Sukses

7 Wisata Tuban dengan Pesona Alamnya, Mulai dari Pantai hingga Air Terjun

Jarang terdengar, ternyata Tuban memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat indah.

Liputan6.com, Jakarta Jarang terdengar, ternyata Tuban memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat indah. Apalagi dengan lokasinya yang berada di pesisir pantai, membuat wisata Tuban menjadi banyak memiliki pantai pantai yang indah.

Selain itu, masih banyak lagi wisata alam seperti air terjun, goa, maupun pemandian yang terdapat di Tuban. Wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata tersebut pun tak kalah banyak dengan tempat tempat lainnya.

Tuban yang terletak di provinsi Jawa Timur ini, juga memiliki tempat tempat wisata sejarah dan wisata anak lainnya. Memang banyak sekali potensi wisata Tuban yang banyak orang masih belum menyadarinya.

Oleh karena itu, marilah mengetahui tentang wisata Tuban yang wajib kamu kunjungi terutama wisata alamnya yang indah seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Air Terjun

1. Air terjun Nglirip

Wisata Tuban yang pertama adalah Air Terjun Nglirip. Lokasinya berjarak sekitar 37 km dari Kota Tuban, tepatnya di Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban.

Letaknya yang jauh dari pusat Kota Tuban tidak membuat wisata Tuban ini sepi pengunjung, malah sebaliknya tempat wisata Tuban ini sangat ramai dikunjungi. Hal ini karena memang keindahan alam di air terjun ini tiada duanya.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan air yang sangat deras. Pada musim kemarau airnya berwarna biru tosca yang sangat indah. Tidak mengherankan bila wisata Tuban ini begitu terkenal dan populer sebagi kunjungan wisata. Keindahan dan kesegaran alamnya akan membuatmu tenang dan nyaman untuk liburan.

 

2. Air terjun Bongok

Berbanding terbalik dengan Air Terjun Nglirip, wisata Tuban satu ini memang masih belum begitu terkenal. Tapi jangan salah, keindahan yang ditawarkan oleh Air terjun Bongok ini tidak kalah dengan Air terjun Nglirip yang telah duluan populer.

Selain suasana yang tenang dan sunyi khas wisata alam, disini juga terdapat 2 air terjun. Di sini kamu dapat bermain air dan bahkan mandi di alirannya. Pemandangan di sekitarnya dapat dinikmati dengan mengambil foto air terjun yang snagat cantik.

Jalan ke wisata Tuban satu ini memanglah belum terlalu memadai, sehingga membuat kamu harus berusaha sedikit untuk berletih-letih, sebelum mencapai Air terjun Bongok ini. Tetapi setelah sampai, letihmu akan terbayarkan dengan panorama alam yang mengagumkan dan kesegaran yang ditawarkannya.

3 dari 4 halaman

Wisata Pantai

3. Pantai Boom

Pantai Boom merupakan pantai yang sangat terkenal di Tuban. Lokasinya yang hanya berjarak sekitar 150 meter dari alun alun Tuban mendukung banyaknya wisatawan yang berkunjung ke salah satu wisata Tuban ini.

Banyak hal yang bisa dilakukan di Pantai Boom ini, selain dapat menikmati pemandangan pantai yang sangat cantik, kamu juga dapat menikmati suasana yang menenangkan. Selain itu kamu juga bisa memancing, melihat sunrise ataupun sunset, serta berlayar di pantai menggunakan perahu nelayan.

Di pantai Boom terdapat 2 sumur yang mengeluarkan air tawar. Selain itu di wisata Tuban satu ini, juga terdapat daratan yang menjorok ke laut sekitar 800 meter.

 

4. Pantai Kelapa

Pantai Kelapa merupakan salah satu wisata Tuban yang terletak di bagian timur Kabupaten Tuban. Bedanya dengan pantai-pantai lainnya, di sini kamu dapat menikmati panorama pemandangan pohon kelapa yang berjejer di pinggir pantai, sesuai dengan namanya yaitu Pantai Kelapa.

Pemandangan hijau tersebut seakan menambah keindahan pemandangan Pantai Kelapa ini. Jadi kamu dapat menikmati semua keindahan pantai ditambah dengan keindahan pohon kelapa yang berjejer di sini.

Selain itu, di sekitar pantai kamu juga dapat melakukan berbagai kegiatan seperti outbound ataupun berkemah. Karena pantai ini merupakan pantai yang masih alami dengan udara sejuk dan pemandangan hijau yang menyegarkan.

4 dari 4 halaman

Wisata Pantai Lainnya

5. Pantai Cemara

Lagi lagi Wisata Tuban ini merupakan wisata pantai dengan keunikannya tersendiri. Hampir sama dengan Pantai Kelapa, Pantai Cemara merupakan pantai yang di sepanjang bibir pantainya ditumbuhi oleh pohon cemara.   

Selain itu, di kawasan Pantai Cemara ini juga ada pusat mangrove yang dapat dikunjungi wisatawan. Jadi kamu memiliki banyak alternatif kunjungan di salah satu wisata Tuban ini.

Pantai ini juga aman bila kamu ingin berenang dan bermain air, karena pantainya dangkal dan ombak yang relative tenang.

 

6. Pantai Sowan

Pantai di wisata Tuban ini mungkin memang identic dengan kehijauan. Di tepi Pantai Sowan pun terdapat hutan yang luasnya mencapai 32 Hektar, yang membuat pantai ini juga merupakan pantai dengan pemandangan hijau yang segar.

Di hutan dekat pantai ini, tumbuh berbagai jenis tumbuhan seperti pohon trembesi, mahoni serta pohon klampis. Letaknya yang dekat dengan jalan pantura juga bisa menjadi alternatif buat kamu yang sedang lewat jalan tersebut.

 

7. Pantai Remen

Pantai Remen menjadi wisata Tuban yang sangat populer karena pasir putihnya ynag sangat mempesona. Pantai Remen merupakan tempat wisata yang terhitung masih baru di Tuban, karena baru diresmikan pada tahun 2015 lalu.

Karena itulah, pantai ini masih bersih dan alami karena dijaga dan dikelola secara mandiri oleh warga di Desa Remen tersebut. Pasir putihnya yang menghampar luas begitu indah dan tentunya dapat menenangkan dan menyegarkan pikiran kamu yang sedang letih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.