Sukses

7 Kondisi Aneh yang Terjadi Pada Otak Manusia, Bikin Bingung

Fenomena aneh ini sering terjadi pada otak manusia dan kadang memberikan efek membingungkan.

Liputan6.com, Jakarta Otak adalah pusat sistem saraf yang dimiliki oleh sebagian besar vertebrata dan invertebrata lainnya. Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume kurang lebih 1.350 cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron.

Otak berfungsi mengatur dan mengkoordinasi sebagian besar gerakan, perilaku, fungsi tubuh seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan dalam tubuh hingga suhu tubuh. Selain itu otak manusia juga bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia.

Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf di dalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Otak juga merupakan salah satu bagian dari tubuh manusia yang masih menyimpan banyak misteri di dalamnya. Bahkan para ilmuan masih belum bisa memecahkan misteri-misteri hingga fenomena aneh yang terjadi pada otak manusia.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa misteri atau fenomena aneh yang terjadi pada otak manusia dan pasti pernah kamu alami, Selasa (10/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fenomena Aneh yang Terjadi Pada Otak Manusia

1. Deja Vu

Deja Vu adalah fenomena atau perasaan yang bisa muncul pada setiap orang. Perasaan di mana kamu sedang berada di suatu situasi dan sangat yakin bahwa kamu pernah mengalami perasaan atau situasi tersebut sebelumnya. Deja Vu juga bisa diartikan sebagai perasaan yang pernah kamu alami sebelumnya dan terjadi lagi sama persis.

2. Deja Vecu

Hampir sama dengan Deja Vu, namun Deja Vecu memiliki perasaan yang lebih kuat lagi dibandingkan dengan Deja Vu. Jika Deja Vu merasakan pernah ada di situasi yang sama secara samar, jika Deja Vecu jauh lebih detail. Detail ini bisa berupa suara, aroma, dan kejadian-kejadian lainnya.

3. Deja Visite

Perasaan Deja Visite adalah perasaan yang muncul ketika kamu berada di suatu tempat yang belum pernah kamu kunjungi tapi kamu merasa sangat familiar dengan tempat tersebut. Kamu memiliki perasaan pernah mengunjungi tempat tersebut walaupun sebenarnya sama sekali belum pernah menginjakkan kaki di sana.

4. Deja Senti

Fenomena aneh yang terjadi pada otak selanjutnya mungkin agak sulit dijelaskan. Namun secara garis besar, perasaan ini adalah fenomena pernah merasakan sesuatu. Contohnya kamu merasa pernah mengatakan sesuatu namun setelah beberapa saat kamu sadar bahwa kamu belum mengatakan apa-apa.

3 dari 3 halaman

Fenomena Aneh Pada Otak Manusia yang Pernah Terjadi

5. Jamais Vu

Tiba-tiba kamu lupa dengan sebuah kata yang sudah kamu baca atau kamu ingat sebelum-sebelumnya, bisa jadi kamu sedang mengalami Jamais Vu. Jamais Vu juga sering dikaitkan dengan kondisi otak yang sedang mengalami kelelahan.

6. Presque Vu

Presque Vu erat kaitannya dengan epiphany. Epiphany adalah sebuah penglihatan dan kasus ini sangat jarang terjadi. Presque Vu merupakan perasaan yang kuat bila kamu akan mengalami epiphany.

7. Capgras Delusion

Capgras Delusion adalah fenomena dimana kita merasa yakin kalau keluarga atau teman dekat kita sebenernya adalah orang lain yang wujudnya sama persis. Khayalan ini biasa terjadi pada penderita schizophrenia atau kelainan mental lain.

Itulah beberapa fenomena aneh yang terjadi pada otak manusia. Fenomena-fenomena tersebut hingga sekarang masih belum bisa dijelakan secara ilmiah oleh para peneliti. Apakah kamu pernah mengalami fenomena-fenomena aneh di atas. Mungkin itu adalah fenomena yang wajar terjadi pada setiap orang, jadi jangan panik dan tetaplah tenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini