5 Wisata Bengkulu Paling Terkenal, Pesona Alam yang Indah

Oleh Rizzaq Aynur Nugroho pada 08 Apr 2019, 18:30 WIB
Diperbarui 10 Apr 2019, 17:13 WIB
Mudik Lebaran 2017 di Bengkulu Wajib Kunjungi Lokasi ini

Liputan6.com, Jakarta Wisata Bengkulu memiliki berbagai macam keindahan yang bisa kamu datangi dan kamu nikmati untuk memanjakan mata dan melepas penat. Beberapa wisata Bengkulu dari wisata alam hingga wisata sejarah ada di sini. 

Beberapa tempat wisata sudah cukup terkenal karena suasana dan pemandangannya, namun ada juga beberapa yang belum terlalu terkenal namun tidak kalah menarik dan bisa kamu kunjungi juga.

Wisata Bengkulu yang cukup terkenal diantaranya adalah wisata alam Bukit Kaba. Wisata alam yang satu ini menyuguhkan pemandangan gunung dan kawah yang cukup mempesona dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Bengkulu adalah sebuah provinsi di bagian barat Pulau Sumatera. Letak geografis Bengkulu yang sebagian besar daerahnya berada di pesisir, membuat Bengkulu memiliki banyak tempat wisata pantai dan laut yang memukau dan indah.

Beberapa pantai terkenal di Bengkulu antara lain adalah Pantai Panjang dan Pantai Pasir Putih. Beberapa pantai di Bengkulu juga bisa dijadikan sebagai tempat wisata untuk menikmati keindahan biota laut dan terumbu karang. Berbagai macam ikan hias bisa kamu temui di sana.

Masih banyak lagi wisata Bengkulu yang menyuguhkan pemandangan indah dan sayang jika terlewatkan saat kamu berkunjung kesana. Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa informasi mengenai wisata Bengkulu yang bisa kamu datangi yang pastinya tidak akan mengecewakan, Senin (8/4/2019).

2 of 6

1. Bukit Kaba

Bukit Kaba Bengkulu
Bukit Kaba Bengkulu (sumber: dtphp.bengkuluprov)

Bukit Kaba adalah wisata Bengkulu yang cukup terkenal dan sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai tempat. Bukit Kaba berlokasi di Desa Sumber Urip, Selupuh Rejang, Rejang Lebong.

Bukit Kaba sebenarnya bukanlah sebuah bukit, namun merupakan sebuah gunung api yang masih aktif. Bukit Kaba memiliki delapan kawah yang lima diantaranya tertutup tanaman. Untuk menikmati keindahan alam dari puncaknya, kamu harus menaiki tangga sejumlah kurang lebih 300 anak tangga.

Bukit Kaba sering digunakan sebagai tempat untuk berkemah. Mereka akan mendirikan tenda di sana. Selain pemandangan di siang hari yang menakjubkan, pemandangan di malam hari di Bukit Kaba juga sangat menarik karena memperlihatkan pemandangan Kota Curup pada malam hari.

3 of 6

2. Wisata ke Habitat Bunga Rafflesia Arnoldi

Bunga Rafflesia
Bunga Rafflesia arnoldii kembali mekar di kawasan hutan lindung Bukit Daun, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu. (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo Putra)

Bengkulu juga terkenal dengan sebutan Bumi Rafflesia Arnoldi, karena memang menjadi salah satu tempat habitat bunga terbesar di dunia ini tumbuh. Bunga ini dapat kamu temui di Hutan Lindung Bukit Daun, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu.

Selain di sini masih banyak juga tempat tumbuh dan habitat bunga Rafflesia Arnoldi. Namun kamu harus bersabar dan tidak selalu bisa menemukan bunga ini.

Bunga Rafflesia Arnoldi juga menjadi salah satu bunga yang mengeluarkan bau yang tidak sedap, jadi kamu harus berhati-hati dan harus tahan dengan baunya. Bunga Rafflesia Arnoldi juga menjadi salah satu keajaiban dunia yang berasal dari Indonesia.

4 of 6

3. Pantai Panjang

Enam Destinasi Wisata Andalan Menuju Visit Bengkulu Years 2020
Kawasan Pantai Panjang Kota Bengkulu menjadi ikon Visit Bengkulu Years 2020 (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo)

Wisata Bengkulu yang berikutnya adalah Pantai Panjang. Pantai Panjang mempunyai garis pantai yang cukup panjang kurang lebih 7 kilometer. Pantai ini dinamakan Pantai Panjang. Kamu hanya perlu membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dari ibu kota provinsi untuk menuju pantai ini.

Berbagai macam fasilitas disediakan mulai dari tempat bersantai, wisata kuliner, tempat bermain anak-anak, dan masih banyak lagi.

Selain itu di Pantai Panjang kamu juga akan menemukan pepohonan cemara dan pinus yang tumbuh di bibir pantai. Pasir putih di pantai ini juga memberikan kesan yang menarik dan pastinya memanjakan mata. Kamu juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam di Pantai Panjang.

5 of 6

4. Pulau Tikus

Pulau Tikus
Pulau Tikus. (Sumber: bengkuluprov)

Pulau Tikus adalah salah satu wisata Bengkulu yang unik dan harus kamu kunjungi. Tempat wisata ini hanya berukuran kurang lebih 1,5 hektar saja. Pulau Tikus juga merupakan wisata Bengkulu yang cukup terkenal karena keindahan terumbu karang yang dimilikinya.

Air lautnya yang jernih juga menjadi daya tarik dari pulau ini. Kamu bisa melakukan kegiatan snorkeling untuk menikmati biota laut dan juga berbagai macam terumbu karang yang ada di sana.

Letak dari Pulau Tikus sendiri berada di 10 kilometer sebelah barat Kota Bengkulu. Karena letaknya berada di tengah laut, kamu harus menyewa kapal untuk menuju kesana.

6 of 6

5. Sungai Air Berau

Kamu menyukai wisata yang memacu adrenalin, maka jika kamu sedang berada di Bengkulu kamu wajib datang ke dan merasakan arung jeram di Sungai Air Berau. Arus air sungai di sini cukup deras dan bisa memicu adrenalin wisatawan. Sungai Air Berau terdapat di Kabupaten Muko-muko, Bengkulu.

Selain tempat untuk memacu adrenalin dengan wahana arung jeram, di Sungai Air Berau juga sering berlangsung upacara adat. Upacara adat ini biasa warga sebut dengan anak daro mandi ke air. Upacara ini merupakan upacara memandikan anak bayi yang baru lahir ke sungai. Cukup menarik bukan?

Itulah beberapa wisata Bengkulu yang wajib kamu kunjungi saat berada di sana. Masih banyak wisata Bengkulu lainnya yang pastinya tidak kalah menarik dan tidak akan mengecewakan pengunjungnya.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓