Sukses

Perjalanan Karier Shah Rukh Khan Hingga 4 Kali Dapat Gelar Doktor Kehormatan

Kesuksesan Shah Rukh Khan patut jadi motivasi.

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia datang dari aktor legendaris India, Shah Rukh Khan yang baru saja menerima gelar doktor kehormatan untuk keempat kalinya. Gelar Doktor Honoris Causa ia dapatkan dari University of Law, London, Inggris, Jumat (5/4/2019). 

Kini gelar Dr Hc disematkan di nama Shah Rukh Khan karena kedermawanannya pada sesama yang membutuhkan. Gelar tersebut merupakan gelar kehormatan untuk bidang Filantropi. Kabar bahagia itu ia bagikan melalui akun Instagram pribadinya, @iamsrk, dengan caption,

“Thank u for the honour #universityoflaw & my best wishes to the graduating students. It will encourage our team at @meerfoundationofficial to strive ‘selfishly’ to share more.” Tulisnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Terima Gelar Doktor Kehormatan yang Keempat Kalinya

Yang menjadi sorotan, gelar ini bukanlah kali pertama dirinya menerima gelar doktor. Gelar pertamanya ia boyong pada tahun 2015, yang kemudian disusul tahun 2015 dan 2016. Maka tak heran aktor tampan yang awet muda ini banjir pujian atas sejumlah prestasi yang didapatkan.

Lantas, sebenarnya apa sih yang jadi rahasia aktor kelahiran 1965 silam ini dalam meraih kesuksesannya? Mengingat di usianya yang ke 54 tahun, karier Shah Rukh Khan tak pernah redup dalam menghiasi layar televisi.

Untuk itu, yuk simak perjalanan karier Shah Rukh Khan yang bisa kamu jadikan motivasi untuk terus berkarya hingga di usia tua, seperti yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (6/4/2019).

3 dari 6 halaman

Masa Kecil Shah Rukh Khan

Putra pertama pasangan Mir Taj Mohammed dan Lateef Fatima ini pernah menceritakan momen kelahirannya. Shah Rukh Khan bercerita bahwa dirinya lahir dengan tali pusat berkalung di lehernya.

Menurut suster yang merawat sang ibunda, tali pusat yang mengelilingi lehernya adalah simbol berkah yang dikirimkan Hanuman, yaitu salah satu Dewa dalam kepercayaan agama Hindu. Artinya, Shah Rukh Khan akan tumbuh menjadi anak yang dipenuhi keberuntungan.

Shah Rukh Khan mengenyam pendidikan di sekolah Tiny Tots yang terletak di sebelah rumahnya. Setelah itu ia melanjutkan pendidikannya di St Columbia High School, yang terletak tak jauh dari pasar Gole, New Delhi.

Namun, semenjak kepergian ayahnya, Shah Rukh Khan terpaksa hidup menderita. Di mana ia sebut sebagai titik terendahnya. Ia dan ibunya diusir dari kontrakan dan harus tinggal di rumah yang sangat kecil.

4 dari 6 halaman

Awal Mula Karier Akting

Shah Rukh Khan pernah bermimpi menjadi atlet. Sayangnya, cedera tulang belakangnya yang tidak mampu diobati itu menghempaskan mimpinya. Ia pun menghibur diri dengan ikut teater di sekolah yang ternyata jadi bekal kesuksesannya kini.

Berkat kerja kerasnya, Shah Rukh Khan akhirnya dapat pekerjaan di dunia film dan ia memulai karirnya di industri hiburan. Akan tetapi, badai kembali menerpa kehidupannya. Ibunya meninggal dunia pada tahun 1991 karena komplikasi diabetes, saat ia masih baru meniti karirnya.

5 dari 6 halaman

Jadi Seleb Terkaya India sekaligus King of Bollywood

Keringat demi keringat Shah Rukh Khan cucurkan demi memperbaiki hidupnya. Ombak kehidupan yang menghantam hidupnya tak lantas membuatnya menyerah. Ia membuat debut Bollywoodnya pada 1992 melalui film Deewana.

Pada awal kariernya, Shah Rukh Khan dikenal dengan peran-peran antagonisnya. Lalu, Ia berhasil naik daun setelah membintangi film romansa seperti Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995), Dil To Pagal Hai (1997), Kuch Kuch Hota Hai (1998), Mohabbatein (2000) dan Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001) dan banyak lainnya.

Perannya dalam film-film tersebut menjadi tonggak karier kesuksesannya. Bahkan, dirinya disebut-sebut sebagai "King of Bollywood" atau "King Khan". Hingga pada tahun 2015, Shah Rukh Khan dinobatkan menjadi seleb terkaya di India.

Shahrukh Khan menjadi legenda film Bollywood. Berbagai penghargaan sudah diraihnya termasuk dari Filmfare Award, Star Screen Award, International Indian Film Academy Award, Bollywood Movie Award, Global Indian Film Award, dan Apsara Film & Television Producers Guild Award dan masih banyak lagi.

6 dari 6 halaman

Kehidupan Pribadi Shah Rukh Khan

Shah Rukh Khan mengikat tali asmaranya dengan Gauri Khan pada 25 Oktober 1991 silam. Di usia pernikahannya yang kini hendak menginjak 28 tahun, keduanya telah dikaruniai tiga orang anak bernama Aryan Khan, Suhana Khan dan Abram Khan.

Perjalanan cinta Shahrukh dan Gauri sungguh tidak mudah dan penuh liku. Awalnya mereka tidak mendapatkan restu dari orangtua Gauri yang beragama Hindu dan berkasta Brahmana. Mereka tidak memberikan izin pada putrinya untuk menikah dengan seorang Muslim.

Tidak hanya ayah dan ibu Gauri yang menolak pernikahan ini, tapi juga kakaknya. Bahkan kakak Gauri sempat mengintimidasi Shahrukh Khan, menyuruhnya untuk menjauhi Gauri dan mengancam dengan membawa pisau.

Setelah beberapa waktu, akhirnya orangtua Gauri memberikan restu pada pasangan ini. Namun mereka memberikan syarat, pernikahan itu berlangsung dalam adat Hindu dan Shahrukh menyanggupi permintaan orangtua Gauri itu. Keduanya pun menikah dalam sebuah pesta yang besar dan mewah di kediaman keluarga besar Gauri, di kawasan New Delhi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.