dari daung singkong, tauge, parutan kelapa dan juga kerupuk di atasnya.

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Cirebon dengan Aneka Kuah

Empal Gentong

Tidak hanya dengan aneka nasi, makanan khas Cirebon yang juga patut dinikmati adalah kulinernya dengan sajian kuah. Salah satu makanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Cirebon adalah, Empal Gentong. Penyajian kuliner ini menggunakan sebuah kuali yang berasal dari bahan tanah liat.

Empal Gentong ini terbuat dari daging sapi yang dimasak hingga memberikan daging dengan tekstur lembut, sehingga memudahkan kamu untuk mengonsumsinya. Dipadukan dengan kuah yang gurih dan sedap, pastinya kamu sangat menikmati sajian makanan khas Cirebon ini.

Empal Asam

Setelah Empal Gentong, cobalah makanan khas Cirebon dengan rasa yang asam namun segar di mulut. Bahan utama yang menciptakan rasa asam pada makanan khas Cirebon ini adalah belimbing wuluhnya.

Namun kamu akan tetap mendapatkan rasa gurih dari Empal Asam ini. Isi dari sajian Empal Asam ini adalah daging yang ditambah dengan babat.

Bubur Sop Ayam

Makanan khas Cirebon yang satu ini memang terdengar sangat asing di telinga orang. Namun Bubur Sop Ayam ini termasuk ke dalam salah satu makanan khas Cirebon yang wajib kamu coba.

Makanan khas Cirebon ini disajikan dengan menyiram kuah sop ayam ke bubur. Bubur yang digunakan pun berbeda dengan bubur ayam biasanya. Tapi bisa dibilang mirip dengan nasi tim. Sop ayam yang disiramkan juga ada sayur, ayam suwir, dan kerupuk.

4 dari 4 halaman

Makanan Khas Cirebon Berupa Camilan

Tahu Gejrot

Kuliner dari tahu yang digoreng memang memiliki sesuatu yang membuat kita menjadi tergiur untuk memakannya. Tak terkecuali dengan kuliner khas di Cirebon yang satu ini, Tahu Gejrot sudah banyak dikenal oleh banyak orang.

Makanan khas Cirebon yang bisa dianggap sebagai makanan ringan ini, penyajiannya diguyur dengan bumbu yang berasal dari campuran bawang putih, bawang merah, gula merah, dan juga cabai yang dihaluskan. Jika Anda penasaran dengan Tahu Gejrot, Anda bisa mencobanya saat mampir di kota Cirebon. Tambahan, jika Anda mencoba Tahu Gejrot asal Cirebon, hati-hati ketagihan karena rasanya benar-benar lezat.

Tahu Kuningan

Berbeda dengan tahu gejrot, Tahu Kuningan merupakan makanan ringan khas Cirebon yang memiliki rasa gurih dan pastinya sangat enak. Kuliner yang satu ini diolah dari biji kedelai pilihan yang telah melewati proses fermentasi untuk menciptakan tahu yang enak.

Tahu ini sekilas memang mirip dengan tahu Sumedang. Namun pas dicoba, Tahu Kuningan ini memiliki isi yang lebih padat dan juga lebih lembut.

Gadungan

Cemilan khas Cirebon yang bisa kamu cobain adalah Gadungan. Cemilan ini memiliki rasa yang gurih dan enak. Bahan dasar cemilan ini adalah singkong yang dicampur dengan kelapa. Biasanya, cemilan ini banyak ditemukan di area pasar. Namun bisa juga ditemukan di penjual keliling yang menawarkan Gadungan.

Kerupuk Melarat

Salah satu makanan khas Cirebon yang harus kamu cobain adalah Kerupuk Melarat. Kerupuk yang enak dan renyah ini menjadi semakin nikmat jika disiram dengan saus kacang pedas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini