Sukses

Pria Ini Buat 5 Foto Surealis Di Hong Kong, Hasilnya Bikin Geleng-geleng

Dengan foto Surealis, Hong Kong terlihat makin berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Surealis merupakan salah satu jenis aliran karya seni. Ciri aliran surealis ialah mempunyai unsur kejutan, yakni meletakkan suatu barang tak terduga berdekatan satu sama lain tanpa alasan yang jelas. Meski sedikit absurd, tapi nyatanya surealis digemari bagi orang yang ingin menyampaikan suatu pesan secara tersirat.

Bentuk karya aliran surealis yang populer ialah lukisan. Banyak lukisan bagus dibentuk dengan aliran surealis. Namun bagaimana kalau aliran surealis dipraktikkan pada sebuah foto? Tentu banyak yang tak menduga, kalau foto bisa dibuat aliran surealis. Hal ini coba dilakukan oleh fotografer bernama Tommy Fung.

Tommy Fung membuat sesuatu yang berbeda dengan foto-foto jepretannya. Tommy Fung membuat sentuhan magis melalui aliran surealis. Aliran surealis dibuat sedemikian unik dengan ditambahi 'bumbu-bumbu' dramatis sehingga membuat foto terlihat lebih hidup. 

Foto surealis karya Fung ini pun kemudian direalisasikan di Hong Kong. Berikut 5 foto Surealis yang Liputan6.com lansir dari BoredPanda, Jumat (5/04/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Wanita Melukis

Foto surealis pertama karya Fung ini cukup membuat pusing siapa aja yang melihat. Foto di atas memperlihatkan wanita yang ada dilukisan sedang melukis perkotaan.

Meskipun cukup membingungkan, namun foto ini wajib diapresiasi karena mampu tampilkan foto sesuatu yang unik tak terduga khas aliran surealis. Dengan karya seni surealis di atas, Hong Kong terlihat lebih hidup. 

3 dari 6 halaman

2. Muncul Naga di Kerumunan Orang

Naga adalah hewan mitologi yang sangat dihormati oleh orang Timur. Sehingga Fung berpikiran ingin memadukan naga dengan kerumunan orang di pusat keramaian Hong Kong. Hasilnya sungguh luar biasa, naga terlihat real berada di langit dan dilihat oleh banyak orang. 

Hal istimewa foto surealis karya Fung ini ialah efek yang ditimbulkan oleh kehadiran naga terlihat nyata. Dengan pemilihan warna langit ialah perpaduan antara warna oranye muda dan biru muda.

4 dari 6 halaman

3. Langit Tergantikan Perkotaan

Ciri khas surealis kembali ditonjolkan oleh Fung. Kini Fung mampu membuat langit tergantikan oleh kondisi perkotaan yang terputar 180 derajat. Dengan efek orang yang memegang koran, menandakan karya surealis Fung seperti keadaan nyata.

Dengan foto di atas, seperti menunjukan satu fakta bahwa peta tidak bisa membantu di Hong Kong, karena langit-langit berubah menjadi perkotaan. Interpretasi apik Fung dalam mengedit foto di atas memang sukses besar bikin geleng-geleng siapa saja yang melihat.

5 dari 6 halaman

4. Kucing Bertentakel

Tommy Fung tidak mau ketinggalan tren. Hal ini diwujudkan dengan membuat foto surealis karakter Goose pada film Captain Marvel yang berubah menjadi Flerken.

Flerken diceritakan di Captain Marvel ialah makhluk asing luar angkasa. Kemudian dengan cerdiknya Fung menyulap kucing biasa yang duduk di etalase toko menjadi monster bertentakel mirip Flerken.

Kemampuan mengubah foto menjadi surealis ini memang sangat dikuasai Fung. Perbedaan antara editan dan nyata sangatlah tipis. Bahkan dengan keahlian Fung membuat foto surealis ini, membuat banyak orang yang mengira bahwa ada monster kucing berbentuk Flerken. 

6 dari 6 halaman

5. Bangunan Hampir Roboh

Foto surealis terakhir karya Fung ialah tentang perkotaan di Hong Kong. Seperti diketahui, Hong Kong ialah wilayah yang memiliki banyak bangunan tinggi pencakar langit. Lalu apa jadinya kalau perkotaan penuh dengan bangunan tinggi mendadak disulap seperti bangunan yang hampir roboh? Hal tersebut sukses dilakukan oleh Fung.

Fung membuat bangunan di perkotaan Hong Kong seperti mau roboh. Dengan masih ada aktivitas lalu lalang kendaraan di jalan raya, membuat foto ini terkesan adanya kepanikan gara-gara bangunan akan roboh. 

Itulah 5 foto surealis karya Tommy Fung yang patut diacungi jempol. Hong Kong terlihat lebih hidup, meski tergambarkan oleh aliran surealis yang unik. Dengan suksesnya foto surealis di Hong Kong, membuat Fung diyakini akan segera membuat foto surealis lain di negara berbeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini