Bisa Ditiru, Ini 8 Kebiasaan Hidup Hemat ala Keluarga Kerajaan Inggris

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 05 Apr 2019, 17:10 WIB
Diperbarui 05 Apr 2019, 17:10 WIB
20170617-Kate Middleton di Parade Kerajaan-AFP

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan keluarga Kerajaan Inggris, selalu menjadi sorotan bak kehidupan dongeng di kehidupan nyata. Gaya busana, kegiatan sehari-sehari, hingga sisi lain kehidupan Ratu Elizabeth II beserta keluarganya selalu disorot dan menjadi perhatian pubik.

Kebanyakan orang awam akan menganggap bahwa kehidupan keluarga Kerajaan Inggris selalu hidup mewah mengingat kekayaannya yang melimpah ruah. Ya, hal itu memang biasa dipahami oleh orang awam.

Padahal, orang yang benar-benar kaya justru lebih memilih untuk hidup apa adanya, tak terkecuali dengan keluarga Kerajaan Inggris. Meski bergelimang harta, mereka justru menerapkan kebiasaan berhemat dalam kehidupannya sehari-hari.

Berikut 8 kebiasaan hidup hemat ala keluarga Kerajaan Inggris seperti yang Liputan6.com lansir dari Reader’s Diges, Jumat (5/4/2019).

2 dari 5 halaman

Kebiasaan Hidup Hemat ala Keluarga Kerajaan Inggris

1. Mendaur Ulang Bungkus Kado

Kate Williams merupakan seorang penulis biografi. Ia mengungkapkan bahwa Ratu Elizabeth II tidak akan membiarkan kertas kado bekas menjadi sia-sia. Sejak Ratu masih muda, ia mendaur ulang bungkus kado dan pita yang pernah diberikan padanya agar dapat digunakan kembali.

2. Sarapan Secara Sederhana

Mungkin banyak orang yang membayangkan menu sarapan kerajaan selalu mewah dan mahal. Nyatanya, tidak seperti itu.

Ratu Elizabeth II memiliki kebiasaan yang hemat. Ia biasanya menuang semangkuk sereal, lalu disimpan dalam wadah plastik untuk dimakan bersama buah-buahan.

3 dari 5 halaman

Kebiasaan Hidup Hemat ala Keluarga Kerajaan Inggris

3. Memanfaatkan Pakaian Lama

Kebanyakan orang malu memakai baju yang sudah lama. Tapi tidak dengan keluarga kerajaan, meskipun segala sesuatu yang mereka pakai selalu menjadi perhatian banyak orang.

Kate Middleton dan Ratu Elizabeth II diketahui kerap memakai pakaian lama untuk pergi ke suatu acara. Puteri Charlotte juga sempat mengenakan sepatu bekas pamannya, Pangeran Harry, yang dipakai sekitar 30 tahun lalu. Pangeran George juga memakai gaun baptis sang ayah yang dulu dipakai pada tahun 1984.

4. Lebih Baik Memperbaiki daripada Mengganti

Dengan uang sebanyak yang dimiliki Ratu Elizabeth II, mungkin bisa membeli berbagai barang sesuai keinginan. Tetapi Ratu menentang hal itu.

Daripada membeli baru, ia lebih memilih memperbaiki sarung tangannya yang sudah usang. Bahkan Ratu masih memiliki sepasang sarung tangan dari 40 tahun lalu.

4 dari 5 halaman

Kebiasaan Hidup Hemat ala Keluarga Kerajaan Inggris

5. Memasak untuk Diri Sendiri

Sudah terbiasa mandiri, Kate Middleton dikabarkan memasak sendiri untuk keluarganya. Termasuk membuat makanan kesukaan Pangeran William yaitu ayam panggang. Di sisi lain, Pangeran William juga kerap terlihat sedang berbelanja bahan makanan sendiri.

6. Terbang dengan Kelas Ekonomi

Ratu Elizabeth II tidak akan pernah menggunakan penerbangan komersial. Namun, Pangeran Harry dan Meghan Markle diketahui melakukan penerbangan dengan British Airways kelas ekonomi untuk pergi ke Nice menghabiskan pergantian tahun 2018.

5 dari 5 halaman

Kebiasaan Hidup Hemat ala Keluarga Kerajaan Inggris

7. Memanfaatkan Makanan Sisa

Chef Caroly Robb yang bekerja untuk Pangeran Charles dan Putri Diana sejak 1989 hingga 2000, mengatakan bahwa keluarga Kerajaan Inggris tidak suka membuang makanan sisa. Pangeran Charles akan meminta makanan sesuai porsi makannya dan sisa makanan akan dimasukkan ke dalam makanan berikutnya. Misalnya daging domba panggang dapat dicampur ke dalam isian pie.

8. Belanja Pakaian Murah

Sebagai anggota kerajaan, Kate Middleton dan Meghan Markle mungkin sudah tidak asing dengan desainer high-end. Tapi ternyata mereka juga tahu bagaimana bisa tampil chic dengan anggaran yang terbatas.

Para pengamat kerajaan melihat Kate beberapa kali mengenakan pakaian merek high street seperti GAP dan Zara, sementara Meghan dikabarkan penggemar merek H&M, Everlane dan J.Crew. Tidak heran pakaian tersebut ludes terjual setelah mereka pakai.

Lanjutkan Membaca ↓