8 Alam Wisata Cimahi dengan Pemandangan Memukau dan Suasana Sejuk

Oleh Nisa Mutia Sari pada 09 Apr 2019, 20:30 WIB
Alam Wisata Cimahi

Liputan6.com, Jakarta Alam Wisata Cimahi begitu indah dan menyejukkan. Cimahi merupakan salah satu kota yang terdapat di Provinsi Jawa Barat. Kota ini memiliki julukan Kota Tentara. Hal ini dikarenakan, Cimahi dulunya pernah menjadi pusat latihan militer pada zaman penjajahan Indonesia.

Nah, Kota Cimahi ini letaknya di sebelah barat Kota Bandung. Maka tidak heran, kalau Cimahi juga memiliki banyak sekali wisata alam yang menarik dan unik. Buat kamu yang sedang berada di Kota Cimahi dan sekitarnya, bisa banget cobain berkunjung ke alam wisata yang dimiliki kota ini.

Kota dengan udaranya yang sejuk, membuat banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi baik dengan teman-teman maupun keluarga. Bertemakan hawa yang sejuk, panorama yang indah, serta lokasinya yang strategis, membuat kamu wajib mengunjungi salah satu alam wisata Cimahi ini.

Berikut Liputan6.com, Selasa (9/4/2019) berikan rekomendasi alam wisata Cimahi yang wajib dikunjungi. Telah dirangkum dari berbagai sumber, nikmati indah dan kesegaran alam wisata Cimahi ini.

2 of 4

Indahnya Wisata Air di Cimahi

Alam Wisata Cimahi
Alam Wisata Cimahi Curug Malela / Sumber: iStock

Curug Malela

Alam wisata Cimahi yang wajib kamu kunjungi adalah Curug Malela. Air terjun ini memiliki ketinggian antara 60 sampai dengan 70 meter dan lebarnya kurang lebih 50 meter. Curug Malela ini termasuk ke dalam rangkaian air terjun sepanjang 1 kilometer.

Curug ini sangat indah, sebab terdiri dari beberapa aliran air terjun di bawahnya. Banyak yang mengatakan, kalau air terjun ini mirip dengan air terjun Niagara mini.

Bagi para pengunjung yang ingin mencapai ke alam wisata Cimahi ini, kamu perlu melewati perjalanan yang cukup melelahkan. Namun setelah sampai, kamu akan dimanjakan dengan keindahan curugnya.

Pastikan datang saat cuaca sedang cerah, ya. Karena jika saat hujan, akses jalan yang kurang baik akan menyulitkan perjalanan kamu menuju ke sana.

Curug Pelangi

Alam wisata Cimahi yang satu ini merupakan destinasi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, loh. Bagaimana tidak, curug ini memiliki daya tarik utama yang bisa dinikmati saat sore dan malam hari. Di mana akan terlihat warna-warni yang sangat mempesona.

Keindahan Curug Pelangi Cimahi ini menjelang sore dan malam hari sangatlah luar biasa indahnya. Hal ini disebabkan oleh lampu-lampu yang telah di setting yang bisa menghasilkan warna-warni pelangi ketika disorotkan ke air terjun yang dipasang di bagian belakang air terjun Cimahi ini.

Alam wisata Cimahi ini menawarkan perpaduan eksotisme alam sekitar curug yang sangat alami khas pegunungan dengan teknologi pencahayaan cahaya menghadirkan suguhan atraksi alam yang spektakuler.

Curug Cimahi

Curug Cimahi merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, tepatnya beralamat di Jalan Kolonel Masturi, Cisarua, yang di mana letaknya ini sangat dekat dengan beberapa tempat wisata di Lembang.

Curug Cimahi ini tingginya mencapai 85 meter dan yang paling tinggi di kota Cimahi. Kawasan air terjun ini mempunyai pemandangan yang sangat indah dan udaranya begitu segar. Dengan luas kurang lebih 2 hektar, alam wisata Cimahi ini cukup terkenal dan punya keistimewaannya sendiri.

3 of 4

Alam Wisata Cimahi hingga Kampung Cireundeu

Alam Wisata Cimahi
Alam Wisata Cimahi / Sumber: www.jabarprov.go.id

Alam Wisata Cimahi

Alam Wisata Cimahi atau yang biasa dikenal dengan sebutan AWC. Tempat ini menawarkan wisata yang begitu indah, yang merupakan perpaduan antara pemandangan alam indah dengan arena bermain seru dan menarik. Alam wisata Cimahi ini didirikan oleh CV Kebun Tanu Anugrah, dimana menjadi wujud keinginan dari pengusaha untuk mengembangkan potensi pariwisata di bidang pertanian, peternakan, dan juga kuliner.

Beberapa permainan yang ada seperti jembatan goyang dan flying fox. Tempat alam wisata Cimahi ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata bersama dengan keluarga terutama bersama anak-anak. Adapun fasilitas lainnya seperti kolam renang, kolam pemancingan, sampai dengan restoran dan tempat makan dengan menu beragam. Tempat alam wisata Cimahi ini cocok bagi kamu yang ingin mencari ketenangan jauh dari hiruk pikuk keramaian.

Kebun Strawberry

Buat kamu yang ingin mencicipi segarnya buah strawbeey langsung dari kebunnya, bisa banget mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Kebun strawberry ini letaknya berada di Jalan Cihaunjang Km 2. Di sini kamu bisa merasakan pengalaman memetik buah strawberry dengan sepuas-puasnya. Selain ini, di sini kamu akan disuguhkan dengan suasana yang sangat segar dengan dilengkapi area bermain untuk anak.

Lokasinya juga sangat cocok untuk bersantai serta menyegarkan mata. Di sini kamu juga bisa menunggangi kuda layaknya koboi. Bagi yang ingin menikmati sajian kuliner, bisa juga mencoba aneka sajian kuliner yang tersedia di area ini seperti tahu gejrot, colenak, pisang penyet, dan masih banyak lagi.

Kampung Cireundeu

Alam wisata Cimahi lainnya yang wajib kamu kunjungi adalah Kampung Cireundeu. Kampug ini berada di Cimahi Selatan. Di kampung ini masih sangat memegang teguh adat istiadat nenek moyang. Kehidupan masyarakat yang ada di sini juga sangat unik. Karena makanan pokok mereka bukanlah nasi, melainkan singkong rebus.

Di sini kamu bisa melihat peninggalan sejarah, keindahan alam, dan juga adat istiadatnya yang masih sangat kental. Desa ini tidak dihuni oleh banyak orang. Desa ini hanya dihuni oleh 50 kepala keluarga dan kira-kira ada 800 jiwa yang ada di kampung ini. 

4 of 4

Alam Wisata Cimahi Berupa Taman Bunga

taman anggrek
Anggrek jenis Doritis Pulcherrima, salah satu anggrek murah berbunga kecil namun ulet dan kuat bertahan hidup. (foto : Liputan6.com / edhie prayitno ige)

Taman Bunga Cihideung

Alam wisata Cimahi yang bisa kamu kunjungi juga adalah Taman Bunga Cihideung. MErupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Parongpong. Tempat ini sekarang telah berkembang menjadi kawasan wisata bunga dengan kesejukan alami. Sebagian besar penduduk desa Cihideung ini bekerja sebagai petani bunga, baik itu petani bunga hias maupun bunga potong.

Selain menikmati aneka ragam bunga, di sini kamu juga bisa menginap dengan konsep tenda dan cottage. Daya tamping penginapan tenda ini bisa mencapai 200 orang, loh. Namun memang, penginapan dengan konsep cottage ini yang paling mahal.

Taman Bunga Kupu-kupu

Wisata alam Cimahi yang wajib dikunjungi adalah Taman Kupu-kupu. Tempat wisata ini sangat bernilai edukasi buat anak-anak dan cocok dijadikan sebagai sarana belajar kepada anak-anak. Memiliki desain interior taman kupu-kupu yang ditata dengan begitu detail dan menarik, menjadikan tempat wisata ini sangat rindang dan sejuk.

Luas keseluruhan taman kupu-kupu ini mencapai 1,7 hektar dengan 35 jenis kupu-kupu yang di tangkarkan. Namun kamu tidak perlu bingung untuk mengitari taman yang sangat luas ini. Karena terdapat instruktur pemandu taman yang akan membantu memberikan informasi. Tentunya hal ini sangat berguna untuk kamu dan anak-anak.

Lanjutkan Membaca ↓