Sukses

Baik Hati, Pengusaha Ini Ajak Naik Helikopter dan Beri Hadiah AC untuk Tetangga Sekampung

Banyak orang sukses dan kaya raya yang melupakan asal usul dan kampung halamannya.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentunya ingin menjadi sukses. Dibutuhkan kerja keras, kebiasaan serta waktu untuk menuju kesuksesan. Sukses bukan berarti hanya pada masalah berbisnis, tetapi sukses juga berarti kamu menjadi ahli atau dapat bermanfaat bagi orang di sekitarmu. 

Banyak orang sukses dan kaya raya yang melupakan asal usul dan kampung halamannya. Seperti kacang lupa dengan kulitnya. Tapi tidak dengan pengusaha asal Tiongkok bernama Zheng Daqing.

Beberapa bulan lalu ia menyempatkan diri untuk mudik ke kampung halamannya dan bertemu dengan tetangga-tetangganya untuk bersilaturahmi.

Tak hanya itu, pria konglomerat ini bahkan mentraktir para tetangganya dengan AC, uang, televisi, hingga jalan-jalan dengan helikopter, seperti yang Liputan6.com lansir dari South China Morning Post, Senin (8/4/2019).

Zheng Daqing adalah seorang pemilik perusahaan Xinjiang Tiandi Group. Beberapa waktu lalu ia mengunjungi kampungnya yakni kota Dingziqiao, provinsi Sinchuan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Lupa Kampung Halaman

Saat berkunjung ke kampung halamannya Zheng Daqing menaiki sebuah helikoter. Tapi ternyata hal ini bukan bermaksud pamer. Ia justru membawa hadiah berupa uang dan peralatan elektronik yang akan dibagikan kepada tetangga-tetangganya.

Zheng Daqing memberikan hadiah tersebut kepada tetangganya terutama untuk yang sudah berusia lebih dari 50 tahun.

Pengusaha baik hati tersebut mengeluarkan sekitar uang tunai senilai 9 juta yuan atau sekitar Rp 18 miliaran untuk dibagikan kepada tetangga sekampung. Belum lagi untuk alat elektronik, seperti AC, kulkas, dan TV yang jika ditotal mencapai 3 juta yuan atau Rp 8 miliaran.

Tak hanya membagikan hadiah, Zheng Daqing juga membawa beberapa tetangga jalan-jalan dengan kendaraan yang dibawanya, yaitu helikopter. Tentu hal ini semakin membuat teman-tetangga sekampung Daqing senang.

Sebelum terbang dengan helikopter, Daqing pun menyediakan fasilitas pemeriksaaan kesehatan untuk memastikan para lansia aman untuk naik.

3 dari 3 halaman

Pembawa Kebahagian untuk Tetangga Sekampung

"Banyak warga lanjut usia di desa kami yang tidak pernah naik atau melihat pesawat sebelumnya. Pesawat adalah hal yang sangat umum jadi disayangkan jika mereka tidak pernah terbang dengan pesawat," kata Mo Lian selaku Walikota Dingziqiao.

Para tetangga pun diberi uang tunai sebanyak 2,000 yuan (Rp 4 juta) hingga 60,000 yuan (Rp 124 juta). Segepok uang tunai itu pun dimasukkan dalam amplop merah tradisional selayaknya tradisi angpao di hari Imlek.

Daqing sendiri lahir dari keluarga miskin yang sempat bekerja sebagai petani setelah lulus sekolah dan bergabung dengan pasukan tentara. Di tahun 1985, ia merantau ke daerah barat China dan berusaha mengejar cita-citanya.

Kini Daqing adalah pemimpin dari perusahaan yang punya 16 cabang di bidang properti, energi, dan sektor lain. Daqing pun pernah menjadi orang ke-146 terkaya di China menurut daftar majalah Forbes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini