Cara Menyimpan Nomor WhatsApp dari WhatsApp Web

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 10 Apr 2019, 09:10 WIB
Diperbarui 10 Apr 2019, 09:10 WIB
Asyik, WhatsApp Web Kini Bisa Kirim Dokumen
Perbesar
Aplikasi pesan singkat, WhatsApp, terus memperkaya fitur-fitur di perangkat mobile hingga desktop.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa tahun yang lalu, WhatsApp meluncurkan dukungan untuk WhatsApp Web yang memungkinkan penggunanya untuk membuka akun WhatsApp di browser komputer. Inovasi ini cukup menghemat banyak waktu dan usaha, terutama bagi orang-orang yang menghabiskan banyak waktu duduk dan bekerja di desktop mereka.

WhatsApp Web memang memberikan kemudahan penggunanya untuk mengakses aktivitas WhatsApp melalui komputer. Namun, nampaknya fitur dari WhatsApp Web belum selengkap versi aplikasinya. WhatsApp Web hanya dapat mendukung kegiatan chatting. Untuk melihat story, menambahkan kontak, atau melakukan panggilan WhatsApp Web tak dapat melakukannya.

Salah satu fitur yang cukup penting dari WhatsApp adalah menambahkan kontak baru pada WhatsApp. Penambahan kontak hanya dapat dilakukan melalui WhatsApp di aplikasi ponsel. Hal ini karena kontak tersinkronisasi langsung dengan kontak telepon yang ada di ponsel. Terkadang saat menggunakan WhatsApp Web Anda ingin menyimpan sebuah nomor baru namun enggan untuk menyentuh ponsel.

Nah, ternyata ada trik khusus bagi Anda yang ingin menambahkan kontak WhatsApp melalui WhatsApp Web. Trik ini memanfaatkan aplikasi pihak ketiga dan aman untuk dipraktekkan. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah untuk dapat menyimpan kontak dari WhatsApp Web. Berikut langkah menambahkan kontak dari WhatsApp Web yang berhasil Liputan6.com rangkum dari Guiding Tech, Rabu (10/4/2019).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Instal InTouchApp

InTouchApp
Perbesar
InTouchApp (sumber: Play Store)

InTouchApp adalah aplikasi manajer kontak yang tersedia untuk Android dan iOS. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mensinkronkan kontak yang ada di ponsel ke dekstop browser komputer Anda. Dengan begitu Anda dapat menambahkan kontak baru dari dekstop dengan mudah dan kontak tersebut akan tersimpan di ponsel Anda.

Buka Play Store dan instal aplikasi InTouchApp. Setelah selesai, buka aplikasi dan registrasi untuk akun baru. Ini diperlukan oleh aplikasi untuk menyinkronkan kontak. Anda harus memberi mengisi ID email, nomor yang tertaut ke WhatsApp, dan nama untuk menyelesaikan pendaftaran.

Setelah membuat akun, klik pada gambar profil Anda di bagian tengah atas aplikasi untuk mengakses halaman profil dan kemudian klik Pengaturan (ikon roda gigi) di sana.

Di bawah Akun, klik pada opsi Pilih akun yang akan disinkronkan dan pastikan Gmail Anda disetel untuk disinkronkan. Ini diperlukan agar data dapat disinkronkan ke ponsel setelah Anda menyimpan kontak melalui WhatsApp Web. Setelah itu buka Chrome pada dekstop Anda.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pasang ekstensi InTouchApp Phone Contacts & Data Saver

InTouchApp Phone Contacts & Data Saver
Perbesar
ekstensi InTouchApp Phone Contacts & Data Saver (sumber: chrome.google.com/webstore)

Buka Google Chrome dan instal ekstensi InTouchApp Phone Contacts & Data Saver. Seperti namanya, ekstensi ini akan membantu Anda mengelola lead, kontak, dan menyimpannya ke cloud. Anda dapat menginstalnya melalui tautan berikut:https://chrome.google.com/webstore/detail/intouchapp-phone-contacts/fmanjoeogdemcgapfmadpgcmigkefkkc/related?hl=en

Ekstensi InTouchApp Phone Contacts & Data Saver berasal dari pengembang yang sama dengan yang membuat InTouchApp. Setelah Anda menginstal ekstensi, ikon baru akan muncul di status bar Anda. Disini Anda mulai dapat menyimpan kontak dari WhatsApp Web.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Masuk ke WhatsApp Web

WhatsApp Web
Perbesar
Tampilan WhatsApp Web yang kini mendukung pengguna iOS (Sumber : web.whatsapp.com)

Buka WhatsApp Web di tab baru atau jendela di Chrome. Anda akan mendapati QR code. Untuk memindai kode ini dan menghubungkannya ke WhatsApp di ponsel Anda, buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Kemudian klik pada menu tiga titik dan pilih WhatsApp Web. Jika Anda menggunakan iPhone, pilih Pengaturan di bagian bawah layar dan kemudian pilih WhatsApp Web.

Setelah WhatsApp di ponsel memindai kode yang ditampilkan di halaman Web WhatsApp dengan benar, Anda akan masuk ke akun WhatsApp Anda. Kemudian Anda dapat melihat obrolan WhatsApp Anda di browser.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Memasukkan kontak baru dari WhatsApp Web

Memasukkan kontak baru dari WhatsApp Web
Perbesar
Memasukkan kontak baru dari WhatsApp Web (sumber: Guiding Tech)

Klik pada ekstensi InTouchApp yang telah dipasang pada langkah sebelumnya. Anda dapat menggunakan email, nomor ponsel, atau ID akun yang telah teregistrasi di aplikasi ponsel Intouch untuk masuk. Setelah itu lakukan verifikasi untuk menyambungkan kontak ponsel dan dekstop Anda.

Ketika selesai tersinkronisasi, fitur tambah kontak akan muncul pada WhatsApp Web Anda. Anda akan melihat nama kontak muncul di browser Web WhatsApp dalam beberapa menit setelah sinkronisasi selesai.

Untuk menambahkan kontak baru, cukup buka nomor yang akan ditambahkan, lalu klik ikon tambah kontak yang ada di sebelah nomor baru tersebut. Masukkan detail informasi dari nomor tersebut seperti nama,email atau jabatan dan jangan lupa untuk menyimpannya.

Penyimpanan kontak akan memerlukan waktu beberapa saat, tunggu agar kontak tersimpan dengan benar. Setelah tersimpan, kontak yang Anda akan tersinkronisasi dengan ponsel. Anda pun dapat melihat kontak baru pada ponsel Anda. Bagaimana, mudah bukan? Anda tak perlu lagi menyimpan kontak baru dari ponsel Anda.

Di lain waktu, ketika Anda menerima pesan dari orang yang tidak ada dalam daftar kontak Anda, Anda dapat dengan mudah menyimpan detailnya. Meskipun Anda dapat terus menikmati WhatsApp Web yang terintegrasi dengan kontak di ponsel, pastikan Anda mengikuti pedoman dasar untuk mengamankan WhatsApp Anda juga,ya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya