5 Fakta Menarik Pasca Pertandingan Bayern vs Dortmund, Die Roten Kuasai Puncak Klasemen

Oleh Putra Marenda pada 07 Apr 2019, 11:15 WIB
Bayern Munchen v Borussia Dortmund

Liputan6.com, Jakarta Bermain di depan pendukungnya sendiri di Allianz Arena pada Sabtu (6/05/2019), Bayern Munchen mampu menghancurkan Borussia Dortmund dengan skor telak 5-0. Dalam laga yang bertajuk Derby Der Klassiker, Bayern Munchen cetak 5 gol melalui brace Robert Lewandowski, Mats Hummels, Javi Martinez dan Serge Gnabry.

Bayern Munchen tampil sangat menjanjikan pada pertandingan ini. Pada babak pertama saja, klub yang berjuluk The Bavarian ini sukses jebol gawang Dortmund 4 kali. Lalu di babak kedua menambah 1 gol yang membuat Dortmund makin menderita selepas pertandingan ini.

Bagi Die Borussen kekalahan ini sangat menyakitkan. Selain karena dihancurkan dengan 5 gol di laga Derby Der Klassiker, Dortmund juga turun peringkat setelah pertandingan ini. Kini posisi Dortmund di peringkat kedua setelah tersalip Bayern Munchen.

Bayern Munchen sekarang berada di posisi pertama dengan selisih 1 poin. Diprediksi dengan kemenangan ini akan menyetabilkan langkah Bayern Munchen untuk merengkuh gelar ke 29 di Bundesiga Jerman. Lebih lengkapnya, berikut Liputan6.com, Minggu (7/04/2019) rangkum dari berbagai sumber 5 fakta menarik pasca laga Munchen vs Dortmund.

2 of 6

Dortmund Hanya Catatkan 4 Tendangan Saja

Mats Hummels
Mats Hummels (AFP/Patrik Stollarz)

Bayern Munchen tampil menggila pada Derby Der Klassiker. Tidak tanggung-tanggung anak asuh Niko Kovac itu memberi pelajaran penting bagi Dortmund dengan mencetak 5 gol tanpa balas. Statistik terlihat tidak berimbang di antara kedua tim.

Munchen tercatat melepaskan 22 tendangan, sementara Dortmund hanya 4 tendangan saja. Rinciannya, tendangan yang mengarah gawang untuk Munchen ialah 10 tendangan sementara Dortmund hanya satu saja. Dari statistik tersebut terlihat Dortmund sangat tidak berdaya menghadapi Munchen.

Fakta unik lainnya ialah jumlah tendangan Dortmund yang hanya 4 tendangan saja, disamai dengan jumlah tendangan bek tengah Bayern Munchen yang mampu catatkan 4 tendangan. Hal ini makin membuktikan bahwa Dortmund tampil di bawah perfoma, sementara Munchen memang sedang bagus-bagusnya.

3 of 6

Rekor Javi Martinez

Javi Martinez
Gelandang Bayern Munchen, Javi Martinez dan Robert Lewandowski (AFP/Christof Stache)

Javi Martinez merupakan pemain Bayern Munchen yang berposisi sebagai gelandang tengah. Karena kemampuan bertahan yang baik, terkadang Javi Martinez juga ditempatkan sebagai bek tengah. Karena sering fokus di pertahanan, membuat Martinez dalam satu musim saat berseragam Munchen tidak pernah mencetak lebih dari 3 gol dalam satu musim.

Namun pada pertandingan kemarin, sumbangan satu golnya mampu membuat rekor baru bagi Javi Martinez. Martinez kini dalam satu musim berseragam Bayern Munchen mampu catatkan 4 gol. Musim ini pemain berusia 30 tahun tersebut mampu cetak gol ke gawang Hertha BSC, borussia monchengladbach dan Dortmund di Bundesliga. Sementara 1 gol lainnya dicetaknya di ajang Liga Champions ke gawang AEK Athens.

4 of 6

Rekor Robert Lewandowski

Lewandowski
Robert Lewandowski (Bayern Munchen) - 8 gol (AFP/Mathias Balk)

Bukan hanya Javi Martinez saja yang catatkan rekor pribadi pasca laga lawan Dortmund, penyerang berkebangsaan Polandia yakni Robert Lewandowski pun juga mampu catatkan rekor. Dengan sepasang golnya, mengukuhkan namanya sebagai pemain yang mampu cetak 14 gol di Derby Der Klassiker dengan rincian 13 gol saat berseragam Munchen dan 1 gol saat berseragam Dortmund.

Selain rekor tersebut, Lewandowski juga catatkan namanya menjadi pemain yang mampu cetak 200 gol di Bundesliga. Catatan impresif ini mampu Lewandowski lakukan dengan jumlah pertandingan 284 pertandinga. Hanya kalah dari Gerd Muller yang mampu catatkan 200 gol dalam 234 pertandingan.

Dengan sumbangan sepasang golnya, Lewandowski kini menjadi pemain pertama dalam sejarah Bundesliga yang mampu catatkan gol di 5 pertandingan beruntun saat melawan mantan klub. Kini Lewandowski di Bundesliga sudah mengemas 21 gol dan menjadi top skor sementara. Penampilan apiknya saat kalahkan Dortmund juga membuat Lewandowski mendapatkan man of the match pertandingan.

5 of 6

Marco Reus Terisolir

Marco Reus
Kapten Borussia Dortmund, Marco Reus (AFP/Guido Kirchner)

Dortmund hanya memakai satu striker saat melawan Bayern Munchen. Striker tersebut ialah kapten Borussia Dortmund, Marco Reus. Seperti diketahui Marco Reus adalah top skor Dortmund dengan torehan 19 gol dan 10 assist. Melihat statistik tersebut, membuat Reus harusnya memiliki banyak tendangan ke gawang Munchen. 

Namun faktanya Reus gagal catatkan satu tendangan pun ke kiper Munchen Manuel Neuer. Tendangan Dortmund malah dicatatkan oleh gelandang-gelandang mereka. Reus sukses dikawal Hummels. Pergerakannya jadi tidak efektif dan terkesan terisolir kurang dukungan oleh gelandang Dortmund. Dengan hasil ini, Reus pun mengakui bahwa Munchen layak menang

6 of 6

Rekor Pertemuan Derby Der Klassiker

Bayern Munchen
Bayern Munchen (AFP/Guenter Schiffmann)

Derby Der Klassiker sudah pernah dihelat sebanyak 122 pertandingan. Rivalitas Bayen Munchen dan Dortmund memang sudah panas dari dulu hingga sekarang. Dengan hasil kemenangan Bayern Munchen, kini rekor pertemuan keduanya ialah 59 kali kemenangan untuk Munchen, 33 kali menang Dortmund dan seri sebanyak 30 kali.

Bahkan setelah laga ini, persaingan keduanya masih berlanjut di Bundesliga. Seperti diketahui, Dortmund hanya tertinggal 1 poin saja dari Munchen yang berada di peringkat pertama. Dengan hanya menyisakan sisa 6 laga lagi, konsistensi keduanya diperlukan. Siapa yang terpeleset, siap-siap saja kehilangan gelar Bundesliga.

Lanjutkan Membaca ↓