6 Selebriti Tanah Air Ini Pernah Jadi Korban Bullying saat di Sekolah

Oleh Heri Setiawan pada 10 Apr 2019, 16:25 WIB
Awkarin

Liputan6.com, Jakarta Fenonema bullying di lingkungan sekolah masih saja terjadi hingga saat ini. Beberapa waktu belakangan ini media sosial tengah ramai memperbincangkan kasus kekerasan dan pelecehan seksual yang dialami oleh Audrey, seorang siswi SMP asal Pontianak. Audrey menjadi korban pengeroyokan oleh sejumlah siswi SMA. 

Selain itu, dirinya diancam dan diintimidasi oleh para pelaku dan kabarnya Audrey juga dikeroyok oleh pelaku bullying tersebut. Tagar #JusticeForAudrey semakin kencang berdengung di Media Sosial dan dunia nyata.

Kasus dugaan kekerasan yang menimpa gadis 14 tahun tersebut terus mengundang simpati banyak orang. Dukungan untuk Audrey juga diungkapkan oleh sejumlah selebriti Tanah Air.

Nah, ternyata kasus bullying juga pernah dialami sejumlah arti Indonesia. Yakni berupa cibiran hingga perlakuan kasar seperti dipukul dan ditendang. Kendati demikian, mereka berhasil bangkit dan meraih kesuksesan.

Berikut Liputan6.com rangkum 6 seleb tanah air yang pernah jadi korban bullying di sekolah, Rabu (10/4/2019).

2 of 7

1. Tulus

Pelantun lagu fenomenal 'Pamit', Muhammad Tulus Rusydi atau yang akarab disapa Tulus mengakui semasa kecilnya dulu ia pernah menjadi sasaran kekerasan teman-temannya.

Salah satu lagunya yang bertajuk 'Gajah' yang diciptakannya ternyata menyimpan kisah bullying yang ia alami.

Bisa mencapai posisi sekarang, Tulus bercerita bahwa dirinya pernah menjadi korban bullying semasa SD. Sebutan Gajah, Kerbau dan Beruang yang sangat tak nyaman ia terima. Namun ia pun berhasil bangkit, dan mengubah apa yang menjadi masa lalunya tersebut sebagai hal yang positif.

3 of 7

2. Verrell Bramasta

[Bintang] Verrell Bramasta dan Natasha Wilona
(Instagram/bramastavrl)

Siapa sangka sosok Verrell Bramasta merupakan salah satu sosok yang pernah jadi korban bullying di sekolah. Lewat akun sosial media miliknya, Verrell ikut menyerukan suara dukungan untuk Audrey.

Selain itu, ia juga sempat mengungkapkan bahwa dirinya juga merupakan korban bullying saat masih sekolah dulu.

Verrell juga menuliskan pendapatnya soal bullying. "Aku pernah menjadi korban bullying di sekolah. Jika ada sesuatu dari bullying, itu bukan tentang memiliki kekuatan, punya kendali, menjadi tangan di atas, atau pun terlihat kece dari pada yang lain," tulisnya dalam  postingan IG Story.

4 of 7

3. Tatjana Saphira

[Fimela] Tatjana Saphira
Preskon Film Hit N Run (Nurwahyunan/Fimela.com)

Pemain film hits 'Sweet 20', Tatjana Saphira semasa sekolah juga memiliki pengalaman menjadi korban bully. Ia mengaku pernah disuruh-suruh dan dipalak.

Tak hanya itu, di awal kariernya menjadi artis saat masih berusia 13 - 14 tahun pun ia mendapat perlakuan kurang menyenangkan dari teman-temannya.

Karena terlalu mengambil hati atas perlakuan dari teman-temannya, Tatjana Saphira-pun sampai sempat kurang percaya diri.

5 of 7

4. Prilly Latuconsina

[Fimela] Prilly Latuconsina
(Bambang E.Ros/Fimela.com)

Memiliki tubuh mungil rupanya membuat Prilly Latuconsina menjadi korban bully saat di bangku sekolah. Di usianya yang menginjak remaja kala itu, pemain film 'Danur' ini terbilang tak memiliki banyak teman.

Tidak hanya di sekolah, Prilly mengaku menerima bully sejak ia terjun ke dunia selebritas.

Bullying yang diterima Prilly lebih banyak disalurkan lewat media sosial berupa komentar-komentar dari netizen yang gemar membicarakan soal bentuk tubuhnya. Hal tersebut nyatanya membuat Prilly harus mengubah pola makan dan sebagainya.

6 of 7

5. Maxime Bouttier

[Fimela] Maxime Bouttier
Preskon film Kain Kafan Hitam (Nurwahyunan/Fimela.com)

Aktor muda Maxime Bouttier mengaku pernah jadi korban bullying oleh teman-temannya saat duduk di bangku SMP. Maxime Bouttier menceritakan, kasus bullying itu dia alami sekitar empat bulan.

Selama itu pula, dia mengaku tidak nyaman dan khawatir saat hendak pergi ke sekolah. Saat SMP dulu, Maxime Bouttier merasa bahwa dia tidak memiliki wajah yang tampan dan sangat culun.

Hal itulah yang menjadi alasan mengapa dirinya sempat dirisak oleh teman-teman sepermainannya. M eski sempat pasrah dengan perisakan yang dilakukan teman-temannya, lama-kelamaan keberanian Maxime Bouttier muncul. Ia sanggup melakukan perlawanan dan mampu membela dirinya sendiri.

7 of 7

6. Awkarin

Awkarin
Awkarin (dok. Instagram @awkarin/https://www.instagram.com/p/BtIoz3sDeLk/Putu Elmira)

Kasus Justice for Audrey ini memicu kekesalan Awkarin. Selebgram cantik ini bahkan berjanji akan memperjuangkan hak asasi korban AY agar mendapat penanganan hukum yang jelas.

Maklum, sebagai mantan korban bullying semasa SMA, Awkarin tahu betul bagaimana rasanya dirisak. Awkarin sempat tertekan karena dibully cupu hingga dicampakkan pacar semasa remaja. Akibat depresi, Awkarin beberapa kali masuk rumah sakit karena mencoba bunuh diri.

Lanjutkan Membaca ↓