Potret Kesederhanaan 3 Tokoh Wanita Indonesia yang Prestasinya Diakui Dunia

Oleh Novita Ayuningtyas pada 07 Apr 2019, 12:43 WIB
Diperbarui 07 Apr 2019, 12:43 WIB
Susi Pudjiastuti

Liputan6.com, Jakarta Bagi orang Indonesia, siapa yang tak kenal dengan sosok Susi Pudjiastuti, Sri Mulyani dan juga Tri Rismaharini. Ketiga wanita Indonesia ini memiliki banyak penghargaan pada bidangnya masing-masing.

Tentu saja penghargaan yang didapatkan oleh ketiga sosok wanita ini membanggakan bagi bangsa dan negara. Namun, meski memiliki berbagai penghargaan tingkat internasional, ketiga wanita ini merupakan sosok yang sederhana.

Kamu pastinya cukup sering melihat bagaimana kesedehanaan dari Susi Pudjiastuti, Sri Mulyani dan juga Tri Rismaharini. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (7/4/2019) kesederhanaan dari para tokoh wanita Indonesia ini tentu saja bisa kamu contoh.

Berikut ini beberapa potret kesederhanaan dari tiga sosok wanita Indonesia yang memiliki prestasi tingkat dunia.

2 dari 4 halaman

1. Susi Pudjiastuti

Prestasinya Diakui Dunia, Begini Potret Kesederhanaan 3 Tokoh Wanita Indonesia
Sosok Susi Pudjiastuti (Sumber: Instagram/ffawzia07)

Pada awal tahun 2019, Menteri Susi Pudjiastuti masuk dalam 10 Besar Pemikir Terbaik Dunia pada Foreign Policy. Hal ini diperoleh secara khusus oleh Menteri Susi Pudjiastuti karena kinerjanya yang berhasil mempertahankan sumber daya kelautan. Bahkan berkat gebrakannya yang luar biasa, bisa dikatakan jika setiap tahun Susi Pudjiastuti berhasil memperoleh penghargaan dari dalam dan luar negeri.

Prestasinya Diakui Dunia, Begini Potret Kesederhanaan 3 Tokoh Wanita Indonesia
Sosok Susi Pudjiastuti (Sumber: Instagram/ffawzia07)

Bukan hal baru lagi Susi Pudjiastuti kerap berpenampilan sederhana. Bahkan sering dalam kerja kunjungannya ia hanya menggunakan kaos dan juga sandal. Gaya nyentrik dan santai dari Menteri Kelautan dan Perikanan ini pun kerap menjadi sorotan publik loh. Namun meski begitu, kinerja dari Susi Pudjiastuti tak perlu diragukan.

3 dari 4 halaman

2. Sri Mulyani

Sri Mulyani rapat di warung pecel
Sri Mulyani rapat di warung pecel (Sumber: Liputan6.com)

Sama halnya dengan Susi Pudjiastuti, Meteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani juga berhasil memperoleh penghargaan tingkat Internasional. Sri Mulyani baru saja dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik se-Asia Pasifik. Perolehan penghargaan ini pun tercantum pada majalah khusus keuangan Finance Asia pada Selasa (2/4/2019) lalu.

Sri Mulyani blusukan
Sri Mulyani blusukan. (Sumber: Instagram/smindrawati)

Bukan kali ini saja Sri Mulyani memperoleh penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik Se-Asia Pasifik. Akan tetapi pada tahun 2017 dan juga tahun 2018 lalu, wanita yang memiliki nama lengkap Sri Mulyani Indrawati ini juga mendapatkan penghargaan yang sama. Selain itu, di tahun 2018 Sri Mulyani juga mendapatkan penghargaan sebagai Menteri Terbaik di Dunia (Best MInister in the World Award) pada World Goverment Summit.

4 dari 4 halaman

3. Tri Rismaharini

Prestasinya Diakui Dunia, Begini Potret Kesederhanaan 3 Tokoh Wanita Indonesia
Sosok Tri Rismaharini (Sumber: Instagram/trirismaharini)

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini juga salah satu sosok wanita Indonesia yang membanggakan. Sebagai seorang wali kota, ia berhasil membawa nama Surabaya di kancah Internasional. Sosok Tri Rismaharini yang kerap menjadi sorotan ini pun berhasil masuk dalam nominasi wanita paling inspiratif versi Forbes di tahun 2013. Bahkan wanita yang kerap disapa Risma ini berhasil memperoleh penghargaan sebagai wali kota terbaik pada tahun 2014 oleh Coty Mayor Foundation.

Prestasinya Diakui Dunia, Begini Potret Kesederhanaan 3 Tokoh Wanita Indonesia
Sosok Tri Rismaharini (Sumber: Instagram/trirismaharini)

Tak heran jika Surabaya kota yang dipimpin oleh Risma berhasil memperoleh berbagai penghargaan tingkat dunia, seperti pada FuturGov Award serta Asan Townscape Award (ATA) pada tahun 2013. Sosok Risma juga dikenal sebagai orang yang sederhana. Selain itu, ia pun sering terjun langsung di lokasi dan membantu masyarakat. Tak jarang pula jika Risma kerap berbaur dengan masyarakat Surabaya. Bahkan saat kunjungan di luar daerah, Risma juga tampak akrab dengan masyarakat sekitar.

Lanjutkan Membaca ↓